Kematian dari Kurama benar-benar menyesakan bagi banyak sekali fans Boruto, khususnya para fans yang sudah mengikuti ceritanya dari seri orisinalnya. Meskipun Kurama tidak selalu muncul dalam cerita, namun Bijuu ekor sembilan ini memiliki peran signifikan di franchise ini. Dialah yang memberikan kekuatan dahsyat kepada Naruto dan membantu mewujudkan mimpinya sebagai Hokage.

Sejarah Kurama juga sangat panjang di franchise ini. Kurama sempat membenci manusia – seperti halnya para bijuu lainnya – karena mereka sering kali dimanfaatkan oleh manusia. Kurama banyak diburu untuk menjadi senjata pemusnah massal. Ini juga yang dirasakan Kurama ketika dia dikurung di dalam tubuh Naruto. Namun, seiring berjalannya waktu, Kurama mulai memahami siapa Naruto dan akhirnya bahkan menjadi peduli terhadap Naruto.

Kurama harus mengorbankan dirinya demi mengaktifkan Baryon Mode, saat pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki. Hal tersebut harus dilakukan karena Isshiki berada di atas level Naruto dan Sasuke kemampuannya. Sehingga, tidak ada jalan lainnya selain mengaktifkan mode tersebut dan pada akhirnya berhasil mengurangi jatah hidupnya, sebelum kemudian Kawaki muncul dan menghancurkan semuanya.

Readnaruto.com

Dibalik semua kesedihan para fans, muncul sebuah pertanyaan besar yang jawaban pastinya masih belum diketahui. Pertanyaannya adalah mengapa kemudian seekor monster bijuu bisa tewas? Sebenarnya masih belum ada penjelasan jelas mengenai hal ini. Ada yang mengatakan bahwa Bijuu adalah makhluk yang abadi sedangkan ada juga yang mengatakan bahwa mereka bisa saja tewas.

Menurut salah satu teori yang berkembang, seekor bijuu memang bisa saja tewas hanya saja cara kematiannya tidak bisa seperti yang biasa kita lihat, misalnya karena penyakit atau karena dibunuh Jinchurikinya. Kematian dari seekor Bijuu harus benar-benar menguras energi kehidupan dalam dirinya, seperti yang dilakukan oleh Kurama saat mengaktifkan Baryon Mode.

Seperti yang dijelaskan dalam ceritanya, para bijuu sendiri lahir dari tangan seorang Hagoromo Otsutsuki, dimana dia menggunakan teknik Banbutsu Souzou dan kemudian menghadirkan gumpalan chakra yang diambil dari chakra jyuubi dan dipecah menjadi sembilan. Kemudian dengan menggunakan teknik Yin-Yang Release para bijuu tersebut diberikan jiwa atau energi kehidupan di dalam tubuhnya.

Comicvine.gamespot.com

Energi kehidupan tersebut yang kemudian menjadi “bahan bakar” kehidupan bagi para bijuu. Selama energinya masih ada, maka selama itu pula mereka akan tetap hidup. Lalu, bagaimana kemudian Baryon Mode bisa membunuh Kurama (dalam hal ini bijuu)? Seperti dijelaskan dalam artikel sebelumnya, Baryon Mode mirip dengan konsep fusi nuklir.

Dalam Fisika Nuklir, secara singkat fusi nuklir (reaksi termonuklir) adalah gabungan dari dua inti atom yang kemudian membentuk sebuah atom baru dan juga partikel subatom. Dalam konteks Naruto, pada intinya, dua buah kekuatan – Naruto dan Kurama – bersatu menjadi sebuah kekuatan yang dahsyat.

Ketika chakra Naruto dan Kurama bersatu, maka chakra baru yang terbentuk akan kemudian menghasilkan kekuatan yang berbeda. Dalam mode ini, chakra Naruto mungkin memang bersatu dengan chakra Kurama, namun jumlah energi murni dari Kurama jauh lebih besar. Karena energi kehidupan atau “bahan bakar” tersebut sudah habis digunakan, maka sudah tidak bisa lagi dia menggunakan energi tersebut yang akhirnya Kurama harus kehilangan nyawanya.

Quora.com

Apakah Kurama kemudian bisa dibangkitkan kembali? Jika melihat dari penjelasan Kurama sendiri di chapter 55 kemarin, dan melihat adanya perbedaan kasus dengan Isobu, sepertinya Kurama memang tidak akan pernah bisa bangkit kembali. Pasalnya, Kurama sendiri yang mengatakan bahwa Baryon Mode merupakan sebuah teknik yang menggunakan seluruh kekuatan dari Kurama. Artinya chakra Naruto tidak pernah terpakai dalam Baryon Mode tersebut.

Tapi, bukan tidak mungkin juga Kurama bisa kembali hidup, meskipun itu artinya Masashi Kishimoto mencoba untuk bermain-main dengan para fans. Kishimoto tentunya memiliki kendali terhadap hal ini, dan pastinya akan ada pro dan kontra bila hal itu terjadi. Kembalinya Kurama mungkin akan disambut positif oleh para fans, yang mana Kurama sudah menjadi salah satu karakter penting dalam serinya.

Namun, hal ini juga akan merusak momen dan juga emosi yang muncul saat Kurama diperlihatkan tewas di chapter 55 kemarin. Kita nantikan saja ya Geeks apakah yang akan terjadi kepada Kurama di masa yang akan datang, apakah dia akan dibangkitkan kembali atau memang sudah tidak bisa lagi diselamatkan. (Featured image: Pinterest.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.