Hubungan antara Unbreakable Dan Split


Bagaimana para penonton tahu kalau Split merupakan cerita lanjutan dari Unbreakable? Dalam salah satu adegan di film Split, ada banyak para pengunjung kedai yang sedang menonton laporan berita. Berita tersebut sedang melaporkan tentang The Horde, salah satu kepribadian jahat Kevin. Salah seorang pengunjung kemudian berbicara bahwa hal tersebut sudah mengingatkannya pada seseorang dari 15 tahun lalu (mengingat film tersebut dirilis pada 2016) dan juga memiliki nama yang “lucu.”

Saat wanita tersebut mencoba untuk mengingat nama pria tersebut, seorang pria lainnya kemudian menjawab bahwa orang yang sedang dia bicarakan adalah Mr. Glass. Tanpa di duga, ternyata pria tersebut adalah Dunn yang sudah duduk selama mereka berdiskusi tentang Mr. Glass. Berdasarkan adegan akhir dari film Split kita bisa tarik kesimpulan. Pertama adalah film Split bukanlah sekedar film penculikan biasa. Tanpa disadari, film tersebut sebenarnya menjadi sebuah film origin tentang seorang supervillain.

Film tersebut juga menjadi sebuah konfirmasi bahwa Unbreakable dan Split memiliki hubungan dan juga mensugestikan bahwa setelah Split akan ada film sekuel berikutnya, yang ternyata benar yaitu Glass.


Glass Menjadi Film Sekuel Bagi Kedua Film Sebelumnya


Shymalan sudah pernah berbicara tentang film sekuel untuk Unbreakable selama bertahun-tahun sebelumnya. Salah satunya adalah saat dia memberikan “petunjuk” tentang kemunculan film Split pada 2015 saat dirinya diwawancarai oleh Screen Rant. Dia mengatakan bahwa ide untuk membuat sekuel hanyalah ide untuk mengeruk keuntungan saja merupakan hal yang tidak benar dan benar-benar membuatnya tidak nyaman.

Saat ini, ada sesuatu yang bergolak di dalam diriku dari sebuah pendekatan yang mungkin menjadi sesuatu hal yang menyenangkan bagiku. Itu yang hanya bisa aku katakan. Sesuatu sedang terjadi. Aku bisa merasakannya. Sesuatu sedang terjadi. Pastinya akan sangat berbeda dibandingkan Unbreakable.. Pihak studio pasti akan terkagum-kagum dengan hal ini karena film tersebut tidak terasa seperti sebuah sekuel atau apapun. Ini merupakan sebuah film baru secara keseluruhan. Film ini akan menjadi film yang luar biasa.

BACA JUGA: Deretan Film Superhero Yang Rilis Tahun 2019!

Pendekatan berbeda yang disebutkan oleh Shymalan tersebut merujuk kepada film Split yang jika dilihat merupakan sebuah rute, yang memang sepertinya dia pilih sebagai hal yang “berbeda.” Dalam sebuah wawancara dengan The Hollywood Reporter, Shymalan mengatakan bahwa koneksi atau hubungan film Unbreakable di film Split begitu senyap dan tidak begitu nampak. Bahkan hal tersebut juga tidak muncul dalam test screening. Shymalan juga mengatakan bahwa karakter yang diperankan oleh McAvoy tersebut dulunya merupakan karakter yang ada di dalam skrip asli Unbreakable.

Aku menghilangkannya karena hal tersebut dirasa tidak seimbang. Tapi beberapa adegan yang ada di dalam film ini (Split), aku tulis 15 tahun lalu. Mereka masih asli.

Shymalan juga mengatakan bahwa dirinya berharap untuk membuat satu buah film lagi yang biasa mengkombinasikan antara Split dan Unbreakable. Dan dibuatlah film Glass yang akan tayang pada Januari ini. Shymalan pernah berbicara kepada USA Today bahwa pada 2016 lalu dirinya sudah menulis 10 halaman untuk film Glass.


Para Karakter


Elijah Price

Elijah Price alias Mr. Glass merupakan antagonis utama dalam film Unbreakable. Elijah merupakan mentor dari David Dunn juga sekaligus sebagai musuh abadi Dunn. Elijah memiliki kemampuan dalam merencanakan berbagai macam serangan ataupun tindak kejahatan. Dia adalah orang dibalik berbagai serangan dan juga kecelakaan besar kereta yang melibatkan Dunn. Tujuannya adalah untuk mencari orang-orang yang memiliki kekuatan super.

Selain ahli dalam merencanakan serangan, dia juga ahli dalam bidang sabotase dan berbagai alat peledak. Dia juga memiliki pengetahuan yang mendalam tentang buku komik. Selain menjadi seorang supervillain, Elijah merupakan pendiri dan bos dari toko “Limited Edition.” Saat masih kecil ibunya membelikan Elijah banyak sekali buku komik karena, dirinya tidak mau keluar dari rumah akibat perundungan dan juga karena ia memiliki sakit yang parah. Sejak saat itulah dia mulai terobsesi dengan buku komik dan superhuman.

David Dunn

Dunn lahir di Philladelphia pada tahun 1960. Tidak banyak yang diketahui tentang masa lalu seorang David Dunn selain dia pernah hampir mati akibat tenggelam saat masih sekolah dasar. Saat dia menjadi seorang mahasiswa di universitas Philadelphia, dia menjadi seorang atlet dan juga seorang bintang dalam olahraga football. Tapi, semua masa depan cerahnya hancur setelah dia terlibat sebuah kecelakaan parah yang melibatkan dirinya dan calon istrinya, Audrey.

Setelah kecelakaan kereta, Elijah kemudian mencoba untuk “merekrut” Dunn. Setelah berhasil meyakinkan Dunn, Elijah pun bersalaman dengan Dunn dan menjelaskan dirinya adalah villain dalam cerita Dunn. Dia juga mengungkapkan bahwa dia adalah orang yang merencanakan semua kejahatan, termasuk kecelakaan kereta yang melibatkan Dunn. Dia kemudian memperkenalkan diri sebagai Mr. Glass.

Dunn sendiri memiliki kekuatan yang hebat. Tapi, kekuatan tersebut lebih kepada kekuatan tentang alam bawah sadar. Selama dia mengalihkan pikirannya dari rasa sakit, dia mampu menahan semua luka dan dia tahan terhadap luka fisik. Masih belum diketahui batas dari kekuatannya ini. Dunn juga memiliki kemampuan untuk merasakan sesuatu yang berbahaya.

Kevin Wendell Crumb
Kevin Wendell Crumb adalah seorang pria yang memiliki gangguan psikologis. Dia mengidap penyakit Dissociative Disorder, atau kepribadian ganda yang membuatnya memiliki lebih dari satu kepribadian. Di dalam tubuh Kevin sendiri ada 24 kepribadian yang belum semuanya ditampilkan dalam franchise ini. Ayahnya Kevin tewas dibunuh dalam sebuah kecelakaan kereta ketika Kevin masih kecil. Dia kemudian tinggal bersama ibunya yang senang menyiksa Kevin.

Kevin memiliki kelemahan yaitu saat dia dipanggil dengan nama aslinya, Kevin Wendell Crumb. Selain itu dia juga lemah terhadap cahaya yang sangat kuat yang berasal dari lampu LED yang dibuat oleh Dr. Fletcher untuk mengendalikan salahs satu kepribadiannya. Kevin sendiri memiliki kemampuan psikologis dari masing-masing karakter yang ada dalam dirinya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.