Susanoo merupakan salah satu kekuatan terkuat bagi para klan Uchiha yang sudah berhasil membangkitkan Mangekyou Sharingan di kedua matanya. Dikenal sebagai pertahanan terkuat dalam cerita Naruto, Susanoo berbentuk humanoid raksasa yang berasal dari chakra penggunanya dan mampu bergerak sesuai perintah atau keinginan dari sang pengguna. Susanoo sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Itachi Uchiha.

Saat itu, Itachi Uchiha sedang bertarung melawan sang adik, Sasuke Uchiha, di mana Itachi menggunakan salah satu jurus andalannya yaitu Susanoo. Seiring berjalannya cerita, ternyata faktanya bukan hanya Itachi Uchiha yang mampu menggunakan kekuatan dari Susanoo. Lalu, siapa saja pengguna kekuatan Susanoo terkuat? Berikut adalah daftarnya.

Shisui Uchiha

Shisui merupakan salah satu penerus klan Uchiha yang sangat populer, dan dia juga merupakan salah seorang Jonin Konoha dengan talenta dan skill yang luar biasa. Pada suatu saat ketika perang besar shinobi ketiga, Shisui menyaksikan seseorang yang dekat dengannya tewas, yang mana hal tersebut menjadi faktor bangkitnya Mangekyou Sharingan dalam dirinya.

Karena Shusui memiliki Mangekyou Sharingan di kedua matanya, dia pun akhirnya mampu membangkitkan kemampuan Susanoo. Dalam game Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution, diungkapkan origin story dari Shusui di mana dia mampu menggunakan Susanoo. Meskipun Susanoo versinya tidak sempurna, Shisui dan Susanoo miliknya tetap mampu menghadapi pasukan Shinobi musuh.

Itachi Uchiha

Dikenal sebagai pembunuh klannya, Itachi Uchiha merupakan anak tertua dari Fugaku Uchiha, yang menghancurkan seluruh klan Uchiha dengan membantai seluruh anggotanya hanya dalam satu malam. Itachi juga merupakan karakter yang dikenal akan kemampuan Mangekyou Sharingan miliknya, yang dibangkitkan setelah dia melihat Shisui Uchiha bunuh diri dihadapannya.

Dengan Itachi yang mampu menggunakan Mangekyou Sharingan, artinya dia memiliki kemampuan mengakses Susanoo. Selain itu, Mangekyou Sharingan miliknya membuat Itachi mampu menggunakan teknik Genjutsu Tsukuyomi dan Amaterasu. Susanoo Itachi ini diperlihatkan saat dia bertarung melawan Sasuke. Susanoo milik Itachi pun sebenarnya bukan bentuk yang sempurna atau penuh, tetapi Susanoo ini memiliki dua senjata yang membuatnya sulit dikalahkan.

Mada Uchiha

Mada Uchiha merupakan salah satu anggota klan Uchiha terkuat sepanjang sejarah, dan Madara merupakan orang pertama yang diperlihatkan memiliki akses kepada bentuk penuh dari Susanoo. Ketika masih anak-anak, Madara sudah berhasil membangkitkan Sharingan miliknya. Dia juga kemudian membunuh teman terbaiknya untuk mendapatkan Mangekyou Sharingan.

Setelah kematian adiknya, dia kemudian mengambil matanya dan menggunakannya untuk mengakses Eternal Mangekyou Sharingan. Dengan kekuatan tersebut, Madara mampu bertarung melawan Hashirama Senju selama tiga hari tanpa berhenti. Bentuk penuh dari Susanoo yang diperlihatkan Madara pun benar-benar sangat dahsyat, bahkan ukurannya lebih besar dari gunung.

Indra Otsutsuki

Anak tertua dari Hagoromo Otsutsuki, Indra dianggap sebagai sosok yang jenius sejak dia masih kecil. Kemampuan bertarunganya benar-benar sangat kuat, bahkan tidak ada yang bisa bertahan melawannya dalam sebuah pertarungan. Karena mewarisi chakra kuat dari sang ayah, Indra memiliki Kekkei Genkai Sharingan yang mana, seiring berjalannya waktu, terus berkembang menjadi Mangekyou Sharingan.

Indra juga merupakan salah satu karakter yang mampu mengakses kekuatan dari Susanoo. Dan seperti yang sudah diduga, Indra mampu mengakses Susanoo dalam bentuk yang sempurna meskipun Indra tidak memiliki Eternal Mangekyou Sharingan. Dalam hal kekuatan, Susanoo dari Indra ini masih jauh lebih kuat daripada Ashura Otsutsuki, apalagi saat keduanya bertarung. Bahkan, Susanoo milik Indra ini mampu unggul dalam beberapa hal lain.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.