Absennya Batman di Arrowverse, khususnya Batwoman, merupakan salah satu dari misteri terbesar yang sampai saat ini masih belum diketahui jawabannya. Dalam series tersebut, kita melihat bagaimana Kate Kane kembali ke wilayah Gotham setelah sekian lama menghilang. Ketika dia kembali, dia mengetahui bahwa Gotham sekarang dalam keadaan yang parah apalagi setelah Batman menghilang. Apa yang terjadi kepada Batman? Berikut adalah beberapa teorinya.

Masih Mencari Keberadaan Beth Kane

Seperti yang diketahui, di Arrowverse semuanya saling terhubung. Sehingga, bisa jadi menghilangnya Batman ada bungannya dengan kejadian di Gotham tiga tahun yang lalu, atau ada sebuah kasus yang masih dia tangani. Sejauh ini, tidak ada petunjuk bahwa Gotham sedang mengalami sebuah krisis pada saat itu yang membuat Batman harus menghilang.

Kemungkinan besar, Batman sedang menangani sebuah kasus yang sangat sulit yang meskipun kepolisian Gotham sudah menganggapnya selesai, Batman merasa hal tersebut masih belum selesai. Salah satunya adalah kasus tentang hilangnya Beth Kane, saudari kandung dari Kate. Seperti yang ditunjukan di awal seriesnya, Beth dan Kate bersama ibunya harus mengalami kecelakaan di jembatan.

Kate berhasil selamat, namun Beth dan ibunya tidak dan harus jatuh ke bawah jembatan. Kasus tersebut dianggap selesai oleh kepolisian Gotham, karena selama lebih dari dua bulan mereka tidak bisa menemukan jenazah Beth ataupun ibunya. Hal inilah yang sepertinya menganggu Bruce, yang pada saat itu sudah berusaha untuk menahan sebaik mungkin mobil dari Beth dan Kate.

Ketika Kate menemukan Batcave di Wayne Enterprises, kita bisa melihat potongan kliping koran tentang kasus kematian dari Beth. Menurut penuturan Luke Fox, Batman tidak pernah berhenti untuk mencari Beth, ketika semua orang sudah berhenti mencarinya. Batman merasa bahwa Beth belum meninggal

Di episode kedua diperlihatkan bahwa Kate juga tidak percaya bahwa adiknya sudah tewas, meskipun polisi sudah memiliki bukti adanya fragmen atau serpihak dari tengkorak Beth. Namun, dengan Batman yang kemungkinan masih mencari keberadaan Beth, sepertinya juga yakin bahwa apa yang didapatkan polisi bukanlah tengkorak milik Beth.

Hilangnya Beth Kane Adalah Konspirasi

Ada sebuah konspirasi besar antara Beth Kane dan Catherine Hamilton, istri kedua dari ayah Kate Kane, dan mereka kemungkinan besar adalah inti ceritanya. Sekitar 15 tahun yang lalu, detektif dari Catherinelah yang menemukan serpihan tengkorak tersebut di peternakan Miller. Di masa sekarang, Catherine merasa tidak senang ketika Kate mencurigai bahwa Beth masih hidup dan kembali ke Gotham sebagai Alice.

Kate sendiri sempat mengambil pisau milik Alice untuk diuji DNA, namun sebelum pisau tersebut diuji benda tersebut sudah direbut oleh seseorang yang berpura-pura menjadi suruhan Alice. Catherine juga bisa jadi merupakan orang yang bertanggung jawab atas ledakan yang terjadi di jembatan Gotham. Sebuah usaha yang dianggap lebih kepada percobaan pembunuhan dibandingkan penyelamatan.

Jika memang ada sebuah konspirasi besar dibalik hilangnya Beth Kane 15 tahun yang lalu, maka hal tersebut meningkatkan kemungkinan hilangnya Batman ketika dia sudah hampir memecahkan kasus tersebut. Tidak sulit untuk menghubungkan serpihan tengkorak palsu dengan Catherine Hamilton, karena orang-orang suruhannya yang menemukan benda tersebut.

Bisa jadi, Catherine melakukan sesuatu yang akhirnya mendapatkan kembali perhatian dari Batman pada tiga tahun yang lalu. Mungkin, Batman ditangkap atau dibunuh oleh seluruh yang berkomplot dengan Hamilton. Dalam cerita komik sendiri, memang ada sebuah kelompok atau organisasi sangat rahasia yang menjalankan seluruh roda kehidupan di wilayah Gotham.

Nama organisasi tersebut adalah Court of Owls. Kelompok atau organisasi rahasia ini berisi para aristokrat, juga beberapa latar belakang lainnya yang tidak terlalu perduli dengan kehidupan yang ada di Gotham. Yang mereka pedulikan adalah bagaimana caranya mereka bisa terus kaya dan bisa terus berkuasa di Gotham. Batman sendiri sangat sulit untuk menghancurkan organisasi ini.

Meskipun tidak ada bukti atau petunjuk tentang keberadaan Court of Owls di series tersebut, tapi apa yang terjadi tidak sulit untuk menghubungkannya dengan organisasi rahasia tersebut. kemungkinan lainnya adalah Hamilton memiliki hubungan dengan Hush, musuh klasik Batman yang sudah mengetahui identitas dari Batman.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2