Cerita One Piece udah berjalan lebih dari dua dekade, dan hal itu tentunya bukan sebuah waktu yang pendek. Tujuan utama Luffy adalah pergi ke pulau terakhir dan jadi raja bajak laut yang baru. Tapi, ketika Luffy udah mewujudkan mimpinya itu apa lagi yang bakalan di lakuin oleh Luffy? Bisa jadi, kru topi jerami bakalan mengikuti jejak dari Roger yang membubarkan krunya.

Persahabatan mereka tentunya udah sangat kuat banget, dan berpisah jadi sebuah jalan yang berat. Ada beberapa petunjuk dimana mereka bakalan tinggal atau kemana tujuan mereka, jika suatu saat mereka “pensiun” sebagai bajak laut. Yang pertama adalah Sanji. Koki kru topi jerami ini kemungkinan bakalan kembali ke tunangannya yaitu Pudding.

Pada awalnya mereka memang dipaksa menikah, dijodohkan oleh Big Mom dan keluarga Vinsmoke. Mereka juga sempat hampir akan menikah. Sanji memang punya impian buat mencari keberadaan All-Blue, tapi pada akhirnya dia akan pulang untuk menemuka “Istrinya” itu. Bagaimana dengan Zoro? Dengan cerita masa lalunya, Zoro sepertinya akan menetap di wilayah Wanokuni.

Zoro berhasil menyelamatkan putri Oden, Kozuki Hiyori, dan sepertinya Hiyori menaruh perasaan terhadap Zoro. Tapi, terlepas dari hal itu Zoro pada dasarnya adalah seorang ahli pedang. Dengan kemampuannya, dia bisa membuka Dojo seperti yang dilakukan oleh gurunya dahulu dan melatiih para samurai atau para anak-anak Wano bagaimana untuk menggunakan pedang.

Luffy? Meskipun sulit buat menebak apa yang bakalan dilakuin Luffy di akhir cerita, tapi kemungkinan dia bakalan kembali ke pulau Amazon dan ketemu dengan Hancock. Tapi, Luffy pada dasarnya adalah orang bodoh yang tidak mengerti tentang perasaan suka atau cinta. Petunjuk tentang tujuan terakhir ketiga monster topi jerami ini udah dipelihatkan dari warna rambut mereka yang sama.

Meskipun dari gaya rambutnya berbeda, mereka punya warna dasar yang sama. Oda Sensei sepertinya sengaja memberikan detail kecil ini. Bagaimana dengan kru topi jerami yang lain? Chopper bisa jadi pergi dan tinggal di Zou, dimana dia sempat bertemu dengan seekor rusa cantik. Sedangkan yang lain sepertinya masih menjadi misteri. Franky mungkin akan kembali ke Water Seven dan membangun kota terapung. Brook akan menjalankan konsernya.

BACA JUGA: Apakah Nami Memiliki Kemampuan Haki?

Tapi, diantara yang lain Usopp sepertinya menjadi kru yang lebih beruntung bahkan dari Luffy sekalipun. Usopp sudah memiliki seseorang yang menunggunya, yaitu Kaya, gadis dari desa Syrup dan perempuan yang selalu menemani Usopp. Kaya bahkan rela belajar ilmu kedokteran demi bisa membuat Usopp kembali sehat, jika dia datang dalam keadaan terluka.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.