GREENSCENE.CO.ID – Ajang tahunan anugerah game terbaik, The Game Awards, memang selalu dipenuhi oleh berbagai kejutan dan berbagai kekecewaan yang disampaikan oleh para fans terkait dengan pengumuman yang disampaikan. Tidak terkecuali untuk ajang pada 2019 ini. Para fans banyak yang memunculkan spekulasi, tentang siapa game terbaik untuk setiap tahunnya.

Untuk tahun 2019 sendiri, sebagian orang beranggapan bila game garapan Kojima Hideo yaitu Death Stranding akan menjadi pemenangnya. Sejak satu bulan yang lalu ketika game Death Stranding dirilis, sudah banyak orang yang menerka-nerka bahwa Death Stranding akan memenangkan penghargaan dengan kualitas game yang dianggap sempurna dan dipadukan dengan kualitas grafis yang menawan.

Tapi, kejutan pun muncul dimana Death Stranding tidak menjadi pemenang game tahun 2019 ini. Pemenangnya adalah game Sekiro: Shadow Die Twice. Selain mengalahkan Death Stranding, Sekiro berhasil mengalahkan nominasi game favorit para fans lainnya seperti Control, Resident Evil 2, dan Super Smash Bros. Ultimate. Kemenangan tersebut benar-benar mengejutkan pihak pengembang gamenya.

Pengumuman Sekiro menjadi game terbaik 2019 ini langsung mendapatkan tanggapan yang beragam dari para fans. Tapi, mayoritas memang setuju jika Sekiro menjadi pemenang game terbaik tahun ini. Selain menjadi pemenang untuk game terbaik 2019, Sekiro juga menjadi pemenang untuk kategori game Action/Adventure.

Death Stranding memang tidak memenangkan game terbaik tahun 2019, tapi game garapan Kojima ini menang dalam kategori lain yaitu Musik/Score terbaik mengalahkan game Devil May Cry 5 dan Kingdom Hearts III. Sedangkan game Super Smash Bros. Ultimate menang dalam kategori game fighting terbaik, mengalahkan Mortal Kombat 11 dan Dead or Alive 6.

Aktor Mads Mikkelsen juga menang dalam ajang ini untuk kategori Best Performance atau penampilan terbaik sebagai Cliff Unger. Selain pengumuman tentang game-game apa saja yang menjadi jawara di berbagai kategori, Game Award juga memberikan berbagai pengumuman menarik seperti pengumuman tentang konsol terbaru dari Xbox yaitu Xbox Series X dan game Hellblade II yang sudah siap untuk dijajal di konsol tersebut.