Dalam cerita One Piece ternyata ada banyak keluarga yang jadi bagian dari klan D dan masing-masing mereka memiliki keunikan. Klan D merupakan klan yang misterius dan juga klan yang sangat besar. Diketahui jika klan ini memiliki peranan penting dalam sejarah di dunia One Piece. Apa peranan tersebut memang masih jadi misteri.

Dalam ceritanya, klan D sering mendapatkan stigma negatif dari orang-orang. Misalnya, mereka sering dianggap sebagai orang-orang yang jahat dan merupakan sosok iblis. Bahkan, di banyak wilayah klan D sering dianggap sebagai sosok menyeramkan yang meneror orang-orang. Disadari atau tidak Oda Sensei sudah menghadirkan beberapa keluarga yang jadi bagian dari klan D. Apa saja?

Keluarga Portgas

Mungkin, tidak ada yang terlalu istimewa dari keluarga Portgas. Mereka bisa jadi hanyalah warga biasa yang menjalani kehidupan sehari-hari. Sejauh ini, baru ada dua karakter yang diketahui memiliki nama Portgas, yaitu Portgas D Rogue, yang merupakan istri dari Roger, dan Portgas D Ace, yang merupakan anak dari pasangan Roger dan Rogue. Meskipun keluarga Portgas adalah keluarga yang biasa, sebagai bagian dari klan D, mereka pun memiliki sedikit jiwa petualang dan juga memberontak.

Keluarga Jaguar

Seperti halnya keluarga Portgas, keluarga Jaguar juga mungkin tidak terlalu istimewa alias biasa saja. Mereka juga merupakan keluarga dari warga biasa yang menjalani hidup normal. Sampai sejauh ini baru satu orang saja yang diketahui memiliki nama depan ‘Jaguar’ yaitu Jaguar D Saul, mantan angkatan laut yang menolong Nico Robin kabur saat Buster Call di Ohara. Yang menarik, Saul sendiri mengakui dia tidak tahu alasan mengapa dia dinamakan ‘Jaguar D. Saul.” Menurutnya, nama “Jaguar D” sudah ada sejak lama.

Keluarga Gol

Seperti halnya beberapa nama di atas, keluarga Gol erat kaitannya dengan sosok Gol D Roger sang raja bajak laut. Sejauh ini, cerita One Piece baru menghadirkan satu nama saja dari keluarga ini yaitu Roger. Mengingat bagaimana Roger saat ini adalah raja bajak laut, bisa jadi mereka dahulu merupakan keluarga petualang. Selain itu, keluarga Gol juga mungkin adalah keluarga senang akan kebebasan. Sayangnya, seperti yang diperlihatkan di ceritanya garis keturunan Roger berakhir setelah kematian Ace. Namun, apakah masih ada anggota keluarga Gol lainnya yang masih hidup masih belum diketahui.

Keluarga Marshal

Keluarga Marshal jadi keluarga lainnya yang sejauh ini jumlah anggota keluarga yang baru diperlihatkannya satu orang, yaitu Marshal D Teach alias Blackbeard. Melihat bagaimana kemudian sikap dan perilaku dari Blackbeard, ada kemungkinan jika keluarga Marshal adalah keluarga yang jahat. Keluarga Marshal juga adalah keluarga yang ambisius, pantang menyerah, cerdik, namun mengerikan. Blackbeard rela melakukan apa pun untuk mewujudkan mimpinya, termasuk menghabisi rekannya sendiri. Blackbeard sendiri memiliki mimpi untuk menguasai dunia ini.

Keluarga Rocks

Salah satu keluarga yang jadi bagian dari klan D yang baru diperkenalkan dalam cerita One Piece. Selain keluarga Marshal, keluarga Rocks mungkin juga adalah keluarga yang jahat. Keluarga Rocks mungkin bisa diibaratkan seperti klan Kurozumi di wilayah Wano, di mana mereka selalu harus akan kekuasan dan selalu ingin mendapatkan lebih. Kita pun sudah mendapatkan sedikit gambaran seperti apa sosok Rocks D. Xebec di mana dia berusaha untuk menaklukan dan menguasai dunia. Sayangnya, keluarga Rocks sendiri masih belum muncul sama sekali selain Xebec.

Keluarga Trafalgar

Keluarga Trafalgar erat kaitannya dengan salah satu bajak laut sekutu dari Luffy yaitu Trafalhgar Law. Para fans sendiri awalnya tidak tahu jika Law awalnya merupakan bagian dari klan D sampai kemudian terungkap nama aslinya yaitu Trafalgar D Water Law. Yang menarik adalah saat ini Lawa sedang mencari apa sebenarnya arti dari tekad D, padahal awalnya Law sendiri tidak terlalu peduli dengan hal tersebut.

Donquixote Rosinante yang kemudian menjelaskan semua hal tentang tekad D. Ini pula yang menjadi salah satu tujuan Law beraliansi dengan Luffy, yaitu mencari tau apa arti tekad D. Keluarga Trafalgar sendiri mungkin dahulunya adalah keluarga yang memang dikenal sangat mahir dalam hal kedokteran. Hal ini bisa dilihat dari rekam jejak keluarga Law, di mana ayahnya adalah seorang dokter terbaik di wilayahnya. Law sendiri sekarang menjadi salah satu dokter terhebat dan ahli bedah terbaik.

Keluarga Nefertari

Fakta jika keluarga Nefertari adalah bagian dari klan D baru terungkap di manga One Piece chapter 1085. Dalam chapternya terungkap jika sebenarnya keluarga Nefertari merupakan bagian dari klan D ketika Cobra meminta tolong kepada Sabo untuk mengungkapkan hal ini kepada Vivi dan Luffy. Juga, ternyata nama dari pemimpin Alabasta pada 800 tahun lalu ternyata adalah Nefertari D Lily.

Keluarga Nefertari yang sudah diperkenalkan dalam cerita sejauh ini ada tiga orang yaitu Nefertari D Cobra, pemimpin Alabasta saat ini yang sudah tewas, Nefertari D Vivi yang merupakan putri dari Cobra, serta Nefertari D Lily yang merupakan pemimpin kerajaan Alabasta 800 tahun lalu. Keluarga Nefertari sepertinya memang sedari awal merupakan keluarga bangsawan atau kerajaan yang membangun wilayah Alabasta.

Koeluarga Monkey

Diantara semua keluarga  yang jadi bagian dari klan D, mungkin keluarga Monkey bisa dibilang adalah yang paling gila, paling berani, dan paling bebas serta paling populer. Hal ini bisa dilihat dari tiga karakter yang berasal dari keluarga tersebut yaitu Monkey D Luffy, Monkey D Garp, dan Monkey D Dragon. Bisa jadi keluarga Monkey adalah keluarga yang paling kuat dan juga keluarga yang mengerikan.

Hal ini bisa dilihat dari bagaimana ketiga anggota keluarga Monkey sekarang. Monkey D. Luffy merupakan karakter yang saat ini menduduki posisi Yonko dengan kekuatan buah iblis paling kuat di dunia. Kemudian, Monkey D Dragon adalah penjahat paling dicari oleh Gorosei dan Im. Sementara itu sosok Monkey D Garp adalah pahlawan besar angkatan laut dengan berhasil mengalahkan Rocks D. Xebec.

Tanpa diduga ternyata ada banyak keluarga dalam cerita One Piece yang jadi bagian dari klan D. Sedikit demi sedikit fakta mengenai klan D mulai terkuak dalam ceritanya. Dan berdasarkan penjelasan ini, artinya memang ada kemungkinan jika keluarga yang jadi bagian dari klan D masih banyak yang belum terungkap. Ini karena mereka memutuskan untuk menyembunyikan identitas mereka. Apakah akan ada keluarga lain yang diungkapkan Oda? Kita nantkan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.