Kakashi Hatake

Meskipun Kakashi bukan keturunan dari klan Uchiha, dia sudah memiliki mata Sharingan bahkan jauh sebelum serinya dimulai. Bertahun-tahun yang lalu, ketika perang besar ninja ketiga terjadi, Obito memberikan salah satu matanya kepada Kakashi. Semenjak saat itu, kakashi mendapatkan julukan sebagai ninja peniru, karena kemampuan Sharingan yang dahsyat.

Dalam cerita awal di seri Naruto Shippuden, Kakashi diperlihatkan mampu mengakses Mangekyou Sharingan, dan seiring berjalannya waktu Kakashi akhirnya mampu mengendalikan kemampuan tersebut. Setelah perang besar ninja keempat, Kakashi diberikan satu lagi mata Sharingan oleh Obito, beserta chakra Six Paths yang tersisa. Dengan kombinasi tersebut, kakashi pun mampu membangkitkan Susanoo dalam bentuk penuh untuk menghadapi Kaguya.

Uchiha Sasuke

Anggota klan Uchiha terkuat, Sasuke bangkit dari hanya seorang Uchiha biasa menjadi orang yang memiliki separuh kekuatan dari Hagoromo Otsutsuki. Saat perang besar ninja keempat, Sasuke berhasil mendapatkan akses untuk menggunakan Eternal Mangekyou Sharingan setelah menggunakan mata milik Itachi.

Dengan kekuatan Eternal Mangekyou Sharingan, Sasuke kemudian berhasil membangkitkan Susano dalam bentuk penuh, juga chakra Six Paths, seperti halnya Indra. Untuk lebih memperkuat lagi, Sasuke kemudian menguras habis chakra bijuu dan menggunakannya kepada Susanoo miliknya. Hal itu membuat Sasuke berhasil membangkitkan “Indra Susanoo. Bahkan, Susanoo yang dibangkitkan Sasuke mampu menyaingi Kyuubi Naruto.

Hagoromo Otsutsuki

Hagoromo Otsutsuki merupakan salah satu karakter yang paling kuat di franchise Naruto. Hagoromo juga menggunakan kekuatan dari Susanoo, meskipun hanya ditampilkan dalam versi anime. Karena evolusi Sharingan miliknya menjadi Mangekyou Sharingan, akhirnya Hagoromo pun mendapatkan akses kepada kekuatan Susanoo.

Berkat chakra Six Path yang dia miliki, Hagoromo mampu membangkitkan Susanoo dalam bentuk penuh, bahkan ukurannya sama dengan bijuu ekor sepuluh. Kekuatan Susanoo Hagoromo tersebut juga bahkan mampu melampaui kekuatan dari Kaguya Otsutsuki, yang berubah menjadi bijuu ekor sepuluh. Hagoromo kemudian berhasil membangkitkan setelahnya dan mendapatkan akses kekuatan yang jauh lebih besar lagi.

Kekuatan Susanoo menjadi salah satu keunikan dari klan Uchiha yang dihadirkan dalam franchise Naruto. Mengingat bagaimana kekuatan yang dihasilkan oleh transformasi ini, wajar jika butuh persyaratan yang ketat untuk bisa membangkitkan kekuatannya. Apakah Sarada akan mampu membangkitkan Susanoo miliknya pada masa yang akan datang? Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.