Muncul rumor yang menyebutkan jika perilisan Grand Theft Auto VI alias GTA 6 tidak akan terjadi pada 2025 dan terancam delay ke tahun 2026. Pada Desember 2023 kemarin pihak pengembang Rockstar akhirnya resmi mengumumkan proyek game GTA 6. Rumor mengenai kemunculan sekuel dari GTA V ini sudah muncul sejak lama sekali. Dan para fans nampak tidak menyerah dan masih terus menantikan kemunculan gamenya hingga pemumuman resmi Desember kemarin.

Melalui pengumuman tersebut Rockstar memberikan banyak informasi mengenai karakter baru yang akan ditampilkan, alur cerita, dan sebagainya. Dalam trailer pengumuman gamenya, pihak Rockstar mengumumkan jika game GTA 6 dijadwalkan rilis pada 2025 mendatang. Namun, kabar terbaru menyebutkan jika ada kemungkinan pihak Rockstar akan melakukan delay terhadap perilisan GTA 6 menjadi tahun 2026. Masalah internal di pihak Rockstar jadi penyebab dari kemungkinan tersebut.

gta 6 delay

Menurut laporan dari Kotaku, proses produksi untuk game GTA 6 saat ini dalam kondisi “tertinggal.” Karena perkembangan gamenya yang kurang maksimal tersebut membuat para petinggi dari Rockstar khawatir jika GTA 6 tidak akan rilis sesuai jadwal. Dalam laporan ini juga dijelaskan jika permasalahan internal di perusahaan Rockstar menjadi penyebab kemungkinan delay GTA 6 jadi 2026. Dilansir dari situs Bloomberg, pada Februari kemarin pihak Rockstar sudah memberikan mandat bagi para pegawainya untuk kembali bekerja secara penuh di kantor.

Sebelumnya, Rockstar menghadirkan kebijakan bagi para pekerjanya untuk bekerja di kantor selama tiga hari dan dua hari di rumah. Namun, setelah melihat perkembangan game yang berjalan lambat, banyaknya data rahasia yang bocor, serta permasalahan lainnya, membuat para petinggi Rockstar memutuskan untuk meminta para karyawan kembali bekerja di kantor secara penuh. Meskipun begitu, para pekerja Rockstar sendiri nampaknya menolak hal tersebut.

Situs Aftermath menjelaskan bahwa pegawai Rockstar yang berbasis di Inggris yang menolak mandat baru tersebut. Menurut mereka, mandat baru tersebut sudah mencuri kehidupan seimbang mereka antara pekerjaan dan juga kehidupan pribadi (work-life balance). Rockstar sendiri kabarnya masih tetap berharap dan berusaha untuk bisa merilis game GTA 6 sesuai jadwal yaitu pada 2025. Namun, terdapat kemungkinan jika gamenya akan mengalami delay hingga 2026.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.