Pengkhianatan merupakan hal yang tidak bisa diterima oleh siapapun. Pengkhianatan juga merupakan hal yang mampu memunculkan kehancuran, khususnya dalamcerita superhero. Sudah sejak lama tim para pahlawan super terkuat bumi milik Marvel, Avengers, harus merasakan pengalaman pahit dikhianati oleh anggotanya. Bahkan mereka merupakan bagian dari tim yang membentuk Avengers. Siapa saja karakter yang pernah mengkhianati Avengers?

Iron Man

Sulit dibayangkan jika Iron Man merupakan seorang penghianat di tubuh Avengers. Citra Iron Man sudah terpatri kuat jika dia merupakan salah satu sosok pahlawan terhebat. Tony selalu digambarkan sebagai seorang yang keras kepala, sedikit sombong, dan juga cerdas. Tapi, jika Tony Stark adalah seorang penjahat dan pengkhianat? Hal ini terjadi dalam cerita The Crossing, karya Bob Harras dan Terry Kavanaugh.

Cerita The Crossing mengungkapkan Tony Stark sudah bertahun-tahun bekerja sama secara rahasia dengan Kang the Conqueror, setelah Tony membunuh Yellowjacket II dan membunuh pengasuh dari Luna Maximoff, Marilla. Meskipun di komik tersebut Tony dianggap sebagai seorang penghianat, dalam komik Avengers Forever dan Heroes Reborn Marvel menghadirkan cerita kepahlawanan Tony yang sedikit banyaknya mengurangi citra penghianat yang sudah dia buat.

Ultimate Black Widow

Komik The Ultimate karya Mark Millar dan Bryan Hitch menghadirkan para pembacanya sebuah kelompok pahlawan Avengers, dengan sentuhan baru dan juga modern yang bersetting di Ultimate Universe dan bukan Marvel Universe. Cerita dari komik The Ultimate ini sebenarnya sebagiannya merupakan insipirasi untuk film The Avengers yang tayang pada 2012 lalu.

Untungnya film tersebut tidak memilih beberapa momen spesifik yang memperlihatkan salah satu karakter jahat di komiknya, salah satunya adalah Black Widow. Dalam The Ultimates 2, diceritakan jika Black Widow menjalin hubungan kerja sama dengan the Liberators untuk menghancurkan Amerika. Mereka menjebak Captain America dan Thor, juga menculik dan menyiksa tunangannya, Tony Stark. Pengkhianatan Black Widow ini juga berakibat pada Hawkeye, dimana mereka semua terbunuh olehnya.

Sentry

Karakter Sentry alias Robert Reynold pertama kali diperkenalkan dalam komik mini seri The Sentry, yang ditulis oleh Paul Jenkins dan Jae Lee. Kemudian Sentry bergabung dalam cerita New Avengers karya Michael Bendis dan juga berbagai cerita karya Bendis lainnya. Meskipun Sentry baru diperkenalkan pada tahun 2000an, Sentry sendiri sudah sejak lama muncul dalam cerita Marvel dan ingatan orang-orang tentang Sentry di bumi kemudian dihapuskan.

Sama seperti yang diceritakan dalam The Sentry, Sentry juga memiliki masalah ketika dia bergabung dengan Avengers. Hal itu dikarenakan kondisi mental Sentry yang tidak stabil. Hal ini dimanfaatkan oleh Norman Osborn untuk mengendalikan Sentry dan mengambil alih Avengers. Akibatnya, Sentry menjadi hilang kendali dan kepribadian jahatnya, Void, akhirnya mengambil alih Sentry dan membuat Asgard hancur, Loki terbunuh, dan tewasnya Ares.

Hank Pym

Doctor Hank Pym merupakan salah satu pendiri Avengers dengan identitasnya sebagai Ant-Man. Ada juga berbagai nama lainnya yang digunakan oleh Hank Pym, yaitu Giant-Man, Goliath, Yellowjacket, dan sebagainya. Dengan berbagai nama julukan tersebut membuktikan jika Hank Pym memiliki masalah mental selama bertahun-tahun. Hal ini membuat Avengers selalu waspada terhadap gerakan Hank Pym.

Berharap untuk bisa membuat posisinya semakin dihormati, Pym kemudian menciptakan kecerdasan buatan yang diberi nama Ultron. Tujuannya adalah untuk menyerang Avengers sehingga Pym bisa menjadi pahlawan. Tapi, Ultron kemudian melawan, berevolusi, dan menjadi musuh yang mematikan bagi Avengers. Dalam Avengers: Rage of Ultron, konsekuensi yang dihadapi Pym adalah dirinya menjadi terikat dengan Ultron dan membenci manusia.

Doctor Druid

Bisa dibilang Doctor Druid merupakan salah satu anggota Avengers yang berbahaya menurut para fans. Pada awal pembuatan karakter ini Doctor Duid, Stan Lee awalnya akan memberi nama karakternya Doctor Droom. Tapi, kemudian Marvel memperkenalkan kembali karakter ini sebagai salah satu murid yang dilatih oleh the Ancient One untuk menggantikan Doctor Strange, jika diperlikan.

Saat masih bergabung bersama Avengers Doctor Druid pernah berkhianat kepada tim tersebut. Akibat manipulasi yang dilakukan oleh seorang perempuan bernama Ravonna/Terminatrix, ahli sihir dan telepati ini menggunakan kekuatannya untuk mengendalikan mental para Avengers. Dia memerintahkan She-Hulk untuk menyerang Avengers lainnya, yang membuat She-Hulk keluar dari Avengers. Setelah Druid berhasil dikalahkan, Avengers pun dibubarkan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2