Siapa Yang Lebih Kuat

Satu hal yang perlu diingat bahwa setiap Fusion yang dilakukan Goku dan Vegeta ini memiliki batasan waktu, yaitu 1 jam untuk Vegito dan 30 menit untuk Gogeta. Meskipun secara sekilas Vegito lebih unggul dari Gogeta, Fusion ini memakan banyak sekali energi. Contohnya adalah ketika melawan Zamasu, meskipun berhasil melakukan sebuah pukulan dahsyat namun mereka langsung terpisah kembali karena energi yang besar.

Seri GT juga memperlihatkan konsep konsumsi energi yang sama dengan Gogeta, dimana Goku tidak mampu melakukan form Super Saiyan 4 karena konsumsi energi yang tinggi akibat melakukan Fusion dengan Vegeta. Namun, karena untuk Fusion Metamorian ini muncul di seri yang bukan canon masih belum diketahui apakah hal tersebut resmi.

Untuk masalah kekuatan, meskipun Vegito bisa membuat keduanya bertarung dengan seorang dewa, nyatanya pertarungan Gogeta dengan Broly benar-benar luar biasa dahsyat bahkan sampai-sampai gelombang kejut dari pertarungan mereka terasa di dimensi lainnya. Dalam film Dragon Ball Z: Wrath of the Dragon menunjukan bahwa sebuah pukulan yang dahsyat bisa memisahkan sebuah Fusion awal, tapi karena sebagian besar mengadaptasi efek-efek yang ada di komiknya, masih belum diketahui apakah hal tersebut juga berlaku untuk Gogeta.

Dalam manganya juga disebutkan bahwa jika anting Potara tersebut hancur, maka hal itu bisa menghancurkan Fusion lebih awal atau lebih cepat, seperti yang diperlihatkan saat kekalahan Kefla dalam Tournament of Power di seri Dragon Ball Super. Tapi hal ini tidak diperlihatkan di animenya. Berdasarkan hal yang sudah dijelaskan tadi, bisa dibilang Gogeta lebih unggul dari Vegito apalagi dengan keunggulan kekuatan yang tidak ada batasnya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.