Para Bawahan Enel

Salah satu pengaplikasian Observation Haki untuk pertama kali terjadi dalam arc Skypiea, dimana God Enel dan juga para bawahannya menggunakan kemampuan ini untuk membaca serangan dan juga pergerakan musuh. Di pulau langit sendiri kemampuan Observation Haki disebut sebagai mantra. Dan terbukti, Haki ini cukup membuat Topi Jerami sedikit kewalahan.

anime-planet.com

Namun, pengendalian mereka terhadap Hakinya cukup lemah, sehingga mereka bisa dialihkan perhatiannya dengan mudah. Observation Haki milik mereka juga berada di level rendah, sehingga mereka tidak bisa membaca niat atau emosi seseorang.

Helmeppo

CBR.com

Salah satu letnan angkatan laut dan rekan dari Koby. Helmeppo mempelajari teknik Haki berkat bantuan Bogard dan juga Garp saat time-skip terjadi. Masih belum diketahui apakah Helmeppo juga bisa menggunakan Armament Haki, namun dia sempat mengatakan bahwa dia mampu menggunakan Observation Haki saat arc Reverie. Helmeppo sendiri mengakui bahwa Haki miliknya lebih lemah dibandingkan Koby, karena tidak mampu mendeteksi torpedo atau kehadiran bajak laut.

Kotori dan Hotori

Cultture.com

Kotori dan Hotori merupakan antagonis minor yang muncul di arc Skypiea. Berbeda dengan Satori, Satori hanyalah letnan biasa di pasukan yama, yang artinya dia tidak memiliki kemampuan yang mencolok. Meskipun begitu dia juga memiliki kemampuan pengendalian Mantra. Sayangnya, kemampuan Mantra Hotori sendiri tidak terlalu kuat, yang mana Gan Fal dan Nami bisa mengalahkannya dengan mudah.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.