Semua cerita tentunya akan menemukan akhirnya,dan seri One Piece pun tidak terkecuali. Setelah 1000 lebih episode anime, 101 volume manga, dan lima tahun estimasi dari sang mangaka, Eiichiro Oda, seri One Peice akhirnya akan segera berakhir. Sudah dua dekade lebih seri ini berjalan, sejak seri manganya pertama kali rilis pada 1998 lalu.

Berakhirnya seri One Piece tentunya akan menjadi sebuah momen yang sangat besar, khususnya di industri manga dan anime. Apalagi, One Piece adalah salah satu seri yang paling populer di dunia. Dengan akan berakhirnya cerita di serinya, para fans pun mulai menerka-nerka akan seperti apa akhir dari serinya. Ada yang menebak bahwa akhirnya akan bahagia, namun ada juga yang menebak bahwa akhirnya akan buruk.

Salah satu spekulasi atau teori yang cukup populer adalah menerka siapa yang akan menggunakan topi jerami Luffy selanjutnya. Seperti yang kita ketahui, topi jerami yang Luffy gunakan sejak awal serinya sampai sekarang bukanlah sebuah topi biasa. Topi tersebut sudah menjadi ikon dan bahkan menjadi benda yang sakral.

Dalam ceritanya, topi jerami tersebut pertama kali dikenakan oleh Gol D. Roger. Kemudian, Roger mewariskan topi jerami tersebut kepada Shanks yang saat itu menjadi salah satu krunya. Dan terakhir, topi tersebut kemudian Shanks wariskan kepada Luffy. Luffy sendiri sudah berjanji kepada Shanks bahwa topi tersebut akan dia kembalikan saat mereka berdua sudah menjadi kuat.

BACA JUGA: Siapkan Saga Terakhir, One Piece Libur Satu Bulan!

Meskipun begitu, terdapat sebuah spekulasi menarik bahwa Luffy mungkin tidak akan mengembalikan topi jerami itu. Seperti halnya Shanks dan Roger, Luffy pun akan mewariskan topi jeraminya kepada seseorang lain yang dia anggap pantas. Ada beberapa alasan mengapa spekulasi ini cukup masuk akal.

Tema Mewarisi Tekad

Salah satu tema yang selalu muncul dan Oda Sensei pegang dalam cerita One Piece adalah “mewarisi tekad” dari satu generasi ke generasi lainnya. Simbol yang paling nyata dari konsep tersebut adalah topi jerami yang Luffy gunakan. Hal ini pun seolah sudah menjadi pola yang Oda Sensei bangun sejak lama, yang bermula dari sosok Roger dan berakhir di tangan Luffy.

Oda Sensei berusaha untuk memperlihatkan bagaimana para generasi tua bajak laut mencoba untuk memberikan jalan kepada mereka yang lebih muda. Terbukti dari bagaimana para Worst Generation berusaha meraih kepopuleran mereka sendiri, salah satu caranya adalah mengalahkan Yonko dan mungkin menggeser posisi mereka, seperti yang terjadi saat ini di Onigashima.

Contoh lainnya adalah Garp dan Sengoku yang mundur dari jabatannya demi memberikan kesempatan kepada para angkatan laut yang masih muda. Di sisi lain, seperti yang disebutkan di atas, mewarisi tekad ini seolah sudah menjadi sebuah pola. Setelah Gol D. Roger membentuk krunya sendiri, Shanks pun melakukan hal yang sama.

Shanks kemudian melihat potensi besar dalam diri Luffy yang mana kemudian dia pun mewariskan topinya kepada Luffy. Dan sama seperti kedua karakter di atas, Luffy pun kemudian membentuk kelompok bajak lautnya sendiri. Inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan mengapa Luffy pun kemungkinan akan mewariskan topi jerami tersebut kepada sosok lainnya.

Siapa Sosok Selanjutnya di One Piece?

Inilah yang kemudian menjadi pertanyaan dan misteri besarnya. Siapa yang kemudian dirasa cocok atau pantas untuk kemudian menjadi pewaris selanjutnya topi jerami tersebut? Untuk saat ini, memang masih belum ada sama sekali petunjuk tentang siapa sosok yang pantas untuk menjadi pewaris selanjutnya topi jerami tersebut.

Namun, salah satu kandidat kuat yang mungkin akan mampu mewarisi topi jerami tersebut adalah sosok anak dari Shanks yang saat ini ada bersama Makino. Seperti yang banyak fans spekulasikan, bayi yang Makino miliki saat ini merupakan hasil hubungannya dengan Shanks. Dan terdapat petunjuk mengenai hal ini, di mana salah satunya adalah jawaban dari Oda Sensei dalam salah satu kolom SBS yang mengarah kepada sosok Shanks.

Setelah Luffy menyelesaikan petualangannya menuju Laugh Tale, kru dari Topi Jerami kemungkinan akan bubar, dan mereka akan kembali ke desa atau rumah mereka. Luffy sendiri kemungkinan akan kembali ke desa Foosha. Dan pada saat itulah Luffy kemudian melihat potensi dalam diri bayi tersebut yang mengingatkannya akan sosok Shanks.

Luffy sendiri mungkin akan menunggu sampai beberapa tahun, sampai kemudian sosok anak dari Shanks tersebut dianggap pantas dan siap untuk mewarisi topinya. Selain memberikannya kepada anak Shanks, kemungkinan lainnya topi jerami tersebut akan Luffy wariskan kepada sosok lainnya. Bisa jadi sosok lainnya itu adalah karakter baru yang sengaja Oda ciptakan untuk cerita akhir ini.

Dan spekulasi terakhirnya adalah Luffy mungkin akan “mengistirahatkan” topi jerami tersebut di tempat yang aman. Bisa jadi Luffy akan menyimpannya di Laugh Tale sebagai salah satu bentuk harta karun dan warisan dari generasi baru. Atau Luffy menyimpannya di suatu tempat. Jadi, kesimpulannya, Luffy mungkin tidak akan mengembalikan topi jerami yang dia miliki kepada Shanks. Namun, dia justru akan mewariskannya kepada orang lain yang dia rasa pantas untuk memiliki topinya. Kita nantikan saja ya Geeks siapa kira-kira yang akan menjadi pewaris selanjutnya dari topi tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.