Tidak semua film horor menjual jumpscare di mana ada yang memang benar-benar menghadirkan cerita seram dan berikut rekomendasi filmnya. Jumpscare atau momen menakut-nakuti dengan membuat penonton kaget merupakan salah satu trik umum yang digunakan dalam film horor. Bahkan, bisa kita katakan jumpscar merupakan salah satu poin penting dalam sebuah film horor. Meskipun begitu, ada beberapa film horor yang memang benar-benar menghadirkan cerita mengerikan dan elemen psikologis dalam ceritanya. Apa saja?

10Pefect Blue

Rekomendasi film horor tanpa jumpscare yang pertama adalah Perfect Blue. Berbeda dengan apa yang muncul dalam daftar ini, Perfect Blue merupakan film horor anime yang menarik. Filmnya sendiri mungkin awalnya tidak memperlihatkan hal mengerikan dalam ceritanya. Namun, seiring berjalannya cerita kita akan disuguhkan dengan berbagai hal mengerikan yang cukup ekstrim.

Mima adalah seorang penyanyi idola yang sangat sukses di mana sang manager kemudian menyarannya untuk mencoba peruntungan lain di industri televisi. Hal tersebut terjadi di tengah popularitas Mima yang luar biasa. Namun, seorang pemuja Mima tidak setuju dia menjadi aktris. Dia pun mulai melayangkan ancaman. Selain itu, yang mengerikan adalah siapa pun yang mendukungnya untuk memulai karir baru Mima akan dihabisi nyawanya.

Tekanan psikologis yang dialami oleh Mima pada akhirnya membuat Mima perlahan justru berubah menjadi sosok yang gila. Meskipun terdengar tidak ada unsur horornya, Satoshi Kon menghadirkan unsur Thriller yang membuat jantung berdegup kencang. Selain adegan mengerikan, Perfect Blue ini menghadirkan nuansa horor yang kental serta elemen psikologis yang luar biasa.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.