Nami adalah salah satu kru yang gabung dengan Luffy di awal petualangannya. Luffy dulu pernah menyelamatkan Nami dari Arlong, yang bikin Nami jadi budaknya. Setelah itu, dia pun akhirnya bergabung di kru topi jerami dan punya peran sebagai navigator atau orang yang mengarahkan kapal Sunny. Karena hal itu, bisa dibilang Nami adalah “orang terdekat” dari Luffy.

Nami pada awalnya emang karakter yang gak terlalu kuat dalam hal bertarung. Dia hampir gak punya kekuatan apa-apa selain clima tact yang dia kuasai. Tapi, setelah time-skip kekuatan Nami mulai bertambah dan juga penampilannya berubah. Kalau ngebahas tentang kekuatan Nami, ada banyak mitos tentang nona navigator ini. Salah satunya adalah kekuatan Haki di dalam diri Nami.

Seperti yang kita tahu, Luffy adalah sosok bajak laut yang sangat kuat. Dia pernah bertarung ngelawan banyak musuh dan berhasil selamat. Tapi, anehnya Luffy selalu bisa dengan mudah dilukai oleh Nami yang notabene dia gak punya kekuatan yang superior dibanding Luffy. Ada banyak banget contoh dimana Nami berhasil bikin Luffy babak belur. Kenapa Nami bisa melukai Luffy?

Garp, kakek Luffy, juga bisa bikin Luffy terluka padahal dia gak punya kekuatan super apapun. Dan Garp pernah bilang kalau “tinju yang penuh cinta” adalah penyebab hal itu. Hal itu bisa aja bener tapi, bisa juga salah. Mungkin hal ini ada kaitannya dengan Haki, khususnya Haki Busoshoku atau Armament Haki yang dikenal memang bisa melukai mereka yang punya kekuatan buah iblis, seperti Luffy.

Garp emang punya kekuatan Haki, makanya dia mampu menghasilkan kekuatan pukulan yang bisa menghancurkan gunung. Hal ini membuat kita tentunya berpikir, apakah Nami juga artinya punya kekuatan Haki Bushoshoku secara tidak sadar? Oda Sensei sendiri pernah menjelaskan hal ini dengan menyebutkan kalau Nami “menghajar semangat/jiwa dari Luffy”, yang mana hal itu sesuai dengan tujuan dari Haki.

BACA JUGA: Koneksi Misterius Antara Haki, Devil Fruit, dan Will of D

Tapi, meskipun ada kemungkinan kalau Nami bisa mempelajari ketiga jenis Haki rasanya dia gak akan melakukannya. Karena, apa yang dilakukan oleh Nami – menghajar Luffy sampai babak belur – lebih kepada sebuah gimmick komedi dan bukan sesuatu yang serius. Lagipula, selain Nami ada juga beberapa karakter lainnya seperti Usopp (yang juga gak punya kekuatan super apapun kecuali keahlian menembak) yang bisa melukai Luffy. Dan kembali, hal itu hanya komedi saja. Kalau memang serius, rasanya baik Nami atau Usopp gak akan mungkin bisa melukai Luffy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.