Goku adalah tokoh protagonis utama dalam seri franchise Dragon Ball. Semenjak dia memiliki anak, yaitu Gohan, Goku terus menghabiskan waktunya untuk membasmi kejahatan dan menyelamatkan bumi dan seluruh alam raya ini. Semua orang rasanya terinspirasi oleh kebaikan hati Goku dan mencoba untuk bisa menjadi sekuat dia dan seberani seorang Goku.

Meskipun Goku terlihat sebagai karakter yang sempurna, disadari atau tidak Goku sebenarnya memiliki kelemahan. Dia tidak akan pernah menjadi orang tua yang baik dengan sering absennya dalam tumbuh kembang Gohan dan anak-anaknya yang lain. Gohan, anak paling tua Goku, banyak dianggap sebagai sosok yang lebih baik dari Goku. Berikut adalah poin-poin penting yang mendukung alasan tersebut.

Ayah Yang Lebih Baik Dari Goku

Goku memang adalah sosok yang pekerja keras dan pantang menyerah, terbukti dengan dia yang selalu pergi berlatih dan mencoba untuk selalu menjadi lebih kuat. Dengan determinasi tersebut, Goku justru rasanya sudah menjadi seorang ayah yang buruk dan juga suami yang tidak bertanggung jawab. Dia tidak pernah menghabiskan waktunya bersama keluarganya dan lebih memilih bertarung dengan alien dari planet lain bersama Vegeta.

Gohan berbeda dengan Goku, dimana dia lebih bertanggung jawab. Ketika dia tidak bekerja, dia memikirkan anak dan istrinya. Rasa cintanya terhadap keluarga kecilnya sangatlah besar dimana dia lebih memilih untuk tidak pergi berlatih dan menjadi lemah, sehingga dia bisa memiliki waktu bersama keluarga. Ketika memang dia harus berlatih, alasannya adalah demi melindungi istri dan anaknya.

Mengalahkan Frieza Tanpa Super Saiyan

Frieza adalah salah satu contoh antagonis dalam seri Dragon Ball yang sangat kuat, dimana meskipun dia sudah beberapa kali dihancurkan dan dikalahkan tapi dia tetap nekat mengunjungi bumi dan mencoba untuk menguasainya. Dalam film Dragon Ball Z: Fusion Reborn, yang merupakan film ke 11, jiwa-jiwa yang berasal dari neraka berhasil kembali ke bumi dan menciptakan kekacauan besar. Goku dan yang lainnya, harus bertarung melawan mereka termasuk Frieza.

Frieza sendiri merupakan villain yang bertanggung jawab mengubah Goku menjadi sosok Super Saiyan. Goku pernah mengalahkan Frizea, dengan menggunakan kekuatan Super Saiyan. Dalam seri Dragon Ball Super, Goku juga perlu menggunakan form Super Saiyan Blue untuk mengalahkannya. Tapi, dalam film Fusion Reborn Gohan berhasil mengalahkan Frieza tanpa menggunakan Super Saiyan.

Mengalahkan Cell

Salah satu pencapaian atau prestasi terbesar dari Gohan adalah mampu mengalahkan Cell. Dalam pertarungannya dengan Cell inilah para fans dibuat sadar tentang performa dan juga kekutan dari Gohan yang sebenarnya. Dalam cerita Dragon Ball Z, mereka berusaha membangun cerita dan membangun kekuatan dari Gohan. Berubah menjadi Super Saiyan 2, hal tersebut membuktikan bahwa Gohan pantas menjadi salah satu pahlawan dalam cerita Dragon Ball.

Kemenangannya melawan Cell bukan hanya memperlihatkan tentang bagaimana potensi yang sangat sempirna dari seorang Gohan, melainkan jug ada momen dimana Goku seolah memberikan kesempatan kepada Gohan untuk meneruskan perjuangan sang ayah.

Menggunakan Pedang Z

Pedang Z merupakan sebuah pedang legendaris dan kuno dari planet Kai. Cerita tentang pedang Z ini mirip dengan cerita pedang Excalibur dari zaman Raja Arthur, dimana hanya orang-orang yang terpilih saja yang mampu mengangkat pedang tersebut. Dalam seri Dragon Ball, pedang Z sudah ribuan tahun berada di puncak bukit di planet tersebut.

Ketika Supreme Kai membawa Gphan ke planetnya, dia berharap bahwa Gohan bisa mengangkat dan mengambil pedang Z dan menggunakannya untuk bertarung melawan Majin Buu. Gohan pun ternyata berhasil mengangkat pedang tersebut, yang membuat Supreme Kai dan asistennya, Kibito, terkejut. Wohan kemudian menggunakan pedang tersebut dengan sangat baik.

Tidak Bergantung Kepada Fusion

Ketika cerita Buu  Saga sedang berjalan, banyak dari para Z-Fighters tidak mampu mengatasi ancaman tersebut sendrian, dan mereka mengandalkan kerja sama dengan para pertarung lainnya dengan cara menggunakan Fusion. Gohan, di sisi lain, tidak perlu melakukan Fusion untuk bertarung melawan Buu. Setelah potensinya akhirnya dibuka oleh Elder Kai, Gohan kembali ke bumi dan bertarung menghadapi Super Buu sendirian.

Sebelum Gohan datang, Super Buu membuktikan dirinya bahwa dia lebih kuat dibandingkan para karakter lainnya, termasuk Super Saiyan 3 Gotenks. Ketika Gohan muncul dalam form Ultimate (Mystic), dia akhirnya mampu menyaingi karakter tersebut. Meskipun pertarungannya tidak seintens pertarungan melawan Cell, tapi pertarungan melawan Buu dirasa cukup menarik. Bahkan dia hampir berhasil mengalahkan Super Buu.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.