Para karakter manusia dalam cerita di franchise Dragon Ball sering kali dilupakan karena kemunculan dari alien, robot, dan juga para dewa-dewa. Tapi, memang masuk akal. Dibandingkan dengan Saiyan atau robot atau dewa, manusia memang merupakan makhluk yang lebih lemah. Tapi, bukan berarti manusia tidak memiliki kekuatan sama sekali. Ada beberapa manusia yang dianggap kuat, meskipun tidak memiliki kemampuan bela diri atau apapun.

Bulma

Mungkin dipilihnya Bulma sedikit mengejutkan, karena Bulma tidak memiliki kemampuan manusia super atau bela diri. Meskipun Bulma memiliki kekurangan tersebut, dia menutupinya dengan kecerdasan dan juga bagaimana sumber dayanya yang melimpah. Sebagai penerus dari Capsule Corp. Bulma memiliki akses menuju aapun yang dia inginkan atau butuhkan, termasuk senjata yang mampu mengalahkan manusia super.

Bulma juga adalah satu-satunya orang yang mampu untuk “mengendalikan” Vegeta, yang artinya, secara tidak langsung, Bulma adalah sosok yang kuat, karena dia bisa saja memanggil suami Saiyannya yang sangat kuat untuk mengatasi musuh sekuat apapun yang menghalangi jalannya.

Chi-Chi

Chi-Chi adalah seorang ahli bela diri yang luar biasa, hanya saja dia tidak memiliki kemampuan manusia super. Dalam pertarungan biasa, sebagai ahli bela diri dia tentunya bisa mengatasi masalah tersebut. Kemampuannya adalah Kung Fu dengan jurus ular. Bahkan kemampuannya ini sempat merepotkan Goku dalam turnamen bela diri dunia.

Selain memiliki kemampuan bertarung yang mumpuni, Chi-Chi juga memiliki “sumber daya” yang sama dengan Bulma: yaitu keluarganya yang merupakan Saiya. Ketika ada masalah yang membuat Chi-Chi terpojok, Gohan, Goten, dan Goku akan langsung menyelamatkannya.

Bora

Meskipun Bora belum memiliki level kekuatannya yang resmi, kita tahu bahwa dia kebal terhadap serangan peluru dan mampu melempar orang dan juga objek bahkan sampai ke langit. Singkatnya, Bora adalah salah satu manusia yang paling kuat di bumi. Bahkan, rasanya masih menjadi misteri mengapa Bora jarang terlihat atau tampil. Karena dia bisa menjadi karakter yang hebat dalam cerita Dragon Ball jika mau berlatih lebih keras.

Namun, terlepas dari itu semua Bora memang karakter yang kuat, memiliki daya tahan yang tinggi, juga memiliki ukuran tubuh yang besar. Hanya saja sayangnya, Bora tidak memiliki teknik yang berdasarkan Ki atau kemampuan bela diri. Jika dia memiliki kemampuan tersebut, mungkin Bora akan menjadi sosok yang dahsyat.

Videl

Dibandingkan dengan Bora, Videl mungkin lebih lemah. Namun, Videl adalah manusia pertama yang mampu untuk terbang. Beberapa orang dalam daftar ini memahami tentang konsep Ki dan bagaimana hal tersebut bekerja, namun tidak ada yang mampu untuk mengendalikan Ki tersebut kepada diri mereka. Berdasarkan hal tersebut, bisa dibilang Videl sedikit lebih unggul dari kemampuan dan kekuatan.

Disamping kemampuannya untuk terbang, Videl adalah seorang ahli bela diri yang terampil, menguasai berbagai jenis ilmu bela diri yang dia perlihatkan dalam cerita Great Saiyaman dan juga turnamen bela diri dunia ke-25. Juga, Videl memiliki stamina dan determinasi yang luar biasa yang memaksanya untuk terus maju.

Chiaoutzu

Chiaoutzu adalah salah satu contoh dari manusia yang ada di Dragon Ball memang berbeda-beda. Dengan kulitnya yang berwarna putih pucat, pipi merah dan ukuran tubuhnya yang kecil menunjukan bahwa Chiaoutzu adala tipe yang berbeda dari bumi. Meskioun begitu, Chiaotsu tetap dianggap sebagai manusia, terlepas dari beberapa perbedaan tersebut.

Chiaoutzu memiliki kemampuan psychic dan juga memiliki kendali KI yang hebat, membuatnya menjadi seorang musuh yang cukup tangguh. Dengan kemampuan telekinesisnya, dia mampu untuk memindahkan benda dengan pikirannya dan berbicara secara telepati. Kedua kemampuannya ini menjadi salah satu kelebihan dari Chiaoutzu.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
3
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.