Memiliki Pekerjaan

Ketika Goku tidak sedang menyelamatkan bumi, dia melakukan latian untuk menjadi jauh lebih kuat. Dalam pikiran Goku, hal ini artinya dia tidak memiliki waktu untuk hal-hal lainnya termasuk dalam masalah rumah tangga dan juga berbagai tanggung jawab lainnya. Terlepas dari jasanya yang berhasil menyelamatkan bumi, Goku sering kali meninggalkan tugas utamanya sebagai seorang ayah dan kepala keluarga.

Goku memang diceritakan merupakan seorang petani dalam Dragon Ball Super, tapi sering kali dia mangkir dari tugas dan tanggung jawabnya agar dia bisa berlatih. Gohan, justru kebalikan dari Goku. Memahami pentingnya keluarga dan tanggung jawabnya, dia kemudian mencari pekerjaan setelah dia menikah. Dia bahkan ingin terus belajar agar dia bisa mendapatkan posisi yang lebih baik. Semuanya dia lakukan demi keluarganya.

Mengalahkan Bojack

Selain pertarungannya melawan Cell, pertarungan epik lainnya dari Gohan adalah ketika dia bertarung melawan Bojack. Karakter ini muncul dalam film kesembilan dari seri Dragon Ball Z. Bojack sendiri merupakan seorang bajak laut luar angkasa yang mencoba untuk menguasai seluruh alam raya ini. Tidak sengaja dibebaskan oleh Goku, Bojack kemudian pergi ke bumi dan membunuh para petarung terkuat yang ada di planet ini.

Dalam ceritanya, akbat hal tersebut Goku diceritakan mati, yang artinya tanggung jawab untuk melindungi bumi dan alam raya ini semuanya berada di tangan Gohan. Dalam puncak pertarungannya, dimana Bojack terlihat seperti akan membunuh Gohan, nyawa dari Goku kemudian melakukan teleportasi ke tubuh Gohan dan mengingatkan bahwa dia adalah penyelamat bumi. Berkat hal tersebut Gohan pun kemudian bangkit, dan dia mengaktifkan Super Saiyan kemudian menghabisi Bojack beserta anak buahnya.

Mengalahkan Setiap Cell Jr.

Goku sudah terbukti tidak mampu mengalahkan sosok android jahat, Cell, dan kemudian meminta Gohan untuk menggantikan posisinya melawan Cell. Goku sendiri menjelaskan kekuatan Gohan kepada Cell, namun dia tidak takut akan hal tersebut. Akhirnya pertarungan tersebut terjadi dan Cell merasakan bagaimana kekuatan Gohan yang sebenarnya.

Untuk mencoba mengalahkan Gohan, Cell kemudian menciptakan “replika” dari dirinya dalam bentuk kecil yang disebut Cell Junior. Meskipun ukuran tubuh mereka kecil, mereka memiliki kekuatan yang sama kuatnya dengan sosok Cell yang asli. Cell Juniors bahkan berhasil menghabisi para pertarung terkuat bumi, dengan hanya Vegeta dan Trunks yang mampu bertahan. Amarah Gohan yang sudah memuncak membuatnya mengaktifkan Super Saiyan 2, yang akhirnya mampu menghabisi seluruh Cell Junior yang ada.

The Masenko

Hampir semua orang dalam cerita Dragon Ball Z memiliki sebuah jurus andalan. Goku memiliki jurus andalannya yang populer Kamehameha, Piccolo memiliki meriam sinar laser, dan jurus andalan Gohan ketika dia masih kecil adalah Masenko. Sayangnya, baik di manga maupun di animenya tidak diperlihatkan bagaimana Gohan bisa mempelajari jurus andalannya tersebut. Namun, banyak yang berspekulasi bahwa kemampuan tersebut diajarkan oleh Piccolo.

Selain dari warnanya, Masenko tidak memiliki perbedaan yang mencolok dari serangan sinar laser. Goku tidak pernah mempelajari kekuatan ini, dan inilah yang menjadi andalan Gohan sedari kecil. Namun, ketika Gohan dan Goku berlatih dalam Hyperbolic Time Chamber selama satu tahun untuk mempersiapkan diri melawan Cell, Gohan berhenti menggunakan Masenko sebagai jurus andalannya. Sebagai gantinya, dia juga menggunakan Kamehameha.

Lulus Sekolah

Dalam sebuah dunia yang sering diserang oleh monster, dan bertarung melawan monster merupakan hal yang lumrah terjadi, pendidikan sepertinya bukan menjadi hal yang terlalu menonjol. Itulah yang Chi-Chi khawatirkan ketika dia membesarkan anak-anaknya. Goku memberikan contoh nyata, bagaimana pendidikan itu menjadi penting khususnya untuk pengetahuan dan kecerdasan kita.

Gohan dipaksa untuk tidak berhenti belajar. Dia pun tumbuh menjadi sosok yang pintar dan dia bahkan bercita-cita menjadi seorang lulusan perguruan tinggi. Chi-Chi menyekolahkan Gohan di rumah sampai menengah atas dan kemudian baru dia bersekolah di sekolah umum. Dia berhasil lulus dari sekolah, sesuatu hal yang Goku dan beberapa Z-Fighters tidak bisa lakukan.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.