Pihak Disney akhirnya rilis jadwal tayang untuk proyek film Toy Story 5 bersamaan dengan proyek film populer lainnya. Dalam pertemuan para pemegang saham alias investor call, CEO dari Disney, Bob Iger, memberikan informasi mengenadi jadwal rilis berbagai franchise populer mereka. Film Toy Story 5 termasuk salah satu film yang diumumkan jadwal tayangnya pada momen tersebut. Menurut pengumumannya, Toy Story 5 akan tayang perdana pada 19 Juni 2026.

Pengumuman jadwal tayang untuk Toy Story 5 ini seolah menjadi bukti apa yang Bob Iger pernah sampaikan sebelumnya. Melihat bagaimana mulai menurunnya minat para fans terhadap berbagap film-film Marvel produksi Marvel Studios, serta beberapa film Disney lainnya, Bob Iger kemudian menegaskan bahwa dia akan mulai menerapkan langkah khusus. Disney akan membatalkan banyak proyek film dan franchise yang dianggap kurang menguntungkan dan mulai fokus ke franchise yang besar.

Dalam pengumuman tersebut, selain menghadirkan informasi mengenai jadwal tayang perdana untuk Toy Story 5, Bob Iger juga menghadirkan jadwal tayang untuk film lain. Contohnya adalah The Mandalorian and Grogu, film Avengers, dan live action Moana. Film-film tersebut akan rilis di tahun yang sama dengan Toy Story 5, namun di bulan yang berbeda-beda. Bob Iger juga sempat menyinggung tentang franchise besar lainnya yang akan diumumkan jadwal rilisnya pada kemudian hari, yaitu Frozen dan Zootopia.

jadwal tayang toy story 5

Yang menarik adalah di sisi lain pengumuman mengenai jadwal tayang Toy Story 5 ini memunculkan reaksi di kalangan fans. Dalam platform media sosial Twitter, sebagian fans mengaku senang dengan pengumuman tersebut. Mereka mengaku senang karena bisa melihat kelanjutan petulangan Woody dan juga mainan lainnya. Namun, di sisi lain, mereka memiliki harapan dan kekhwatiran lain.

Mereka menganggap bahwa kemunculan Toy Story 5 menunjukan bahwa franchise ini mungkin bisa jadi salah satu yang bertahan lama. Pasalnya, tidak ada franchise Pixar yang memiliki lima film. Bahkan, mereka menganggap bukan mustahil jika franchise Toy Story akan bertahan setidaknya 10 tahun kedepan. Meskipun begitu, tidak sedikit yang berharap jika Toy Story 5 akan benar-benar jadi film terakhir dari franchise tersebut.

Sebagian fans juga menganggap jika ini merupakan upaya dari Disney untuk terus mengeruk keuntungan besar dari franchise Toy Story. Dan hal tersebut memunculkan kekhawatiran yang sangat besar. Mereka menganggap jika tidak seharusnya Disney menghadirkan film kelima untuk Toy Story. Mereka mengaku akan menantikan terlebih dahulu seperti apa ceritanya. Namun, mereka berharap ceritanya akan menarik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.