Kurang dari dua bulan lagi, film Star Wars: The Rise of Skywalker akan segera dirilis. Film yang akan menjadi penutup bagi cerita tentang Skywalker Saga ini akan menyuguhkan berbagai hal yang unik, salah satunya adalah kemunculan sang putri juga pemimpin dari pasukan Resistance, Leia Organa. Padahal, seperti yang kita ketahui Carrie Fisher, pemeran Leia Organa, meninggal dunia di akhir 2016 silam.

Fisher sendiri kembali berperan sebagai Leia pada 2015 lalu, dalam film Star Wars: The Force Awakens dan juga film garapan Rian Johnson, The Last Jedi. Fisher sendiri dijadwalkan akan muncul dalam film The Rise of Skywalker. Sayangnya, dengan kematian dari Carrie Fisher sebelum dimulainya proses shooting, Lucasfilm harus berbuat sesuatu yang kreatif. Bukan hanya dalam hal bagaimana karakter tersebut kembali tapi juga bagaimana membuat sebuah akhir yang indah untuk karakternya.


Star Wars 9 (Seharusnya) Film Milik Leia


Para fans Star Wars benar-benar merasa senang ketika mendengar Disney kembali melemparkan judul baru untuk film Star Wars. Rencananya, karakter-karakter klasik dan legendaris seperti Han Solo, Luke Skywalker, dan Leia organa dijadwalkan tampil. Dalam rencana awal, film Star Wars 9 seharusnya menjadi trikuel (film terakhir) bagi para karakter tersebut.Film The Rise of Skywalker, seharusnya dijadwalkan akan menjadi film yang menyoroti atau berfokus kepada Leia Organa. Masih belum diketahui bagaimana kisah tentang Leia Organa di film The Rise of Skuwalker, tapi mengingat tentang sebuah fakta bahwa Leia juga merupakan seorang pengguna the Force seperti ayahnya dan kakaknya, ada kemungkinan film tersebut masih akan mengulas hal tersebut.

Adik dari Carrie Fisher, Todd Fisher, dalam sebuah wawancara juga mengungkapkan bahwa Leia seharusnya menjadi Jedi yang terakhir yang sebenarnya mendukung asumsi tersebut. Selain itu juga, Leia akan berada di garis depan dalam pertempuran antara Resistance dan First Order. Berdasarkan pertimbangan tersebut, karakter Leia tidak bisa memiliki pola cerita yang sama di Star Wars 9 ini seperti Han dan Luke dalam The Force Awakens dan The Last Jedi.


Star Wars 9 Menggunakan Footage Yang Tidak Terpakai


Seperti yang disebutkan sebelumnya, mendiang Carrie Fisher meninggal dunia sebelum proses produksi Star Wars 9 dimulai. Oleh karena itu, Lucasfilm dan J.J Abrams harus kreatif bagaimana “menghadirkan” sosok Leia dalam filmnya. Lucasfilm sendiri ogah untuk melakukan casting ulang atau membuat secara digital sosok dari Carrie Fisher. Akhirnya mereka mempunyai ide lain.

Karakter Carrie Fisher akan muncul dengan menggunakan footage yang tidak terpakai dalam film The Last Jedi dan juga The Force Awakens. Seperti yang diungkapkan dalam artikel sebelumnya, Abrams hanya memiliki delapan menit dari berbagai adegan yang menampilkan Carrie Fisher untuk diolah dan dimasukan ke dalam filmnya. Ini artinya ada tangan-tangan terampil dalam proses pasca produksi untuk memaksimalkan penampilan dari Carrie Fisher dalam film Star Wars 9.

Karena Abrams hanya memiliki delapan menit (dan itu pun masih akan berkurang akibat pasca produksi), kita masih belum mengetahui berapa durasi kemunculan dari Leia Organa dalam film The Rise of Skywalker. Dengan Leia yang sudah tampil di dua adegan dalam trailer promosinya, ada kemungkinan mereka masih menyimpan adegan lainnya untuk ditampilkan nanti di filmnya.


Leia Masih Memimpin Resistance


Di akhir film The Last Jedi kita melihat bagaimana pasukan Resistance hampir disapu bersih leh serbuan pasukan First Order. Rey pun mengungkapkan kekhawatirannya perihal masalah ini, terutama dengan posisi baru dari Kylo Ren. Namun, secara tenang, Leia meyakinkan Rey jika mereka akan baik-baik saja.

Dalam trailer film The Rise of Skywalker kita diberikan sebuah petunjuk bahwa pasukan Resistance mampu untuk bangkit kembali, dan mampu membangun berbagai persenjataan yang lebih baik dan lebih kuat untuk pertarungan selanjutnya melawan First Order dan pemimpin mereka Kylo Ren. Film ini akan bersetting beberapa tahun setelah kejadian di film The Last Jedi, dan juga tergantung bagaimana Abrams mempersiapkan cerita Leia dan bagaimana pendekatannya.

BACA JUGA: Guide Lengkap Nonton Seluruh Film Star Wars

Namun, ada kemungkinan jika filmnya dibuka dengan Leia yang masih jadi pemimpin dari pasukan Resistance. Dalam dua trailer promosinya, kita melihat hal tersebut, dan kedua adegan Carrie Fisher sepertinya berlokasi di sebuah planet hutan baru yaitu Ajan Kloss. Berdasarkan informasi yang diketahui sejauh ini, Ajan Kloss merupakan planet tempat persembunyian dan tempat bagi Resistance untuk membangun kembali markas mereka dan semuanya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.