Seperti yang kita ketahui bersama, umat manusia dalam cerita Attack on Titan kini sedang dalam bahaya. Mereka harus menghadapi ancaman yang sama yaitu para Titan dan juga tentunya ancaman besar dari kekuatan Founding Titan Eren. Banyak nyawa yang hilang akibat peristiwa mengerikan ini, semuanya berjuang demi bisa terbebas dan selamat.

Dengan cerita yang menurut Hajime Isayama sudah mencapai 98-99% artinya sudah selangkah lagi, Attack on Titan akan menyelesaikan ceritanya. Banyak pertanyaan yang muncul di kalangan para fans mengenai nasib dari bangsa Marley dan Eldian. Kedua bangsa ini kembali menjadi rival di era “modern” ini, dimana bangsa Marley menganggap bangsa Eldian sebagai keturunan iblis.

Tapi, ada hal yang menarik dari semua hal ini. Di chapter 134 kemarin yang berjudul “The Depths of Despair” diperlihatkan dalam salah satu panel seorang jendral bangsa Marleyan, yang tidak diketahui namanya, mengakui bahwa dia dan negaranya sudah salah dengan melakukan persekusi dan membenci bangsa Eldia. Dia mengaku – dan bersumpah – tidak akan kembali mengulangi kesalahan tersebut, jika mereka selamat.

Lalu, mengapa hal ini menarik? Momen ini seolah menjadi petunjuk bahwa ada kemungkinan kedua bangsa tersebut – Marley dan Eldian – akan mengakhiri semua peperangan yang terjadi. Mereka yang selamat dari “amukan” Eren memiliki peluang untuk mengakhiri kebencian yang sudah ada sejak generasi sebelumnya dan kemudian berdamai dengan Paradis untuk menghentikan peristiwa mengerikan seperti the Rumbling, kembali terjadi.

Mungkin kita juga sudah sering mendengar bahwa menghentikan peristiwa the Rumbling bisa berakibat hancurnya Paradis. Namun, banyak fans yang beranggapan bahwa cerita akhir ini bisa jadi hanyalah “tipuan” belaka. Jika kita melihat ke peristiwa yang lalu, manusia (tepatnya penduduk Marley) memang pernah berperang melawan Titan. Kedua bangsa tersebut saling bertarung.

Tapi, Karl Fritz, yang merupakan keturunan dari raja Fritz, memutuskan untuk menghentikan perang tersebut. Dia diam-diam bekerja sama dengan para petinggi Marley untuk menghentikan para Titan tersebut dan menghentikan peperangan. Tidak ingin kembali ada masalah, mereka sepakat membuat pahlawan palsu yang tidak lain adalah Helos.

Peristiwa tersebut kini kembali terjadi. Berdasarkan pernyataan salah satu jendral Marley tersebut, maka besar kemungkinan perdamaian bisa kembali terjadi. Dan teori Helos juga bisa kembali dilakukan. Mungkin kita akan melihat salah satu dari penduduk Eldia berhasil mengalahkan Eren, atau justru bangsa Marley yang menghentikannya namun penduduk Eldia mendapatkan kredit atas usaha tersebut.

Namun, yang perlu dicatat dalam teori ini adalah hanya satu orang saja dari pihak Marley yang ingin kembali berdamai dengan Eldian. Kita tidak pernah tahu apakah pihak Marley lainnya juga menginginkan hal yang sama. Karena itulah, jikapun kemudian perdamaian memang benar terjadi di akhir cerita, tensi antara Eldia dan Marley mungkin masih belum benar-benar akan reda.

Bisa jadi juga, di akhir ceritanya perdamaian itu tidak akan pernah terwujud. Dunia akan tetap hancur akibat the Rumbling dan juga Eren. Mengingat Attack on Titan adalah seri manga yang memiliki tone gelap dan dewasa, mungkin saja hal ini terjadi. Lagipula, Attack on Titan adalah seri manga yang cukup berbeda dari yang lain. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju Eldian dan Marley kembali berdamai?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.