Industri game saat ini sedang dihebohkan dengan kemunculan sebuah judul game baru yaitu Among Us. Sebenarnya game besutan InnerSloth ini tidak benar-benar baru, karena sudah dirilis sejak Juni 2018 lalu. Namun, game ini baru meledak di Indonesia khususnya dalam beberapa waktu belakangan. Dari segi grafis sebenarnya permainan ini cukup sederhana, tidak ada efek khusus atau apapun.

Kepopuleran dari Among Us ini sendiri diperkirakan sudah melebihi kepopuleran dari PUBG, setidaknya untuk saat ini. Dan semakin populer game Among Us, tentunya akan semakin banyak juga para pemain baru yang tertarik untuk mencoba game ini. Selain tersedia diplatform Steam, gamenya juga bisa diunduh di gawai Geeks semua. Lalu, bagaimana cara bermainnya?

Cara Main

Sebenarnya car amain Among Us sangat mudah. Terdapat 4-10 orang pemain (crew/kru) yang ada di satu lokasi/map, tentunya dengan setting di luar angkasa. Para pemain nantinya akan diberikan tugas yang harus dikerjakan. Diantara para pemain tersebut terdapat 1-3 impostors/pengkhianat dimana para impostor ini harus melakukan apapun untuk mensabotase usaha para kru dan menghabisi mereka semua.

Untuk menentukan permainan menang atau kalah, terdapat empat cara:

  1. Semua impostor tewas (kru menang)
  2. Semua tugas berhasil diselesaikan (kru menang)
  3. Jumlah kru dan impostor sama (impostor menang)
  4. Para kru semuanya tewas dan gagal menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan (impostor menang)

Durasi permainan sendiri bisa sangat lama atau sebentar, semua tergantung dari jumlah pemain, kemampuan mereka, dan juga opsi yang dipilih oleh para pemain. Ketika permainan dimulai, kita akan diberikan peran, entah sebagai impostor atau kru, dan kemudian kita mulai menyelesaikan misi yang suadah diberikan. Perlu dicatat bahwa untuk impostor dan kru memiliki tugas yang berbeda.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Kita Menjadi kru?

Ketika kita dipilih menjadi salah satu kru, artinya kita harus ikut membantu kru lain untuk menyelesaikan tugas yaitu memperbaiki kapal luar angkasa/stasiun luar angkasa/koloni. Kita bisa memeriksa peta untuk mempermudah mencari lokasi untuk tugas yang sudah diberikan. Setelah ditemukan, kita hanya perlu pergi ke lokasi dan menyelesaikan tugasnya.

Tapi, terkadang juga tugas yang diberikan sangatlah sulit dari kru yang lain. Meskipun begitu, pada akhirnya tugas tersebut bisa ditemukan jalan keluarnya.  Jangan pernah ragu untuk bertanya ke sesama kru, agar semakin mempermudah kita dalam menjalankan tugas yang diberikan. Perlu diingat kita juga harus waspada dengan keberadaan impostor  di sekitar kita.

Perhatikan berbagai aktivitas mencurigakan yang ada di dekat kita. Para impostor juga sebenarnya diberikan tugas, misalnya menyabotase benda atau apapun. Mereka juga bisa saja berpura-pura melakukan sesuatu. Yang pasti kita harus waspada, dan jika kita menemukan sesuatu yang mencurigakan, kita bisa menggunakan opsi untuk melakukan emergency call.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Kita Menjadi Impostor?

Jika kita terpilih untuk menjadi impostor artinya kita harus membuat seluruh operasi yang dilakukan oleh para kru gagal. Pastikan mereka tidak pernah bisa menyelesaikan tugas mereka. Kita juga akan diperlihatkan tugas dan dimana lokasinya, tapi itu semua itu tidak harus dilakukan jika memang kita tidak mau melakukannya. Tugas-tugas tersebut dibuat hanya untuk mengecoh para kru dan menjalankan tugas utama kita.

Dan tentunya tugas ini tidaklah mudah dimana kita harus memikirkan strategi bagaimana caranya untuk bisa menghabisi satu persatu kru tanpa dicurigai. Untungnya, dalam menjalankan misi ini terdapat sebuah terowongan (crawlspace) yang akan membawa kita dari satu ruangan ke ruangan lain tanpa diketahui oleh para kru. Bisa juga terowongan ini digunakan untuk bersembunyi dan menunggu kru yang datang ke tempat tersebut.

Selain membunuh, impostor juga bisa melakukan sabotase seperti mengunci kru, menghancurkan lampu, dan sebagainya. Yang perlu dilakukan hanyalah membukan peta sabotase dan mulai melakukan sabotase. Satu persatu, para kru akan tewas dengan melakukan sabotase ini tanpa perlu membunuh dengan “tangan” kita.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Meeting Dilakukan?

Seperti disebutkan di atas, seorang kru bisa melakukan emergency call atau melakukan meeting jika menemukan sesuatu yang mencurigakan. Dalam proses meeting ini, semua pemain akan berkumpul untuk berdiskusi siapa membunuh siapa, atau siapa yang melakukan apa. Jika kita adalah kru, kita bisa menggunakan momen ini untuk menginterogasi dan menggali informasi yang kita ketahui.

Kita juga bisa berbagai informasi agar semuanya jelas, dan tidak dicurigai. Jika kita adalah impostor, gunakan momen ini untuk mengelak, tuduh orang lain yang melakukan semua tindakan sabotase yang kita lakukan atau aksi yang sudah kita lakukan. Ciptakan kekacauan, agar kita tidak dicurigai. Dalam setiap momen meeting ini, para pemain memiliki satu hak suara, untuk mengeksekusi satu orang pemain yang dicurigai sebagai impostor.

Seseorang yang pada akhirnya banyak mendapatkan suara, maka dia yang akan terlempar dari lokasi/map. Jika Geeks tidak ingin memberikan/menggunakan hak suara yang diberikan, kita bisa melewatinya dengan menekan tombol di bawah. Gunakan momen ini secara bisak, karena komuniasi merupakan sesuatu yang vital dalam koordinasi antar kru. Sama halnya juga bagi para impostor, dimana ini bisa menjadi momen untuk menghancurkan orang lain.

Apa Yang Dilakukan Ketika Kita Berubah Menjadi Hantu?

Terlepas dari kita sebelumnya impostor atau kru, ketika kita kemudian sudah dieksekusi keluar dari permainan bukan berarti kita selesai. Kita masih bisa melihat permainan dalam wujud hantu. Kita bisa tahu siapa impostor yang sebenanrya. Kita masih bisa ikut permainan, tapi ada batasan yang muncul seperti kita tidak bisa bergabung dalam diskusi saat meeting.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.