Nico Robin adalah sosok yang tangguh di kru Topi Jerami. Dia memiliki kemampuan buah iblis yang bisa membantunya dalam sebuah pertarungan. Meskipun Robin tidak sekuat Luffy, Sanji, atau zoro, dia tetap mampu memberikan banyak kontribusi bagi perjalanan Luffy dan kru Topi Jerami. Hal ini dikarenakan selain sangat ahli dalam bertarung, Robin juga sangat cerdas.

Dia adalah penduduk terakhir dari wilayah Ohara, dan menjadi salah satu dari sedikit sekali orang yang mampu membaca Poneglyph. Kemampuan inilah yang membantu Luffy dalam melanjutkan petualangannya menuju Laugh Tale. Robin yang akan mengungkapkan rahasia besar dunia yang selama ini disembunyikan oleh pihak Pemerintah Dunia, dan rahasia ini dipastikan akan mampu mengejutkan semua orang.

Tapi, dibalik semua kecerdasan dan kecantikan serta ketangguhannya ada sisi “menyeramkan” dalam dirinya dimana dia sering melontarkan kalimat-kalimat tidak terduga. Meskipun terdengar seperti lelucon, namun hal itu nyatanya cukup membuat kru lain ketakutan. Nico Robin sering kali melontarkan lelucon atau humor-humor gelap yang sangat bertolak belakang dengan sikapnya.

Ada banyak contoh dari lelucon-lelucon gelap Robin, misalnya ketika Robin pertama kali bergabung dengan kru Topi Jerami. Usopp sempat bertanya apa kemampuan atau kelebihan Robin, dan dengan santai Robin mengatakan bahwa keahliannya adalah membunuh. Jawaban ini tentunya tidak diduga oleh semua kru. Kemudian ketika Usopp melihat Wanda mengenakan pakaian yang pernah dipakai Nami.

Usopp langsung bertanya kepada Wanda dimana keberadaan Nami, dan apakah Nami baik-baik saja. Lain halnya dengan Robin yang lengsung mengeluarkan komentar yang bertanya apakah suku Mink juga memiliki ketertarikan terhadap daging manusia. Yang paling baru adalah ketika Robin menyamar menjadi kelompok bajak laut Beasts. Robin begitu “menghayati” perannya sebagai penjahat dengan mengatakan untuk menusuk mata Momonosuke dan kemudian merobek-robeknya.

Hal inilah yang membuat karakter Nico Robin disukai para fans. Mereka selalu penasaran dengan apa komentar yang akan disampaikan Robin mengenai suatu hal. Tapi, masih belum diketahui apa yang membuat Robin seperti itu. Salah satu kemungkinannya adalah pengalaman hidup yang dia alami. Kehidupan masa kecil yang keras membuat sosok Nico Robin kecil tidak bisa tumbuh layaknya anak pada umumnya.

Robin harus terus berlari dan bersembunyi dari kejaran angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Kita tidak tahu apa yang terjadi kepada Robin sebelum kemudian dia ditemukan di Alabasta dan bekerja untuk Crocodile. Yang pasti kehidupan berat harus dialami dan dijalani oleh Robin. Dan semua pengalaman pahit itulah yang kemudian membuatnya berubah menjadi sosok yang “blak-blakan.”

Kemungkinan lainnya adalah semuanya memang sudah didesain sedemikian rupa oleh Oda Sensei. Meskipun tidak diketahui apakah ada makna tersembunyi dibalik sikapnya tersebut, Oda Sensei sepertinya sengaja menghadirkan sifat Robin yang seperti itu. Yang pasti adalah sikap Robin ini sudah berhasil merebut banyak hati para fans One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.