Batman Bukan Satu-Satunya Yang Hilang

Meskipun fokusnya tentang hilangnya Batman yang masih menjadi misteri, tapi menarik juga diprhatikan bahwa dia bukanlah satu-satunya karakter yang hilang. Bahkan, beberapa rekan terdekat dari Batman juga ikut hilang. Contohnya adalah di episode kedua Batwoman, mengkonfirmasi bahwa Robin memang eksis di Arrowverse.

Selain Robin, di series Arrow juga sudah beberapa kali menyebutkan referensi tentang Oracle. Ketika dibutuhkan oleh Kate Kane, mereka semua justru tidak muncul. Selain Bat-Family yang keadaanya misterius, beberapa karakter pendukung lainnya juga hilang. Contohnya adalah kita belum mengetahui dimana keberadaan James Gordon atau Lucius Fox.

Ada asumsi bahwa hilangnya seluruh Bat-Family ini merupakan upaya “bersih-bersih” dari seseorang atau sebuah organisasi. Pasalnya, ketika sudah mengetahui siapa sebenarnya Batman, tidak terlalu sulit untuk melacak keberadaan orang-orang di dekatnya. Untungnya, Kate Kane merupakan Bat-Family yang tersisa. Jika memang teori ini benar, Batwoman mungkin bisa mengungkapkan sebuah konspirasi besar yang terjadi di Gotham.

1
2