Horizon Zero Dawn adalah game populer yang pertama kali dirilis pada tahun 2017 kemarin, dan langsung meraih banyak pujian dari para fans. Game ini juga sekaligus jadi bukti kalau Guerrilla Games bukan hanya bisa menciptakan Killzone. Horizon Zero Dawn masih jadi salah satu game populer dan eksklusif untuk konsol PlayStation.

Tapi, kabar terbaru muncul yang mengatakan bahwa game Horizon Zero Dawn bakalan dirilis untuk versi PC. Hal ini tentunya jadi sebuah langkah besar, untuk sebuah game eksklusif meskipun game ini udah terbilang “tua.” Meskipun bukan berarti Sony bakal melakukan hal yang sama dengan game eksklusif mereka, tapi hal ini tentunya tetap menjadi sebuah langkah yang besar.

Langkah Yang Besar Dengan Perilisan di PC

Kabar tentang Horizon Zero Dawn yang bakalan dirilis di PC tentunya jadi sebuah kabar yang mengejutkan buat semua Geeks pecinta game. Hal ini berbeda dengan game Death Stranding, garapan Kojima Production. Meskipun Sony membantunya dengan menyuntikan dana dan bantuan lainnya, mereka gak bisa berbuat banyak dalam hal pendistribusian gamenya.

Berbeda dengan Microsoft, Sony sepertinya stuck  dalam pengembangan game konsol dan juga berbagai game eksklusif untuk PlayStation. Dengan Horizon Zero Dawn yang bakalan dirilis di PC, artinya akan lebih banyak orang pula yang bakalan ikut ngerasain pengalaman bermain game ini. Dilihat dari segi keuntungan, tentunya langkah ini dianggap sangat tepat.

Seperti yang kita tahu, dengan perilisan di platform PC membuat pemain bisa menggunakan mode mod, yang bisa mengutak-atik gamenya sesuka kita. Hal ini membuka peluang game Horizon Zero Dawn bisa terus berumur panjang, layaknya Skyrim atau The Witcher. Sony sendiri udah bilang kalau mereka gak minat buat ngelakuin hal yang sama di luar game ini, tapi kalau game ini sukses bukan gak mungkin Sony bakalan ngelakuin hal yang sama.

Awal Perubahan Sony

Hal yang menarik dari peristiwa ini adalah bagaimana ini menjadi sebuah contoh perubahan besar di diri Sony. Mereka akhirnya mau merubah mindset mereka, dimana pada awalnya mereka kekeh hanya ingin bertahan dengan brand eksklusif mereka, bahkan mereka juga menolak untuk melakukan cross-platform.

Ini menjadi pertanda kalau Sony mau keluar dari zona nyaman mereka. Disaat Nintendo dan Microsoft sudah melakukan sebuah proyek bersama, Sony masih senang mengerjakan proyeknya sendirian. Mungkin dari sini, Sony mulai mempertimbangkan untuk mau merilis di platform PC atau mau bekerja sama dengan perusahaan lainnya dalam menciptakan sebuah game.

BACA JUGA: Kalahkan Death Stranding, Sekiro Jadi Game Terbaik Tahun Ini!

Dengan Sony mau membuka diri untuk merilis game mereka di platform lain, bisa dipastikan akan lebih banyak orang lainnya yang akan mengenal Sony dan juga PlayStation. Semakin banyak orang yang tahu tentang brand ini, semakin banyak pula orang yang memainkan konsol atau gamenya, dan semakin banyak juga pengalaman yang bisa diraih.

FOLLOW US