Sword Art Online (SAO) merupakan sebuah waralaba yang cukup menarik karena alur ceritanya yang sangat menegangkan. Namun dari sekian banyak cerita SAO, ada satu bagian cerita yang cukup menjanggal hingga sekarang, yaitu mengenai apa yang terjadi di Arc Phantom Bullet. Di arc itu, Kirito selaku tokoh utama memiliki avatar yang jauh berbeda daripada yang biasanya dia gunakan.

Saat itu, Kirito masuk dalam sebuah game virtual rancangan Gun Gale Online. Game ini memiliki fitur yang jauh berbeda daripada game lain, dan bisa membuat player laki-laki memiliki avatar yang sangat feminim seperti yang digunakan oleh Kirito. Salah satu faktor yang membuat Kirito tampak seperti wanita, karena rambutnya yang panjang dan lurus. Karakter ini berubah menjadi sesuatu yang sangat berbeda, dengan tampilannya yang seperti itu, dan tentu membuat para penggemar kaget.

Dalam arc ini, Kirito harus menyelesaikan kasus yang cukup rumit dengan melawan seorang penjahat misterius bernama Death Gun. Penjahat ini telah berhasil membunuh banyak orang dan meresahkan para pemain lainnya. Awalnya, tampilan Kirito nampak tidak berpengaruh kepada kasusnya kali ini, namun ternyata Death Gun sangat tertarik dengan tampilan baru Kirito yang feminim tersebut.

Alhasil, berkat avatar Kirito yang tampak seperti perempuan feminim di GGO, akhirnya dia bisa menyelesaikan kasus secara bertahap. Selain itu, dengan tampilannya yang baru, Kirito bisa menggunakan kekuatan pedang Foton Kagemitsu G4 yang sangat berjasa dalam arc ini. Meski pada awalnya membuat para penggemar terkejut, namun Kirito berhasil membuat para penggemar kagum dengan aksi bertarungnya yang sangat keren. Tidak hanya para penggemar, bahkan kawan baik Kirito dalam arc ini juga sempat mengira bahwa Kirito adalah seorang perempuan pada awalnya.

Salah satu kawan baik Kirito dalam petualangannya kali ini adalah Sinon. Keduanya menjadi partner yang baik, dengan saling melengkapi kekurangan satu sama lain dalam pertarungan. Awalnya, ketika Sinon tau bahwa Kirito sebenarnya adalah seorang pria, dia nampak sangat kecewa, namun secara perlahan dia mewajari hal itu dan kembali berteman baik. Sinon sangat ahli dalam menggunakan senjata api, sehingga bersama dengan Kirito yang ahli dalam berpedang, keduanya menjadi partner yang tidak terkalahkan.

Beberapa penggemar sempat berspekulasi pada awal peluncuran arc ini. Menurut mereka bisa jadi avatar Kirito diubah, karena pada awalnya avatar Kirito mirip seperti seorang anak kecil. Namun ternyata anggapan para penggemar keliru, avatar Kirito di GGO memang berubah sesuai dengan peraturan dalam gamenya kali ini. Bahkan, menurut beberapa sumber, avatar Kirito berjenis M9000 yang merupakan jenis avatar langka.

Terlepas dari avatarnya yang nampak feminim seperti perempuan, Kirito tetap merupakan seorang karakter yang kuat. Bahkan, dalam arc ini Kirito terkesan menjadi lebih gesit daripada sebelumnya dalam bertarung, sehingga bisa jadi avatar Kirito juga bisa berpengaruh pada daya serang yang dia gunakan.