Pada chapter 53 kemarin, manga Boruto: Naruto Next Generation memperlihatkan aksi lainnya dari Sasuke dan Naruto dalam menghadapi Isshiki Otsutsuki. Para fans kemudian dikejutkan dengan kemunculan Kawaki di tengah pertempuran, dimana Kawaki muncul akibat chakra dari Naruto. Tapi pada akhirnya Kawaki berhasil membunuh Isshiki dengan teknik Kagebunshin yang pernah diajarkan oleh Naruto.

Namun, ternyata ancaman lain muncul dengan dengan Momoshiki yang bangkit di dalam tubuh Boruto. Dalam chapter 54 kita melihat Momoshiki lagi-lagi memberikan kesulitan yang sangat besar kepada sasuke dan Kawaki, apalagi Naruto sudah tidak berdaya akibat Baryon Mode yang dia gunakan sebelumnya. Kawaki berusaha membangkitkan Boruto yang ada di dalam tubuhnya.

Namun, Momoshiki mengatakan bahwa semua usahanya sia-sia. Pertarungan Kawaki dan BoruShiki pun tidak terhindarkan. Di tengah-tengah pertarungan BoruShiki mengatakan sebuah fakta yang mengejutkan, khususnya mengenai kekuatan Karma. Menurut sang Otsutsuki, meskipun segel Karma dalam tubuh seseorang sudah menghilang, namun data-data yang sudah ada sebelumnya tidak menghilang.

Comicbook.com

Seperti yang kita ketahui, segel karma dari Isshiki Otsutsuki yang ada di tubuh Kawaki akhirnya menghilang setelah Isshiki menggunakan segel Karma miliknya untuk kembali bangkit dari kematian, setelah Kashin Koji berhasil menghancurkan tubuh Jigen. Menghilangnya segel Karma dari tubuh Kawaki sempat membuat lega Amado dan juga mereka yang ada di Konoha.

Dalam chapter ini, Momoshiki juga mengatakan bahwa sama seperti Boruto, proses ekstraksi segel karma dalam tubuh Kawaki sudah mencapai 80 persen. Yang mana itu artinya hampir seluruh tubuh dari Kawaki adalah bagian dari Otsutsuki. Ini menjadi pertanda buruk bagi Kawaki, karena ternyata Momoshiki memiliki rencana yang serupa dengan Isshiki yaitu mencari korban untuk Jyuubi.

Jika Isshiki rencananya akan menggunakan Kawaki sebagai wadah sempurnanya dan memanfaatkan Boruto sebagai Korban, Momoshiki justru sebaliknya. Dia akan menggunakan Kawaki sebagai “persembahan” terhadap monster ekor sepuluh, yang disembunyikan oleh Isshiki dan akan segera dicari oleh Momoshiki. Ini tentunya menjadi sebuah fakta menarik baru mengenai Karma.

Karma memang menjadi cara bagi klan Otsutsuki untuk bisa hidup abadi. Mereka berpindah dari satu tubuh ke tubuh yang lain, dengan memanfaatkan Karma yang berisi data-data mengenai mereka. Banyak yang menyangka jika Karma akan menghilang sang Otsutsuki tewas, tapi ternyata faktanya jauh lebih rumit dan kompleks. Masih belum diketahui apa yang akan terjadi kepada Kawaki selanjutnya.

Apakah Kawaki akan berubah menjadi seorang Otsutsuki? Apakah Kawaki akan memiliki kekuatan Otsutsuki? Apakah Isshiki akan kembali bangkit dengan data-data yang ada di tubuh Kawaki? Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana perkembangan karakter Kawaki di chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.