Neo Machine Mutant Tuffle

Ras Tuffle merupakan salah satu ras lemah yang hancur dalam peperangan menghadapi ras Saiyan. Tetapi, mereka kembali hidup dengan perubahan di ras mereka yang kemudian disebut sebagai Neo Mutant Machine Tuffles. Contoh dari ras ini adalah Baby dari seri Dragon Ball GT atau Oren dan Kamin dalam seri Seuper Dragon Ball Heroes. Kemampuan terkuat ras ini adalah mereka mampu memengaruhi dan mengendalikan orang lain. Mereka mampu mengambil alih tubuh Vegeta. Baby bahkan mampu menahan serangan Super Saiyan 4 Goku.

Ras Saiyan

Ras Saiyan sudah sejak lama diperkenalkan di franchise Dragon Ball ini. Setelah Goku bangkit dengan kemampuan transformasi Super Saiyan, ras Saiyan mulai berevolusi sampai pada tingkat yang luar biasa. Mereka mampu memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, dan bahkan mengimbangi para dewa, dalam waktu yang singkat. Level maksimal kekuatan mereka pun sangatlah luar biasa.

Untuk saat ini Goku, Vegeta, Broly, Kale, dan Gohan merupakan karakter yang dianggap sebagai Saiyan terkuat yang pernah ada. Meskipun begitu, seluruh ras Saiyan pun dikenal sangat kuat. Mereka dikenal sebagai ras yang gemar bertarung, sehingga wajar jika kekuatan menjadi “tolok ukur” seberapa hebat mereka. Mereka pun sering kali mempelajari kekuatan atau teknik baru.

Ras Frieza

Pada awalnya Frieza tidak mampu untuk bisa menyaingi kemampuan Super Saiyan, namun setelah berlatih selama beberapa bulan, Golden Form miliknya membuat Frieza mampu untuk bisa menandingi sosok dahsyat seperti halnya Jiren, sampai juga mendapatkan kemampuan untuk bisa memanipulasi Energy of Destruction, yang bahkan Goku sendiri tidak bisa melakukannya. Frieza mungkin paling kuat di rasnya, namun ada sosok lainnya yang tidak kalah kuat.

Cooler, adik dari Frieza, juga diketahui berhasil mendapatkan Golder Form dalam seri Super Dragon Ball Heroes. Sedangkan Frost mampu untuk bisa menandingi kemampuan Super Saiyan Vegeta meskipun hanya sementara. Jika ras Frieza juga diberikan kesempatan berlatih seperti halnya para Saiyan, mereka mungkin akan menjadi ras yang paling kuat dan mengerikan.

Ras Beerus

Tidak banyak yang diketahui tentang ras Beerus atau ras para dewa penghancur ini. Bahkan, Akira Toriyama pun belum memberikan nama resmi untuk rasnya. Dengan Champa dan Beerus menjadi dewa penghancur, memberikan gambaran seberapa hebat dan kuat kemampuan mereka. Meskipun memiliki kemiripan, Dsypo dari Universe 11 masih belum dikonfirmasi apakah dia memang juga menjadi bagian dari ras yang sama dengan Champa dan Beerus.

Angels

Masih belum diketahui dan belum ada konfirmasi apakah Whis menjadi Angel yang paling kuat di rasnya. Namun, dia sudah terbukti berada di atas level kekuatan para ras lainnya di daftar ini. Para Angels bukan hanya memiliki kemampuan Ultra Instinct. Mereka juga mampu mengembalikan waktu, membangkitkan yang sudah tewas, dan menghancurkan dewa penghancur hanya dengan satu serangan.

Sayangnya, kita masih belum tahu seberapa dahsyat dan mengerikan kekuatan penuh mereka. Sangat jarang Angel terlibat dalam pertarungan. Dan rasanya hampir tidak ada yang mampu untuk bisa menandingi mereka dalam hal kekuatan. Yang juga menarik adalah banyaknya teori yang mengatakan bahwa para Angels mungkin bisa menjadi villain terakhir di serinya.

Dengan berjalannya cerita Dragon Ball, musuh-musuh yang dihadapi oleh Goku bukan hanya kuat, melainkan juga semakin beragam. Setelah mengalahkan Red Ribbon Army, Goku pun pernah menghadapi musuh dari ras lainnya yang membuat franchise Dragon Ball kaya akan ras. Bagaimana menurut kalian mengenai ras terkuat di franchise Dragon Ball ini Geeks?