Minggu ini, film Glass arahan M. Night Shyamalan tayang. Film ini akan menjadi akhir dari trilogi yang dimulai dari Unbreakable (2000) dan dilanjutkan dengan Split (2016). Glass menjadi salah satu film paling ditunggu di tahun 2019. Tak heran, sebelumnya banyak yang tak menduga kalau Shyamalan akan membuat sebuah trilogi.

Untuk itu, sebelum menonton Glass ada baiknya kita kembali melihat apa saja yang terjadi dalam dua film sebelumnya. Banyak misteri yang masih belum terpecahkan, banyak hal-hal menarik yang rasanya menggelitik untuk dibahas. Berikut sepuluh poin penting dari Unbreakable dan Split:

  1. Bagaimana David Dunn Mendapatkan Power-nya

Di film Unbreakable, David Dunn (diperankan Bruce Willis) adalah seorang penjaga keamanan di Philadelphia, yang memiliki permasalahan di rumahnya. Pernikahannya berada di ujung tanduk dan berdampak pada putranya, Joseph. Kemudian, suatu hari David berada di dalam kereta (pulang dari wawancara kerja). Kereta tersebut mengalami kecelakaan  dan hanya David seorang yang selamat dari insiden itu.

Tak berapa lama David bertemu seorang pria, Elijah Price. Elijah memberitahu David kalau dia memiliki kekuatan dan dibuktikan dengan fakta bahwa David tidak pernah mengalami cedera serius selama hidupnya. David kemudian mulai membuktikan ‘kebenaran’ tersebut.

  1. Siapa Mr. Glass?

Seorang pria yang dikenal dengan sebutan Mr. Glass di film terbaru nanti adalah Elijah Price (diperankan oleh Samuel L. Jackson). Dia menganggap dirinya sebagai penjahat super di dunia Unbreakable. Elijah menderita Osteogenesis imperfecta (Type 1) sejak lahir. Artinya kolagen yang diproduksi tubuhnya tidak cukup untuk melindunginya dari cedera.

Tulangnya sangat rapuh dan mudah patah. Elijah menghabiskan hampir seluruh hidupnya karena cedera ataupun karena pemulihan dari cedera serius tersebut. Ketika dihubungkan dengan kehidupannya, Elijah percaya jika dia sendiri bisa sangat rapuh dan mudah ‘hancur’, sangat mungkin bahwa ada seseorang di luar sana yang berkebalikan kondisi dengannya, seseorang seperti David Dunn.

  1. Apa saja kekuatan David?

Seperti yang sudah diketahui, David Dunn selamat dari kecelakaan kereta tanpa terluka sedikitpun. Ditambah fakta (oleh Elijah) kalau dia tidak pernah mengalami cedera serius selama hidupnya. Faktanya, David adalah antitesis dari kondisi Elijah. Sepanjang film Unbreakable, David menguji tubuhnya.  Dia bahkan bisa mengangkat beban seberat 350 pounds (jauh dibanding yang bisa diangkatnya sebelum kecelakaan).

Namun, power David yang paling penting adalah extrasensory perception. Ketika dia menyentuh seseorang, dia bisa melihat sesuatu yang pernah dilakukan di masa lalu, termasuk tindakan kriminal. Dia menggunakan power tersebut untuk menghentikan psikopat dan menyelamatkan banyak nyawa. David kemudian menjadi sesosok superhero (walau sebentar).

  1. Apa plot Unbreakable sebenarnya?

Plot dasar Unbreakabale mirip seperti superhero origin story kebanyakan. Tapi tidak seperti cerita pahlawan seperti, Spider-Man atau Captain America. Cerita film ini hanya David Dunn (seseorang yang biasa) yang mengetahui kalau dia memiliki kekuatan dan berusaha mencari cara bagaimana itu bisa berdampak pada kehidupannya.

BACA JUGA: Spider-Man Ungkap Nasib Tony Stark di Avengers: Endgame?

Anaknya, Joseph sangat bersemangat ketika mengetahui ayahnya memiliki power yang luar biasa, tapi David tidak ingin menggunakannya. Sampai David mendapat visi bahwa istri dan anak-anak dalam bahaya, dia pergi menyelamatkan mereka dan menghabisi nyawa sang penjahat.

  1. Twist Unbreakable

Film ini hanya memiliki plot perjalanan menemukan jati diri seorang David Dunn, tapi  M. Night Shyamalan menyisipkan twist yang mengejutkan di ending Unbreakable. Elijah ternyata adalah dalang dibalik beberapa kecelakaan besar yang pernah terjadi, yang menghilangkan nyawa ratusan orang. Dia mencari seseorang yang selamat dari peristiwa-peristiwa mengerikan itu hanya untuk menemukan antitesisnya dan akhirnya membuat psikopat yang terobsesi komik ini menjadi the real villain.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here