Marvel menyimpan banyak berbagai karakter superhero yang unik. Apalagi, di dalamnya, terdapat beragam dunia alternatif yang hampir tidak terbatas. Tak heran kalau satu superhero memiliki banyak versi untuk masing-masing dunianya, termasuk di antaranya adalah Black Panther.

Black Panther Earth-616 adalah versi Black Panther yang baru saja difilmkan oleh Marvel. Penampilannya tak jauh berbeda dibandingkan macan kumbang, dengan kostum hitam, serta kekuatan dan kelincahan yang sebanding. Namun, lain halnya dengan Black Panther dari bumi lainnya. Meski memiliki nama yang serupa, tapi kekuatan serta penampilan Black Panther dari dari alternate world jauh berbeda. Nah, kali ini, kita akan membahas berbagai versi Black Panther yang ada di Marvel Universe. Penasaran seperti apa? Cek selengkapnya dibawah ini ya Geeks!


Ghost Panther



Ketika tubuh dan energi dari seorang Storm berpisah, maka lahirlah Ghost Panther. Itulah yang terjadi di Earth-161. Kostum yang digunakan Ghost Panther merupakan buatan dari Tony Stark yang sengaja didesain mirip dengan Black Panther.

Selanjutnya, bersama dengan X-Man, Morlocks, serta Arcangel, Ghost Panther bertarung melawan Evil Storm dan pasukan jahatnya di Wakanda. Setelah pertarungan tersebut, Ghost Panther menjadi penguasa Wakanda dan mempertahankan hubungan baiknya dengan X-Men dan Avengers.


Coal Tiger



Satu hal menarik dari karakter ini, Coal Tiger sejatinya adalah karakter asli dari Black Panther. Namun, seiring dengan perjalanannya, Marvel mengubahnya menjadi Black Panther seperti yang sekarang. Versi pertama dari Coal Tiger bisa dijumpai dari Earth-355 yang merupakan versi alternatif dari T’Challa. T’Challa dari dunia ini terkena infeksi bahan kimia berbahaya dan satu-satunya penyelamatan adalah dengan membunuh T’Challa dari dunia lain. Namun, hal itu tak dilakukannya dan berimbas pada kematian.


“Happy Pants” Black Panther



“Happy Pants” Black Panther muncul dalam komik Black Panther Vol 3 #35 dan #48. Versi Black Panther yang satu ini merupakan karakter dari masa depan. Satu hal yang membuat “Happy Pants” Black Panther berbeda dengan Black Panther adalah kepribadiannya yang lebih ceria.


A-Baby Panther



Bukan secara literaly ‘bayi’ sih, namun ini adalah versi chibi dari para karakter Marvel. Termasuk A-Baby Panther yang merupakan bagian dari cerita komik A-Babies vs X-Babies. Cerita ini cukup menggelitik, karena terjadi pertempuran antara anggota Avengers melawan X-Men setelah Cyclops mencuri boneka teddy bear milik Captain America yang bernama Bucky Bear.


Bronze Panther



Bronze Panther berasal dari Amalgam Universe, yang menjadi dunia hibrida antara karakter DC dan Marvel. Beberapa superhero di sini antara lain adalah Super Soldier (Superman dan Captain America) serta Dark Claw (Wolverine dan Batman).

BACA JUGA: Marvel Ubah Doctor Strange Jadi Galactus?

Nah, terlepas dari superhero yang menonjol itu, ada pula Bronze Panther. Hanya saja, sosok yang satu ini tak begitu sentral bahkan hanya muncul beberapa kali dalam cerita komik. Namun, dia tetap menjadi Raja Wakanda seperti halnya Black Panther di Marvel Universe.


Spider-Virus Panther



Earth-19919 memberi sosok Black Panther yang unik. Dalam cerita komik Spider-Island, Spider Queen diperlihatkan punya kemampuan untuk mengubah siapapun menjadi manusia laba-laba cukup dengan ciuman. Setelah berhasil mengubah Peter Parker menjadi laba-laba raksasa, langkah serupa dilakukan oleh Queen Spider kepada T’Challa dan membuatnya menjadi humanoid spider.


Earth X Black Panther



Sekilas, penampilan Earth X Black Panther hampir sama denan Black Panther Earth-616. Hanya saja, terjadi perubahan fisik karena adanya mutasi yang menyebabkannya memiliki penampilan seperti manusia panther, bukan manusia berkostum Black Panther. Semua itu berkat kekuatan dari tanaman berbentuk hati yang ditanam oleh Celestial di Wakanda ribuan tahun sebelumnya.


Mangaverse Black Panther



Agak aneh dengan Black Panther versi yang satu ini. Alih-alih menggunakan kostum dari bahan vibranium, T’Challa pada universe ini merupakan sosok were-panther, agak mirip gitu dengan werewolf. Jadi, dia bisa berubah menjadi manusia kumbang. Tak hanya itu, dia juga bisa mengubah penampilannya menjadi elang. Keren kan Geeks?

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here