Haki adalah sebuah kekuatan yang terdapat pada diri seseorang dalam cerita One Piece. Meskipun begitu, tidak semua orang bisa mengakses kekuatan Haki. Ada yang memang bakat dalam dirinya dan kemudian muncul sendiri, bisa juga dibangkitkan melalui latihan yang sangat keras dan lama. Haki juga merupakan salah satu kekuatan andalan para karakter selain buah iblis.

Haki sendiri sebenarnya sudah sejak awal diperkenalkan di serinya, dimana Shanks menunjukan Conqueror Haki kepada Sea Kings. Namun, informasi mengenai Haki baru-baru ini dijelaskan. Dan dalam beberapa waktu belakangan pun Haki seolah menjadi sorotan utama selain buah iblis. Meskipun rata-rata pemilik Haki memiliki kemampuan dahsyat, namun ada juga mereka yang dianggap sebagai pengguna Haki terlemah. Siapa saja?

Marguerite

News.onepiecetv.net

Marguerite adalah salah satu karakter yang diperkenalkan oleh Eiichiro Oda di arc Amazon Lilly. Sebagai bagian dari suku Kuja, Marguerite juga memiliki kemampuan Haki. Dia juga diyakini ahli dalam hal tersebut. Namun, sekitar dua tahun lalu Marguerite bukanlah bagian dari kelompok bajak laut Hancock, yang artinya level Haki Marguerite tidak sehebat yang diperkirakan. Baru setelah time-skip kita melihat dia bergabung dengan Hancock. Namun, masih belum diketahui seberapa jauh peningkatan kekuatannya.

Bellamy

Cultture.com

Bellamy dulunya merupakan salah satu bawahan dari Donquixote Doflamingo. Seperti yang diperlihatkan di arc Dressrosa, dia memiliki kemampuan dalam dua jenis Haki yaitu Observation dan juga Armament. Meskipun begitu, Bellamy nampaknya tidak terlalu kuat dalam penggunaan Haki miliknya, yang dibuktikan dengan dia kalah di Coloseum. Bahkan, dia juga menerima serangan dari Dellinger dengan mudah.

Tashigi

CBR.com

Tashigi merupakan salah satu kapten angkatan laut dan rekan dari Smoker, kapten dari unit G-5. Selama time-skip berlangsung, Tashigi juga meningkatkan kemampuan Armament dan juga Observation Haki miliknya. Meskipun begitu, kedua Haki miliknya ini bisa dibilang sangat lemah. Seperti diperlihatkan di arc Punk Hazard, Smoker mengatakan bahwa Haki Tashigi tidak cukup kuat untuk menahan serangan dari Law, yang mana hal itu terbukti benar.

Charlotte Raisin

Tumgir.com

Salah satu dari anggota kelompok bajak laut Big Mom. Raisin diperkenalkan dalam cerita sebagai bagian dari Enraged Army saat pertarungan melawan Luffy. Meskipun Observation Haki miliknya masih belum diketahui, kemampuan Armament Haki miliknya pernah diperlihatkan ketika dia melapisi pedang miliknya untuk membunuh Luffy. Namun, Raisin kemudian bisa dikalahkan hanya dengan satu serangan oleh SAnji dan bahkan tidak bisa bertahan dengan Haki miliknya dari serangan tersebut.

Boo

Aminoapps.com

Boo merupakan adik paling muda dari Sai, pemimping ke 13 dari Happu Navy kerajaan Kano.  Untuk masalah kekuatan fisik, Boo bisa dibilang memang cukup kuat dimana dia mampu menghadapi para petarung di Coloseum. Meskipun Boo juga mampu menggunakan Armament Haki dengan cukup baik, namun Armament Haki miliknya tidak cukup kuat untuk menembus pertahanan Kelly Funk. Di waktu yang bersamaan, Sai mampu melukainya dengan Armament Haki yang jauh lebih superior.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.