Banyak Geeks yang mungkin belum tahu jika ada sosok Saiyan legendaris pengguna teknik Super Saiyan pertama di Dragon Ball yaitu Yamoshi. Franchise Dragon Ball terkenal sebagai series yang sering menghadirkan berbagai karakter yang menarik dan juga cerita epik. Bahkan, beberapa karakter ikonik di dunia anime dan manga berasal dari franchise ini. Contohnya adalah Goku dan Vegeta. Namun, mungkin tidak banyak yang mengenai pengguna Super Saiyan pertama di series Dragon Ball yaitu Yamoshi.

4Yamoshi Super Saiyan Legendaris

Bangsa Saiyan terkenal karena kemampuan bertarung mereka yang sangat kuat dan dahsyat. Mereka terkenal sering melakukan invasi terhadap planet lain untuk kemudian mereka kuasai. Planet Cereal dan bumi adalah beberapa contoh nyata bagaimana mereka berusaha untuk menguasai planet lain. Namun, selain kemampuan bertarung dan daya tahan yang luar biasa Saiyan juga terkenal akan Super Saiyan.

Seperti yang Geeks ketahui, kemampuan Super Saiyan mampu meningkatkan level kekuatan mereka berkali-kali lipat. Banyak fans mungkin menganggap jika Goku adalah sosok yang pertama mengakses kekuatan itu dalam cerita Dragon Ball. Namun, sebenarnya, bukan Son Goku yang pertama kali menggunakan teknik Super Saiyan. Ada Saiyan lain yang pertama kali menggunakan Super Saiyan dalam cerita Dragon Ball yaitu Yamoshi.

Lalu, siapa sebenarnya Yamoshi? Berdasarkan informasi yang sudah diketahui sejauh ini, Yamoshi diketahui hidup 1.000 tahun sebelum cerita utama Dragon Ball dimulai. Sang mangaka, Akira Toriyama, juga mengonfirmasi hal ini di mana dia menyatakan jika dia adalah salah satu Saiyan legendaris selain lima Saiyan misterius lainnya. Jika melihat timeline yang ada, artinya Yamoshi hidup jauh sebelum planet Vegeta ada.

Dalam cerita Dragon Ball, planet Vegeta merupakan rumah bagi mayoritas bangsa Saiyan selain juga beberapa planet lainnya. Namun, masih ada banyak misteri terkait sosok Yamoshi ini seperti asal-usulnya. Selain itu, bagaimana kemudian dia bisa mengakses kekuatan Super Saiyan juga menjadi sebuah pertanyaan besar. Vegeta sendiri sempat menyebut atau mereferensikan sosok Yamoshi di chapter 86 series Dragona Ball Z.

Dia menyebutkan bahwa seorang pengguna Super Saiyan muncul setiap seribu tahun sekali. Pengguna dari Super Saiyan tersebut akan mampu melampaui semua tantangan yang bahkan petarung terkuat sekalipun tidak akan mampu melakukannya. Vegeta sendiri sempat menganggap jika hal tersebut tidak lebih dari sekedar mitos belaka, sampai kemudian dia meraskan kedahsyatan dari kekuatan Goku.

Saat itu, Goku berhasil mengalahkan Ginyu Force di planet Namek. Vegeta akhirnya baru benar-benar percaya tentang legenda tersebut setelah Goku mampu mengaktifkan hal tersebut saat berhadapan dengan Frieza. Dan sejak saat itu, Super Saiyan jadi ciri khas dan salah satu hal yang dicintai oleh para fans. Karena Yamoshi menjadi pengguna Super Saiyan pertama di cerita Dragon Ball, inilah alasan mengapa kemudian dia mendapatkan julukan sebagai Super Saiyan Legendaris atau Legendary Super Saiyan.

Dia merupakan salah satu Saiyan terkuat yang tersisa pada ribuan tahun lalu ketika mereka bertarung menghadapi Saiyan yang jahat. Meskipun pada akhirnya dia kalah dan tewas, jiwanya dianggap masih hidup dan mencari penerus selanjutnya dan menjadi sosok Super Saiyan God.

Kemunculan Yamoshi – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.