Dragon Ball merupakan salah satu seri shonen yang paling populer di dunia yang memiliki fans hampir di seluruh dunia. Dan saat ini, Dragon Ball pun sudah menjadi franchise yang paling besar di dunia selain One Piece dan Naruto. Dengan cerita yang sudah berjalan selama puluhan tahun, rasanya wajar jika ada banyak karakter yang muncul dalam ceritanya.

Yang menarik adalah berbagai karakter tersebut berasal dari berbagai ras yang ada di alam raya tersebut. Masing-masing dari mereka juga memiliki kemampuan dan kekuatan yang dahsyat. Namun, tentunya tidak semua dari ras tersebut menjadi yang terbaik. Berikut adalah daftar ras yang paling kuat di franchise Dragon Ball.

Bangsa Namek

Meskipun ras Namek dikenal sebagai pembuat bola naga, tidak jarang juga mereka diperlihatkan terlibat dalam pertarungan. Mereka berhasil menghentikan berbagai invasi yang muncul di planet mereka. Ada beberapa petarung hebat yang berasal dari ras Namek, seperti Piccolo, Saonel, dan Pirina. Kekuatan mereka berasal dari gabungan kekuatan ras Namek lainnya.

Dengan kemampuan untuk mampu memunculkan kembali anggota tubuh yang hilang atau hancur, mampu memperbesar ukuran tubuhnya, dan melebarkan lengan mereka sampai ke level ekstrem, ras Namek yang berada di puncak kekuatannya akan menjadi sosok yang mengerikan. Namun, memang harus diakui bahwa mereka tidak terlalu bisa diandalkan dalam pertarungan.

Ras Android

Android dianggap sebagai salah satu ras di franchise ini. Ada beberapa cara untuk bisa membuat Android. Pertama, mereka bisa dibuat dengan sepenuhnya dari mesin, seperti Android 16 dan 19. Kedua, Android bisa juga dibuat di mana sebelumnya tubuhnya adalah manusia. Contohnya adalah Android 17 dan 18. Terakhir, ada juga yang merupakan gabungan antara manusia dan mesin. Contoh nyata dari hal ini adalah Cell.

Meskipun kekuatan dari para Android ini berbeda-beda, sebagian besar dari mereka memiliki level kekuatan yang setara dengan Super Saiyan dan Super Saiyan 2. Awalnya, Android 17 tidak terlalu kuat untuk mengalahkan Piccolo setelah dia bergabung dengan Kami, namun dalam cerita di seri Dragon Ball Super, dia diperlihatkan mampu menyamai kekuatan Super Saiyan Blue. Cell sendiri sudah sejak lama dianggap sebagai puncak kekuatan dari ras Android

Para Kai

Lahir dari pohon yang spesial di World Core, para Kai atau yang biasa dikenal juga sebagai Core People, pertama kali diperkenalkan di seri Dragon Ball Z sebagai penguasa alam raya ini. Banyak utusan mereka yang ditugaskan untuk mengawasi seluruh galaksi di Dragon Ball. Para Kai sendiri erat kaitannya dengan kemampuan sihir, di mana saat Supreme Kai pertama kali diperkenalkan, kekuatannya berhasil melumpuhkan Piccolo.

Tidak lupa juga Goku mempelajari banyak teknik hebat, seperti Kaio-ken dan Spirit Bomb, dari sosok King Kai. Shin, Supreme Kai dari Universe 7, bahkan mampu menghancurkan Frieza serta Zamasu dengan hanya satu serangan. Meskipun kekuatan Kai melebihi yang lainnya, namun semua itu bertujuan untuk melindungi alam raya ini.

Majin

Setelah diperkenalkan dengan konsep cinta, Majin Buu kemudian menciptakan istrinya sendiri, Miss Buu. Seiring berjalannya waktu, momen tersebut menjadi awal terbentuknya ras Majin, ras yang bisa dimainkan oleh para fans di franchise Xenoverse dan Dragon Ball Online. Karena Majin Buu menjadi nenek moyang mereka, tidak heran para keturunan Majin memiliki kekuatan sihir juga.

Para Majin ini pun mampu mengubah musuhnya menjadi permen. Kekuatan regenerasi mereka membuat para Majin sulit untuk ditaklukan. Tidak lupa juga teknik Purification membuat ras Majin mampu mengeluarkan kekuatan besar mereka. Selain Majin Buu, kita juga bisa melihat sosok Kid Buu untuk mengukur seberapa dahsyat kemampuan mereka dan gaya bertarungnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2