Marvel Cinematic Universe atau biasa disingkat MCU, tidak bisa dipungkiri lagi merupakan rana sinematik superhero yang sangat masif. Terbukti, terdapat banyak sekali karakter superhero Marvel yang berasal dari film, seri TV maupun seri Netflix-nya.  Seakan jumlah tersebut belum cukup besar, siapa sangka bahwa ternyata, rana sinematik yang dicetuskan oleh Kevin Feige ini, juga “dihuni” oleh sosok-sosok superhero ikonik Marvel lainnya yang ironsinya, keeksistensiannya justru “disembunyikan”?

Maksudnya disini, superhero-superhero ini eksis di MCU. Tapi keeksistensiannya, jarang sekali disinggung secara langsung di dalam medianya, Kalaupun disinggung, biasanya mereka ditampilkan sebagai cameo, foto atau namnya hanya sekedar “numpang lewat” saja. Dan hal ini umumnya dilakukan, untuk “menggelitik” saraf-saraf nerdy yang ada di dalam tubuh audiens sekaligus fans-nya.

Dan dari sekian banyak superhero “tersembunyi” tersebut, rasanya hanya 15 superhero ini yang paling kentara dan paling bikin kita gregetan sendiri ketika mereka akhirnya disinggung / ditampilkan.


Beta Ray Bill (Thor: Ragnarok)


Alien ras Korbinite ini, ditampilkan di dalam Thor: Ragnarok (2017) sebagai salah satu arca kepala Gladiator di Planet Sakaar. Arca kepala ini seperti kita tahu, dibuat sebagai bentuk penghormatan terhadap mereka-mereka yang pernah sukses memenangkan kontes gladiator yang diadakan oleh The Grandmaster (Jeff Goldblum).

Berdasarkan fakta tersebut, maka jelaslah bahwa seperti Hulk (Mark Ruffalo), Beta Ray Bill, juga pernah berkunjung dan memenangkan kontes gokil ini. Awalnya, Feige cs, ingin menampilan Bill di film arahan Taika Waititi ini. Namun, menyadari kalau peranannya tidak terlalu signifikan, akhirnya diputuskan Bill, ditampilkan saja melalui format arca kepala tersebut.


J.O.C.A.S.T.A (Avengers: Age of Ultron)


Pasca Ultron (James Spader) merubah asisten Artificial Intelligence (A.I) milik Tony Stark, J.A.R.V.I.S (Paul Bettany) menjadi Vision, Tony tanpa membuang waktu langsung mencari penggantinya. Dan sebelum akhirnya memilih F.R.I.D.A.Y sebagai asisten A.I barunya, kalau kalian jeli, di dertan chip program A.I yang ditampilkan, terdapat satu chip bertuliskan, “JOCASTA”

Nama ini tentunya bukanlah asal sembarang nama. Pasalnya di komiknya, Jocasta atau J.O.C.A.S.T.A adalah android / A.I yang diciptakan oleh Ultron untuk menjadi istrinya (yap, android juga kepingin kawin). Awalnya Jocasta mendukung sang suami. Namun, setelah akhirnya mengetahui sang suami adalah sosok yang jahat, Jocasta langsung berbalik mendukung dan bahkan pernah menjadi anggota Avengers.

Cukup disayangkan dirinya hanya ditampilkan sebagai ulisan nama chip. Padahal, tampilan fisik Jocasta menurut kami, lumayan keren untuk ditampilkan. Ya semoga saja di film-film MCU mendatang, Feige cs akhirnya mau untuk menampilkan sosoknya secara utuh.


Man-Thing (Thor: Ragnarok)


Selain Beta Ray Bill dan Hulk, tampilan arca kepala Planet Saakar lain yang juga tak henti-hentinya dibicarakan fanboy pasca menyaksikan Thor: Ragnarok, adalah tampilan kepala Man-Thing (seperti diperlihatkan di foto). Dan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, yap Geeks. Man-Thing juga pernah menjuarai turnamen gladiator Grandmaster.

Sebenarnya Geeks, Thor: Ragnarok bukanlah film MCU pertama yang menyertakan easter egg Man-Thing. Adalah Iron Man 3 (2013) yang pertama kali “mencolek” karakter manusia rawa super ini. Spesifiknya, di film arahan Shane Black (Kiss Kiss Bang Bang) tersebut, diperlihatkan adanya karakter bernama Ellen Brandt (Stephanie Szostak).

Brandt adalah salah satu wanita yang di film ini, diperlihatkan menyuntikkan Virus Ekstrimis ke dirinya sendiri. Di komiknya, Brandt adalah mantan istri dari Ted Sallins. Ted Sallins adalah sosok yang nantinya menjadi Man-Thing.


Orson Randall (Marvel’s Iron Fist Season 1)


Memang, seperti yang diperlihatkan di episode seri Netflix Iron Fist yang bertajuk: “Black Tiger Steals Heart”, sosok Iron Fist pertama sebelum Danny Rand yang sekali lagi diperlihatkan sedang bertempur melawan tentara Cina yang ingin memasuki K’un-Lun, tidak pernah terungkap nama aslinya.

Walau demikian, fans langsung berasumsi bahwa sosok Iron Fist pertama yang sedang bertarung di era 40an tersebut, tidak lain adalah Orson Randall. Hal ini dikarenakan di komiknya, Randall, memanglah sosok Iron Fist pertama sebelum Rand. Well, semoga saja di musim kedua serinya nanti, background sosok misterius ini bisa diungkapkan lebih jauh lagi.


Guardians 3000 (Guardians of the Galaxy Vol.2)


Kalau kamu masih ingat, di salah satu dari 5 adegan post-credit, Guardians of the Galaxy Vol.2 (2017), diperlihatkan sahabat sekaligus teman seperjuangan Yondu (Michael Rooker), Stakar Ogord AKA Starhawk (Sylvester Stallone) berbicara dengan anak buah Ravagers-nya yang salah satu anggotanya juga istrinya sendiri, Aleta Ogord (Michelle Yeoh).

Stakar mengajak istri dan rekan-rekannya untuk melanjutkan perjuangan mereka melindungi galaksi sebagai bentuk respek mereka terhadap Yondu yang seperti kita tahu, tewas di ending-nya. Di film-nya, tim ini disebut sebagai tim Ravagers orisinil. Padahal kalau di komiknya, tim ini adalah tim GOTG orisinil atau yang lebih dikenal juga dengan Guardians 3000.

BACA JUGA: Bagaimana Time Travel Muncul di Avengers: Endgame?

Akan tetapi, seperti kita tahu selain nama tim GOTG di versi MCU ini sudah diambil namanya oleh Peter Quill (Chris Pratt) cs, juga orisinil komik kerap dirubah-rubah lagi di dalam rana sinematik ini. Jadi tidak heran sekali lagi apabila nama tim ini bukanlah Guardians 3000.

PAGE 2: MILES, ADAM, MANIFOLD, HOWARD, BROTHER VOODO