Trailer perdana dari film Artemis Fowl akhirnya dirilis. Bagi para Geeks yang mengetahui dan penggemar dari Artemis Fowl pastinya akan berjingkrak kegirangan, karena tokoh favorit kalian akhirnya mendapatkan adaptasi film. Namun, banyak juga dari Geeks sekalian yang heran dengan perilisan trailer ini. Hal ini dikarenakan banyak orang yang tidak mengetahui apa dan siapakah itu Artemis Fowl. Nah, untuk membantu Geeks yang bingung, atau punya teman yang juga tidak mengetahui siapa itu Artemis Fowl, maka dibuatlah artikel ini.

Artemis Fowl adalah novel fantasi fiksi ilmiah yang terdiri dari delapan buku. Serial ini dikarang oleh Eoin Colfer dan menampilkan petualangan Artemis Fowl II. Di dalam serial ini Artemis adalah seorang anti-hero yang berusaha untuk mengembalikan kekayaan keluarganya, dengan cara mengeksploitasi masyarakat Fairy (peri). Sepanjang petualangannya di delapan novel, karakter Artemis perlahan-lahan berubah dan berkembang. Seandainya film Artemis Fowl ini sukses maka ada kemungkinan kita akan melihat perkembangan tersebut di film selanjutnya. Nah, sebelum  film ini dirilis ada baiknya baca artikel ini untuk mengetahui siapa dan apa itu Artemis Fowl.


Artemis Fowl Bukan Protagonis ‘Baik-baik’


Courtesy of Disney

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Artemis Fowl II adalah protagonis utama dari serial novel Artemis Fowl. Bocah laki-laki berusia 12 tahun ini juga memiliki sifat-sifat seorang penjahat di dalam novel pertamanya. Ia sendiri bisa dibilang adalah duri di dunia sihir. Fowl sendiri menyadari bahwa ia bukanlah orang baik-baik dan malah bangga dengan garis keturunannya kriminal yang dimilikinya. Pertanyaannya: kenapa Disney mau membangun sebuah franchise film dengan tokoh seperti ini?

Salah satu jawabannya sudah dijelaskan di atas: karakter Artemis Fowl II berkembang sepanjang serial berjalan. Pada akhirnya ia menjadi karakter yang simpatik. Disney sendiri tampaknya sedikit merubah konsep dari novel dengan menyalahkan petualangan yang akan dihadapi Fowl kepada Dunia Peri. Keputusan yang beresiko mengingat hal ini akan merubah karakterisasi Artemis Fowl sendiri. Namun, apabila Disney hendak membuat para penonton awam menyukai karakter Fowl untuk sekuel mendatang, maka perubahan ini adalah hal yang wajar.


Haven City, New York dari Dunia Sihir


Di dalam trailer terlihat sekelumit pemandangan dari Haven City, yang dari sub-bab di atas  dijelaskan sebagai versi Kota New York dari Dunia Sihir. Kota ini adalah tempat tinggal dari “The People,” atau kelompok kolektif yang terdiri dari peri, centaur, iblis, elf, kurcaci, dan makhluk magis lainnya yang tinggal di sini. Ada kota lain yang dihuni oleh para penduduk dunia sihir, sebagai contohnya adalah Atlantis. Namun, Haven kemungkinan besar adalah lokasi utama dari film Artemis Fowl.

Kota ini juga adalah markas dari LEP (Lower Elements Police) dan beberapa karakter penting yang ada di dalam novel. Kemungkinan mereka akan mendapat penampilan perdanannya di layar lebar melalui film Artemis Fowl mendatang. Beberapa karakter, seperti Katak Bermulut Kasar, kemungkinan disensor mengingat Disney tidak menginginkan orangtua membawa anak mereka ke bioskop untuk menonton katak yang suka mengumpat. Dari trailer juga terlihat kalau Disney berhasil menggambarkan sisi ajaib dan maju dari kota, untuk membuat kota ini terlihat hidup.


Butler, Karakter yang “Bad Ass”


Di dalam novel dan film, Fowl memiliki seorang bodyguard dan teman bernama Butler. Ia adalah karakter dengan postur tubuh tinggi dan besar dengan rambut berwarna perak. Butler adalah pelayan yang loyal, dan ia jarang menolak permintaan Artemis muda. Hal ini termasuk menghajar makhluk-makhluk ajaib, seperti yang dapat dilihat di trailer. Mari berharap agar ia dapat melakukannya lebih banyak lagi di film sebenarnya.

BACA JUGA: Tokyo Ghoul 2 Umumkan Jadwal RIlis Resmi!

Ada satu tindakan keren yang ia lakukan di buku dan dapat membuat penonton yang awam akan menyukai karakter Butler. Namun, itu terjadi apabila Disney memasukannya ke dalam layar lebar. Tindakan keren ini tidak akan dijelaskan di dalam artikel, karena hal tersebut adalah spoiler. Bagi Geeks yang pernah membaca novelnya pasti tahu, namun bagi yang belum menonton ada baiknya menunggu hingga jadwal tayangnya tiba. Atau kalian bisa mencari di internet mengenai hal keren tersebut, namun hal tersebut akan berujung pada spoiler dan mengganggu keasyikan menonton nanti.


LEP Adalah FBI dari Dunia Sihir


Para anggota Lower Elements Police, meski ada kata “polisi” di dalam kesatuan penegak hukum ini, namun mereka lebih tepatnya adalah versi supranatural dari FBI. Mereka memiliki kemampuan sihir layaknya film-film Harry Potter, namun mereka juga memiliki teknologi dan senjata canggih seperti FBI, SWAT, atau Densus 88.

Hal di atas sebenarnya lebih berlaku pada kesatuan LEPrecon, yang ditugaskan untuk melacak makhluk mistik di dunia sihir maupun luar. Dengan teknologi yang canggih dan taktik lihai hasil latihan, kesatuan ini dapat menahan makhluk mistik, tanpa sepengetahuan manusia. Di dalam novel Artemis Fowl pertama, kesatuan ini dipimpin oleh Commander Root, dan kemungkinan akan menampilkan Captain Holly Short sebagai anggota tim.


Hilangnya Ayah Artemis


Artemis Fowl Sr., ayah dari Artemis Fowl II, adalah seorang kepala organisasi kriminal. Namun, ia menemukan bahwa ia akan lebih banyak mendapat uang dan perlindungan, apabila menggunakan uangnya untuk bisnis yang legal. Pada  awal novel, ayah Artemis menghilang dan dinyatakan secara resmi kalau ia telah mati. Artemis tidak percaya dengan berita ini dan kemungkinan hal inilah yang akan memainkan faktor plot di dalam film adaptasi Artemis Fowl.

Tanpa harus mengumbar spoiler, plot point yang spesifik ini telah menjadi perdebatan antara para pembaca novel Artemis Fowl. Kisah hilangnya ayah Artemis ini bukanlah bagian yang besar di dalam novel pertamanya dan baru menjadi bagian cerita di novel keduanya. Tidak akan dijelaskan kenapa hilangnya ayah Artemis menjadi masalah diantara pembaca, namun hal ini dapat menjadi faktor yang merubah karakter Artemis di dalam film adaptasinya.


Dunia Sihir Tidaklah Main-main


Di dalam voiceover yang ada di dalam trailer, ada sebuah alasan kenapa The People berpisah dari dunia manusia pada zaman dahulu. Kisah Artemis yang membongkar dan ikut campur di dalam Dunia Sihir akan menimbulkan banyak masalah, dan pastinya akan membuat masyarakat magis khawatir. Pengetahuan seorang manusia atas Dunia Sihir dapat membongkar rahasia keberadaan Dunia Sihir yang selama ini tersembunyi. Meskipun orang itu hanya anak remaja, namun Dunia Sihir tidak akan main-main dan diam saja apabila benar ia menjadi ancaman.

BACA JUGA: Simak Aksi Chris Hemsworth Sebagai Agen MIB!

Sehingga bagi Geeks yang tertarik untuk menonton Artemis Fowl, maka ada kemungkinan adaptasi film ini akan menampilkan banyak aksi. Terutama seperti yang dilihat di dalam Heist Film. Bagi Geeks yang pernah membaca novelnya pasti mengetahui hal tersebut.

 

Tentu saja masih akan terdapat banyak spekulasi di dalam adaptasi Artemis Fowl ini, mengingat film ini dirilis tanggal 9 Agustus, 2019. Bagi Geeks yang belum sempat membaca bukunya, mungkin kalian berniat untuk membacanya lebih dulu sebelum menonton adaptasinya tahun depan.

2 KOMENTAR

Comments are closed.