Tidak banyak fans yang tahu jika sosok Bruce Wayne sebenarnya memiliki seorang adik yang sudah sejak lama menghilang dalam cerita DC Comics. Di sepanjang sejarah kemunculan sosok Bruce Wayne alias Batman kita selalu melihat bagaimana Thomas Wayne dan Martha Wayne hanya memiliki satu orang putra saja, yaitu Bruce Wayne. Namun, tidak banyak orang yang tahu jika sebenarnya Bruce Wayne memiliki sosok adik laki-laki yang bernama Thomas Wayne, Jr. Lalu, siapa dia sebenarnya?

3Siapa sosok Thomas Wayne, Jr.

Karakter Thomas Wayne, Jr. pertama kali muncul sebelum peristiwa Crisis terjadi pada era 1974. Lebih tepatnya, karakternya muncul dalam cerita ‘Superman and Batman: Wide the Blood Off My Name’ di komik World’s Finest #223 karya Bob Haney dan Dick Dillin. Dalam komik tersebut diceritakan jika adik dari Bruce Wayne itu sempat dikurung di rumah sakit jiwa Willowood sebelum kemudian kabur.

Ketika dia masih kecil, Thomas merupakan korban tabrak lari yang hampir merenggut nyawanya. Meskipun begitu, efek dari kecelakaan tersebut nyatanya berakibat fatal terutama bagi keadaan jiwanya. Thomas Wayne, Jr. justru jadi ancaman bagi dirinya sendiri serta bagi orang lain. Inilah yang kemudian membuat Thomas Wayne dan Martha Wayne memutuskan untuk mengirimnya ke rumah sakit jiwa Willowood.

Yang menariknya adalah mereka berdua menyembunyikan identitas dari Thomas demi melindungi nama keluarga Wayne. Seiring bertambahnya usia, ketika Thomas Wayne, Jr. mulai beranjak dewasa dia pun berhasil kabur dari Willowood. Dia kemudian bergabung dengan sebuah organisasi kriminal dan menjadi salah satu mesin pembunuh bagi mereka. Thomas menggunakan nama samaran Boomeran Killer.

Pada awalnya, tidak ada yang menduga jika Boomerang Killer adalah sosok yang familiar terutama bagi keluarga Wayne. Sampai kemudian Bruce Wayne mengungkapkan fakta sebenarnya, jika Boomerang Killer adalah Thomas Wayne, Jr. alias adik kandungnya. Sayangnya, Bruce Wayne tidak mampu untuk menyelamatkan Thomas dari kehidupannya yang menderita dan tersiksa.

Meskipun begitu, Thomas Wayne, Jr. berhasil diselamatkan dari organisasi kriminal tempat dia bekerja oleh Bruce Wayne. Setelah semua hal yang mengerikan tersebut tubuh dari Thomas kemudian dikendalikan dan jadi wadah bagi Boston Brand alias Deadman. Dia menggunakan tubuh Thomas untuk menjalani kehidupan sebagai seorang ahli akrobat di pertunjukan sirkus.

Namun, untungnya, Deadman kemudian berhasil melepaskan hal sosok Thomas Wayne, Jr. di mana dia memutuskan untuk mengorbankan diri demi melindungi Bruce Wayne dari sebuah serangan mematikan. Pasca kejadian itu, sosok Thomas Wayne, Jr. sudah jarang lagi muncul dalam cerita.

Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.