Hampir semua Geeks mungkin sudah mengenal salah satu jurus yang sering muncul dalam cerita di franchise Dragon Ball, yaitu Fusion. Jurus Fusion tersebut pertama kali diperkenalkan di seri Dragon Ball Z. Fusion sendiri merupakan jurus dimana dua orang petarung bisa menyatukan dirinya dan menjadi sosok atau karakter yang baru dengan kekuatan dan kemampuan yang sangat luar biasa.

Konsep ini kemudian kembali digunakan dalam seri terbaru dari Dragon Ball Super dan film animasinya, Broly. Di seluruh serinya, dua karakter utamanya, Goku dan Vegeta, sudah menggunakan dua teknik Fusion yang berbeda untuk menciptakan karakter Fusion yang berbeda, tergantung musuh yang dihadapi yaitu Gogeta dan Vegito. Siapa Mereka? Mana yang lebih kuat?

Siapa Vegito

Vegito merupakan perpaduan dari karakter Goku dan Vegeta dengan menggunakan anting Potara. Ketika melakukan Fusion dengan secepat kilat keduanya akan menyatu dan menjadi sosok baru yaitu Vegito. Meskipun Fusion bisa dilakukan selama apapun yang dia mau untuk para kaum Kai, buat mereka yang tidak abadi Fusion hanya bisa dilakukan selama beberapa waktu alias terbatas.

Dengan memiliki memori dari Vegeta dan Goku, Vegito memiliki sikap yang lebih angkuh dan sombong dari Goku, dan kepribadiannya sendiri lebih dekat kepada Vegeta. Kekuatan Fusion mereka berdua terbukti sangat dahsyat dengan mampu mengalahkan Majin Buu, bahkan ketika Buu sudah menyerap kekuatan dari Gohan, Piccolo, Trunks, dan Goten. Fusion ini juga terbukti lebih kuat dari Fusion Zamasu, sayangnya karena pertarungan yang sengit akhirnya energi keduanya terkuras dan mereka berdua kembali ke bentuk asal.

Siapa Gogeta?

Gogeta juga merupakan Fusion yang dibentuk oleh Goku dna Vegeta dengan melakukan gerakan tarian Fusuion Metamorian. Setelah menyeimbangkan kekuatan keduanya, mereka kemudian akhirnya mernyatu. Selain dalam film animasi Dragon Ball Super: Broly, seluruh kemunculan dari Gogeta ini berada di beberapa seri yang bukan canon dari Dragon Ball, seperti Dragon Ball Z: Fusion Reborn dan Dragon Ball GT.

Meskipun masih memiliki sifat angkuh dari Vegeta, Gogeta lebih berpikir strategis, seorang petarung yang praktikal, khususnya di dua film animasinya. Dalam Fusion Reborn, Gogeta hanya muncul dalam sebuah scene saja, dimana mereka melakukan sebuah pukulan yang sangat dahsyat dan membuat seorang monster bernama Janemba hancur.

Dalam seri GT, Gogeta bisa dengan mudah menghancurkan Shadow Dragon, Omega Shenron. Dalam film Broly, Gogeta bertarung melawan Super Saiyan Legendaris sebelum akhirnya mengalahkannya dengan form Super Saiyan Blue.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2