Sebelum industri superhero seperti sekarang, di mana Marvel dan DC memonopoli hampir seluruh pasar di seluruh dunia, ada masanya para penggemar justru disuguhkan pada tontonan menarik di luar kedua media raksasa tersebut. Pada kenyataannya memang ada sejumlah film superhero dari studio lain yang juga memiliki potensi luar biasa, tetapi sering kali terlupakan dan bahkan tidak sampai kepada para penggemar secara luas. Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas lima film superhero non Marvel & DC paling underrated yang layak mendapatkan lebih banyak perhatian dari kalian, Geeks!

The Crow (1994)

Digarap oleh sutradara Alex Proyas, cerita film The Crow berfokus pada karakter Eric Draven (Brandon Lee) yang dibangkitkan kembali untuk membalas kematiannya dengan bantuan entitas pembalas dendam bernama Crow. Di Amerika sendiri film superhero gothic ini pernah viral karena pemeran utamanya tidak sengaja tertembak hingga tewas di lokasi syuting. Terlepas dari kasusnya, film ini memang berhasil mendulang banyak pujian dan sukses secara finansial, yang pada akhirnya membuka jalan untuk tiga sekuel serta satu series. Walaupun begitu, saat ini The Crow bisa dibilang adalah film superhero underrated yang mungkin tidak diketahui oleh banyak penggemar muda di seluruh dunia.

Unbreakable (2000)

film superhero underrated

Unbreakable adalah film superhero paling underrated selanjutnya yang sampai sekarang masih tidak banyak diketahui oleh para penggemar DC dan Marvel di luar Amerika. Film dari sutradara M. Night Shyamalan ini bercerita tentang seorang pria bernama David Dunn (Bruce Willis) yang tanpa dia sadari ternyata mempunya kekuatan fisik yang sangat luar biasa. Di mana dia harus berhadapan dengan seorang penggemar komik radikal bernama Elijah Price (Samuel L. Jackson) yang punya penyakit tulang rapuh. Konsep yang unik ini bahkan dilanjutkan dengan sebuah spinoff berjudul Split (2016) dan crossover berjudul Glass (2019) yang menutup kisah semua karakternya.

Hancock (2008)

film superhero underrated

Saat Hancock pertama kali tayang di bioskop, pada saat itu banyak penggemar di luar Amerika yang tidak tahu bahwa genre filmnya adalah superhero. Faktanya film underrated yang dibintangi oleh Will Smith dan Charlize Theron ini bercerita tentang superhero yang memiliki kekuatan layaknya Superman dari DC. Di mana Hancock dikenal sebagai sosok yang memiliki kekuatan fisik, refleks, dan stamina super, tubuh kebal dan abadi, mampu menyembuhkan lukanya sendiri, serta dapat terbang dengan kecepatan supersonik. Terlepas dari elemen dewasa yang ada di dalamnya, Hancock dari sutradara Peter Berg berhasil menghadirkan elemen drama romansa dan persahabatan yang cukup kuat.

Jumper (2008)

film superhero underrated

Rilis pada tahun yang sama dengan Hancock, film Jumper dari sutradara Doug Liman sama-sama berakhir sebagai film superhero paling underrated yang terlupakan. Diadaptasi dari buku berjudul sama karya Steven Gould, plot filmnya sendiri bercerita tentang kehidupan seorang pemuda bernama David yang mempunyai kemampuan untuk melakukan teleportasi ke mana pun dia mau. Kehidupannya yang semula tenang berubah secara drastis setelah kelompok Paladin muncul untuk memburu orang-orang yang mempunyai kekuatan super sepertinya. Meskipun mendapatkan respons yang beragam, tetapi secara keseluruhan film Jumper masih cukup menghibur.

Chronicle (2012)

film superhero underrated

Mengusung genre found footage seperti Paranormal Activity, film Chronicle dari sutradara Josh Trank menceritakan kisah tiga sahabat (Dane DeHaan, Alex Russell, dan Michael B. Jordan) yang kehidupannya perlahan-lahan berubah setelah masuk ke sebuah lubang misterius. Hasilnya mereka tiba-tiba mendapatkan kekuatan luar biasa, seperti telekinesis, kemampuan terbang, dan daya tahan tubuh super. Ujian mulai muncul saat salah satu dari mereka ingin menjadi yang terkuat. Dengan menggabungkan genre superhero dan found footage yang unik sebenarnya film underrated ini layak mendapatkan perhatian lebih, tetapi sayangnya sampai hari ini masih belum banyak penggemar yang menyadarinya.

Itulah lima film superhero non Marvel dan DC paling underrated. Dengan makin besarnya jagat sinema Marvel dan DC, mungkin film-film potensial ini sudah makin terkubur dan terlupakan. Padahal jika dilihat dari beberapa aspek, apalagi jika kita sudah bosan dengan film superhero dari media mainstream, kelima film ini bisa dibilang punya keunikan tersendiri yang membuatnya terasa lebih unggul. Di sisi lain jika kalian sudah melihat semua film superhero di daftar ini mungkin kalian layak untuk disebut sebagai penggemar film superhero sejati, karena wawasannya bukan hanya sekedar Marvel dan DC saja.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.