Moondragon

Nama Moondragon mungkin merupakan salah anggota Avengers yang kurang begitu dikenal secara luas. Tapi, Moondragon memiliki cerita origin yang menarik. Bernama asli Heather Douglas, Moondragon merupakan anak dari Arthur Douglas yang kemudian berubah menjadi Drax the Destroyer. Heather diculik dan dibawa ke planet Titan, untuk dilatih sebagai seorang ahli dalam hal pertarungan dan juga ahli dalam bidang telepati yang dikenal sebagai Moondragon.

Moondragon pernah bergabung bersama Avengers dan menghadapi berbagai ancaman kosmik seperti serangan dari Thanos dan Korvac. Dia kemudian menemukan sebuah planet yang hancur akibat peperangan dan dengan kekuatannya, dia memaksa para penghuni di planet tersebut untuk berdamai. Mengetahui hal tersebut, Avengers berusaha untuk mencegah apa yang dilakukan oleh Moondragon. Dia pun memanipulasi Thor untuk mencintai Moondragon dan memaksa Thor untuk menyerang Avengers, sampai akhirnya dia berhasil dikalahkan.

Quicksilver

Pietro Maximoff memulai “karir” menjadi Quicksilver dengan bergabung bersama Brotherhood of Evil Mutants, kelompok mutan “radikal” yang didirikan oleh Magneto. Pietro bergabung bersama kakaknya, Wanda Maximoff. Tapi, setelah itu Wanda dan Pietro kemudian bergabung dengan anggota terbaru Avengers lainnya seperti Hawkeye di bawah kepemimpinan Captain America.

Quicksilver sendiri tidak selalu menjadi bagian dari Avengers, karena dia harus membagi waktu dengan kelompok lainnya yaitu X-Factor dan Inhumans. Pietro berhasil mengkhianati ketiga kelompok yang dia ikuti tersebut. Pietro berkonspirasi dengan kakaknya untuk menghancurkan Avengers dalam House of M, dia pergi meninggalkan X-Factor, dan mencuri Terrigen Mists milik Inhumans untuk memperkuat dirinya dan populasi mutan lainnya.

Hulk

Kali ini sebenarnya berbeda dengan karakter yang sudah disebutkan sebelumnya, dimana merekalah yang menghianati Avengers. Dalam cerita Planet Hulk, justru Avengers (khususnya Tony Stark dan Illuminati) yang berkhianat kepada Hulk. Dalam komik tersebut diceritakan jika para Avengers dan Illuminati berusaha untuk menyingkirkan sejauh mungkin ancaman terbesar bumi, yaitu Hulk.

Seperti yang kita ketahui, Hulk merupakan bagian dari tim Avengers. Tapi, apa yang dia lakukan sering kali membuat Avengers harus waspada. Setelah kemarahan yang terakhirnya, akhirnya Iron Man dan Illuminati memutuskan untuk menembak Hulk keluar dari bumi. Namun, Hulk diceritakan mampu kembali ke bumi dan membalas dendam kepada Iron Man dan Avengers.

Scarlet Witch

Kita sebelumnya sudah membahas bagaimana adik dari Wanda Maximoff, yaitu Pietro Maximoff, berkhianat kepada Avengers dan berbagai kelompok lainnya. Hal ini juga pernah terjadi kepada kakaknya, Wanda. Akibat kekuatan sihir yang dia miliki, kekuatan mental dan kekuatan mutan yang dia miliki sering tidak stabil. Hal inilah yang membuat Wanda sering menjadi pengkhianat baik bagi kaum mutan ataupun Avengers.

Setelah Wanda kehilangan anak kembarnya, dia benar-benar berubah menjadi tidak terkendali. Wanda kemudian mulai menghancurkan Avengers, mengendalikan She-Hulk dan membuat Vision tewas, dan juga menghancurkan pesawat perang Kree yang sekaligus membunuh Hawkeye. Dalam cerita House of M, bahkan Wanda pernah hampir menghapus atau memusnahkan seluruh kaum mutan yang ada di dunia ini sebelum dihentikan oleh Avengers.

Captain America

Selain Tony, Captain America juga pernah melakukan pengkhianatan terhadap tim yang dia pimpin. Dalam cerita Secret Empire, diceritakan jika Steve Rogers atau Captain America merupakan salah satu agen rahasia Hydra sejak lama. Tapi, tentu saja itu bukanlah Steve Rogers ataupun Captain America yang asli. Karena, Steve Rogers tersebut merupakan “buatan” dari Red Skull.

Berkat kekuatan dari Cosmic Cube yang bernama Kobik, Red Skull menciptakan sebuah realita dimana Steve Rogers merupakan orang yang sudah lama dilatih dan menjadi bagian dari HYDRA. Captain America versi jahat ini berhasil mengalahkan Avengers mengambil alih dunia. Namun, sebelum Hydra benar-benar menguasai dunia Steve Rogers asli pun muncul dan menghentikan Steve Rogers jahat tersebut.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.