Super Android 17

Karakter antagonis menarik dan luar biasa lainnya dari seri Dragon Ball GT adalah Super Android 17. Super Andorid 17 merupakan sebuah Fusion dari Android 17 dan Hell Fighter 17. Fusion tersebut akhirnya menghasilkan sebuah karakter yang mampu menandingi para Z Fighters. Level kekuatannya pun jauh meningkat setelah dia menyerap kekuatan Kamehameha Goku, yang membuatnya semakin sulit untuk ditaklukan.

Beruntung, Gku kemudian mampu mengatasi hal tersebut dengan cara menyerang titik lemah dari Super Android 17 yaitu dia tidak mampu mempertahankan diri sendiri ketika menyerap energi. Goku menghajar Super 17 dengan Dragon Fist, dan diakhiri dengan Kamehameha.

Fused Zamasu

Zamasu dan Goku Black merupakan sosok yang sangat kuat bagi masing-masing karakter. Tapi, level kekuatan mereka mencapai titik yang berbeda ketika keduanya menyatu menjadi satu sosok yang sangat kuat. Fused Zamasu mampu dengan mudah menghabisi musuh-musuhnya dengan kekuatan yang dia miliki. Butuh usaha dari para karakter Fusion lainnya dalam list ini untuk bisa lebih baik dari Fused Zamasu, dan memberikan Future Trunks kesempatan untuk mengalahkan Fused Zamasu selamanya.

Kefla

Kefla adalah salah seorang Saiya yang sangat kuat yang berasal dari Universe 6, dan Kefla membuktikan hal tersebut. Kefla sendiri merupakan karakter Fusion dari Caulifla dan Kale. Level kekuatan dari karakter ini benar-benar sangat intens, bahkan form Super Saiyan Blue Goku pun tidak mampu menandingi level kekuatan dari Fusion ini. Baru ketika Goku membangkitkan form Ultra Instinct miliknya dia mampu mengalahkan Kefla dengan salah satu Kamehameha terbaik dalam cerita Dragon Ball.

Gogeta

Ada dua metode untuk Goku dan Vegeta melakukan Fusion atau menyatukan diri mereka menjadi satu bentuk tubuh. Pertama adalah dengan melakukan tarian Fusion atau Fusion Dance, yang mana hal tersebut menghasil Fusion Gogeta. Meskipun Gogeta pernah muncul sekali dalam film Dragon Ball Z ketika bertarung melawan Super Janemba, penampilan canon pertamanya adalah ketika muncul di Dragon Ball Super: Broly.

Ketika kedua fighter tersebut menyadari bahwa mereka tidak akan mampu mengendalikan Gogeta sebagai dua karakter yang terpisah, akhirnya Vegeta dan Goku memutuskan untuk melakukan Fusion Dance dan mengeluarkan Super Saiyan Blue Gogeta, yang kemudian mampu menandingi kekuatan dari Broly.

Vegito

Fusion kedua antara Goku dan Vegeta adalah Vegito, dan dianggap sebagai Fusion paling kuat dibandingkan Gogeta. Fusion ini bisa dilakukan melalui anting Potara, dan ketika mereka sudah menyatu level kekuatan mereka akan menandingi Super Buu dan juga Fused Zamasu. Level kekuatan yang dihasilkan oleh Vegito benar-benar tidak ada duanya, menjadikannya sebagai karakter Fusion yang paling kuat di seluruh series Dragon Ball.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.