Yamcha

Pasti sebagian Geeks bertanya-tanya mengapa Yamcha masuk dalam daftar ini. Sebenarnya Yamcha tidaklah selemah yang kita kira selama ini. Dia mungkin bukan manusia terkuat di seri Dragon Ball, tapi dia juga bukanlah yang terlemah. Dia juga bukan seorang manusia super yang terlemah, hanya saja Yamcha sering kali dijadikan bahan lelucon oleh para fans lainnya yang berpengaruh terhadap citranya.

Yamcha memang pernah dikalahkan oleh berbagai villain tapi tidak lebih banyak dibandingkan beberapa karakter lainnya, tapi setelah dikalahkan oleh berbagai musuh nyatanya dia masih bertahan lebih lama dibandingkan manusia lainnya. Perihal kematiannya, jangan lupa alasan bahwa Saibaman menghancurkan dirinya adalah karena Yamcha berhasil mengungguli dalam pertarungan yang adil.

Tien

Meskipun Yamcha sebenarnya tidak selemah yang sering dibicarakan orang lain, pada kenyataannya dia tidak dipilih untuk bisa ikut dalam turnamen bela diri. Berbeda halnya dengan Tien. Meskipun memiliki tiga mata yang membuat statusnya sebagai manusia dipertanyakan, namun Tien tetap dianggap sebagai manusia oleh sebagian para fans.

Tien merupakan salah satu manusia yang memiliki kemampuan untuk terbang selain Videl. Selain itu, dia juga merupakan seorang petarung yang tangguh dengan kemampuan mengendalikan Ki yang hebat dan juga memiliki banyak power dalam dirinya. Dengan serangan seperti Tri-Beam dan juga kemampuan untuk menduplikasi diri, tidak sulit untuk memahami mengapa Goku memilihnya untuk masuk dalam timnya.

Krillin

Ada sebuah teori yang cukup populer di kalangan penggemar Dragon Ball yang menyebutkan jika Krillin merupakan manusia paling kuat dalam franchise ini. Pada kenyataannya Krillin memang seorang manusia terkuat di bumi. Terlepas dari Krillin yang pernah diceritakan tewas beberapa kali dalam serinya, dia tetaplah seorang petarung yang akan melakukan apapun demi menghentikan musuhnya.

Beberapa villain kuat pernah dia hadapi seperti Frieza dan Cell. Krillin juga merupakan pencipta dari Destruction Disc, sebuah serangan Ki yan gsangat kuat dan efektif yang bisa digunakan oleh mereka yang baik maupun yang jahat, termasuk Andorid 18, Cell, dan Goku sendiri. Krillin juga menjadi orang yang bisa membantu mengamankan kemenangan Universe 7 dalam pertandingan kekuatan.

Android 18

Jika Krillin merupakan manusia terkuat di bumi, mengapa ada sosok yang lebih hebat darinya? Dalam daftar ini, adnorid atau juga manusia buatan yang dianggap sebagai manusia. Terlepas dari kata “android, “ mereka berbentuk mirip seperti manusia. Android 17, 18, dan 20 adalah manusia yang kemudian berubah menjadi seorang cyborg atau robot, yang artinya mereka tetap dianggap manusia.

Android 18 dan adiknya, merupakan android paling kuat dalam seri Dragon Ball, melebihi Dr.Gero dan juga Android 19. Sama seperti suaminya, Android 18 juga merupakan sosok yang membantu kemenangan Universe 7 dalam turnamen kekuatan yang memperlihatkan bagaimana kuatnya dan tangguhnya dia.

Andorid 17

Lalu, siapa manusia yang paling kuat di seri Dragon Ball? Dia adalah Android 17, yang disebut-sebut merupakan android kembar yang sangat dahsyat. Disebutkan jika Android 18 sengaja dibuat sedikit lebih lemah agar membuatnya patuh, meskipun hal tersebut terbukti gagal. Hal itu membuat saudaranya menjadi lebih kuat.

Karena mereka pada dasarnya masih manusia, Android 17 dan Android 18 mampu melatih diri mereka sendiri untuk menjadi lebih kuat, dan semenjak Android 17 melindungi hewan dari para pemburu, Android 18 bisa menikmati dirinya menjadi Android yang terkuat. Tapi, tetap dia tidak bisa mengalahkan saudaranya ini.

1
2
3
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.