Seorang Tony Stark memulai karir profesionalnya sebagai seorang desainer senjata. Jadi, rasanya bukan hal aneh jika dia mampu menciptakan sebuah senjata yang mematikan sekaligus mewah. Jika kembali melihat komik dan film-film MCU, ciptaan dari Tony tersebut membantunya menjadi seorang pahlawan super di tengah-tengah para Avengers lainnya yang memang memiliki kekuatan super.

Selama bertahun-tahun juga armor dari Iron Man memiliki beberapa sistem persenjataan yang mematikan dan memiliki daya hancur yang besar di MCU. Namun, ternyata dibalik semua persenjataan yang dimiliki oleh Iron Man, hanya sebagian besar saja yang sudah diperlihatkan. Lalu, apa saja senjata Iron Man yang jarang diketahui oleh orang yang memiliki kekuatan besar?


Holographic Projectors


Tidak semua senjata bersifat menghancurkan. Beberapa senjata yang dimiliki Tony memiliki sifat untuk melindungi. Seperti Holographic Projectors, yang bisa dia gunakan sebagai pengalihan dirinya berada di sebuah medan pertempuran. Marvel sendiri belum pernah memperlihatkan senjata ini di filmnya tapi, di komiknya mereka memiliki banyak contoh bagaimana Iron Man menggunakan alat ini demi membuat musuhnya bingung, dengan membuat dirinya menjadi banyak.

Teknologi ini juga bisa menjadi sebuah pengalihan ketika ada senjata yang mengincar dirinya. Sehingga senjata tersebut menyerang bayangannya dibandingkan dirinya yang asli. Dengan menggunakan alat ini juga Tony bisa berkamuflase dengan area yang ada di sekitarnya, membuat dan menciptakan kembali lingkungan sekitarnya demi menipu drone milik musuh.


Alat Untuk Meningkatkan Kekuatan


Salah satu senjata yang paling jelas dibangun untuk armornya adalah kekuatan dari manusia super. Yang dia bangun bukanlah sebuah exoskeleton biasa yang bisa mengangkat ratusan orang, dibandingkan dengan orang biasa. Tony menciptakan sebuah exoskeleton bagi armor Iron Man miliknya yang mampu mengangkat beban sampai 100 ton. Hal tersebut membuat Iron Man masuk klasifikasi Echelon di Marvel Universe.

Namun, Tony ternyata membuat exoskeleton miliknya melebihi batas. Saat dirinya membuat Hulkbuster untuk menghentikan Hulk menghancurkan kota, berat dari Hulkbuster sendiri mencapai 170 ton.


Kendali Jarak Jauh


Sistem persenjataan Tony lainnya yang dipasang pada armor baru miliknya adalah kemampuan untuk mengendalikan dari jarak jauh. Hal ini membuat Tony mampu mengendalikan sepasukan drone miliknya darimanapun di seluruh dunia ini. Contohnya bisa kita lihat di film Spider-Man: Homecoming, dimana dia menolong Peter Parker untuk menyatukan kembali sebuah kapal ferry.

Armornya dikendalikan dengan sangat baik sehingga Peter mengira ada Tony di dalamnya. Dalam Iron Man 3, Tony mampu membawa keempat armor miliknya untuk bertarung melawan Aldrich Killian. Teknologi ini selain mampu digunakan sebagai senjata bisa juga dipakai sebagai alat pertahanan. Kemampuan ini merupakan kemampuan yang paling berguna dalam beberapa kesempatan.


M134 Minigun


Senjata ini mungkin senjata yang paling sering kita lihat, khususnya di film MCU. Pasalnya senjata ini selain dipasangkan di armor Iron Man, juga dipasangkan di armor milik Iron Patriot. Sistem persenjataan ini merupakan salah satu persenjataan yang paling mematikan yang dimiliki Amerika (dan dunia) dan terlihat begitu badass ketika dipasangkan di pundak sebuah armor tempur.

Senjata M134 Minigun mampu memuntahkan peluru sebanyak 6.000 buah per menitnya. Senjata ini merupakan senjata yang paling jarang digunakan oleh Tony. Mungkin karena kehancuran yang bisa diakibatkan oleh senjata ini. Namun, bukan berarti Iron Man tidak bisa memunculkan senjata ini. Jika sebuah pertempuran besar membutuhkan senjata ini, bisa saja dia mengeluarkannya.


Laser


Buat kebanyakan orang, laser pastinya dipakai sebagai sebuah senjata seperti yang digambarkan di banyak film fiksi ilmiah lainnya. Tapi, bagi Tony, laser bukan merupakan sebuah senjata melainkan sebuah alat yang tidak mematikan yang digunakan untuk memotong atau menyatukan besi atau baja. Namun, jika dilihat bahwa laser tersebut bisa menembus apapun, laser milik Tony juga bisa digunakan sebagai senjata.

PAGE 2: REPULSOR, FREEZE BEAM, ENERGY BLADE, HYPER VELOCITY

1
2
3
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.