Transformers merupakan salah satu waralaba film aksi yang sangat digandrungi oleh banyak penggemar di seluruh dunia. Termasuk penggemar Indonesia yang saat ini tengah mengantisipasi kedatangan kelompok robot baru, yaitu Maximal, Predacon, dan Terrorcon di film reboot Transformers: Rise of the Beasts. Terlepas dari antusiasme Rise of the Beasts yang sudah tidak perlu kita ragukan lagi, kali ini kita akan membahas berbagai film Transformers yang batal diproduksi walaupun sudah dikembangkanMulai dari animasi, sampai versi live action, berikut ini lima film Transformers yang dibatalkan!

Transformers Prime Movie

Rilis perdana pada tahun 2010, Transformers Prime adalah judul dari serial animasi yang cukup populer di kalangan penggemar. Saking populernya, serial ini sempat merilis season kedua pada tahun 2012, season ketiga pada 2013, dan hampir mendapatkan sebuah film yang dimaksudkan untuk tayang di layar lebar. Sayangnya film animasi Transformers Prime sendiri akhirnya batal diproduksi karena alasan yang masih belum terungkap sampai sekarang. Padahal pada saat itu penggemar sudah berspekulasi bahwa filmnya akan berfokus pada kebangkitan Unicron sekaligus perubahan Megatron menjadi Galvatron.

Transformers Robots In Disguise

Satu lagi film animasi yang batal diproduksi adalah Transformers Robots in Disguise yang tadinya dimaksudkan untuk menjadi penutup dari season kedua serialnya. Meskipun tidak sepopuler Prime, tetapi Robots in Disguise sebenarnya cukup disukai oleh para penggemar muda karena ceritanya yang ringan dan jenaka. Film animasi Transformers Robots in Disguise sendiri tadinya akan menampilkan kelompok robot Scavengers dan Weaponizer Mini-Con, serta menceritakan pertarungan Power Surge dan Optimus Prime vs Starscream. Namun karena para penulisnya merasa telah kehabisan ide akhirnya naskah dari film ini dipotong menjadi enam bagian dan digarap sebagai season ketiga Robots in Disguise.

Bumblebee (Michael Bay)

Dari film animasi sekarang kita beralih ke waralaba live action Transformers yang awalnya dibesarkan oleh sutradara Michael Bay. Sebelum film Bumblebee digarap oleh sutradara Travis Knight dan dirilis pada tahun 2018 sebagai soft reboot, sebenarnya Bay telah lebih dahulu mengembangkan versinya sendiri. Secara garis besar sebenarnya tidak jauh berbeda dengan apa yang akhirnya bisa kita lihat di film Bumblebee, bedanya versi Bay ini lebih terkoneksi dengan film-film sebelumnya. Sayangnya karena film sebelumnya yang berjudul The Last Knight dikritik habis-habisan oleh para penggemar dan kritikus, Paramount akhirnya memecat Bay dan menggaet Knight untuk mereboot Bumblebee.

Transformers 6

Film Transformers 6 tadinya akan kembali digarap oleh sutradara Michael bay dan bertindak sebagai sekuel langsung dari The Last Knight. Premis utama dari film yang sempat dijadwalkan untuk rilis tahun 2019 ini adalah tentang kebangkitan Unicron versi live action yang pada akhirnya mendorong para Autobot dan Decepticon bersatu agar bisa mengalahkannya. Sama seperti Bumblebee versi Bay, alasan mengapa film Transformers 6 batal diproduksi tidak lain adalah karena respons negatif dan performa buruk dari The Last Knight yang berujung pada pemecatan Bay.

Transformers: Operation Skyfire

Transformers: Operation Skyfire adalah film spinoff yang sempat dikembangkan oleh penulis The Last Knight, Akiva Goldman. Filmnya sendiri tadinya akan berlangsung pada era Perang Dunia II di mana sebuah pesawat siluman misterius terbang dengan sangat aneh di langit Bumi, pesawat tersebut ternyata adalah robot Cybertronian bernama Skyfire alias Jetfire, yang versi tuanya sempat terlihat juga di film Transformers: Revenge of the Fallen. Alasan pembatalannya tidak pernah terungkap sampai sekarang, tetapi kemungkinan besar karena Paramount ingin mereboot waralaba Transformers dengan kisah yang lebih fresh daripada garapan Bay sebelumnya.

Itulah lima film Transformers yang jarang orang tahu pernah dikembangkan, tetapi pada akhirnya dibatalkan. Secara plot dan premis yang beredar, sebenarnya semua film batal ini terbilang cukup menjanjikan, khususnya berbagai film live action yang tadinya akan memperluas semesta Transformers garapan Bay. Sayangnya karena The Last Knight dianggap sudah terlalu mengecewakan dan sulit untuk diperbaiki, akhirnya semuanya hanya tinggal angan-angan. Dari semua film batal ini mana yang menurut kalian paling disayangkan, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.