Meskipun exosuit adalah sesuatu yang relatif baru bagi film-film layar lebar, namun hal ini tidak berlaku bagi franchise Transformers bahkan ada beberapa jenis yang sudah muncul. Exosuit merupakan sesuatu yang sudah lama diperkenalkan dalam franchise transformers, misalnya exosuit muncul dalam film The Transformers: The Movie yang rilis pada 1986. Sejak saat itu, kemunculan exosuit mulai sering dalam berbagai cerita.

Exosuit adalah sebuah teknologi modern yang membantu penggunanya untuk mendapatkan kekuatan serta tenaga tambahan. Dalam berbagai jenis film aksi, exosuit merupakan teknologi yang bisa membantu sebuah karakter melakukan apa yang sebelumnya tidak bisa dia lakukan. Dan dalam franchise Transformers ada beberapa jenis exosuit yang sudah diperkenalakan. Apa saja?

Exosuit Generasi Pertama

exosuit transformers

Ini adalah exosuit generasi pertama yang diperkenalkan dalam film The Transformers: The Movie. Spike Witwicky merupakan pemiliki dari exossuit generasi pertama tersebut. Dia menggunakan teknologi ini untuk membantu Bumblebee dalam menjalankan tugasnya di Cybertron Moon Base. Ada berbagai keunggulan dari exosuit yang dimiliki dan digunakan oleh Spike Witwicky ini.

Exosuit tersebut membuat Spike bisa membawa beban yang sangat berat. Bahkan, beban yang bisa dibawanya sama dengan apa yang biasa dibawa oleh Autobots. Exosuit ini pun memberikan kemampuan lebih bagi Spike untuk bisa bergerak demi membantu para teman-temannya. Dan yang luar biasa, exosuit ini pun bisa digunakan sebagai alat untuk menyelamatkan nyawa sebagai alat bantu.

Yang unik adalah exosuit generasi pertama ini tidak memiliki bentuk seperti exosuit yang kita kenal. Exosuit milik Spike ini mirip seperti sebuah kendaraan kecil yang bisa dia naiki dan kendalikan dengan berbagai fitur canggih yang ada. Exosuit ini pun bisa digunakan sebagai senjata, seperti ketika anak Spike, Daniel, mengubah bagian lengannya menjadi sebuah meriam. Dan ketika bergerak, exosuit ini bisa berubah menjadi semacam go-kart. Daniel sendiri mendapatkan exosuit ini setelah diwarisi oleh ayahnya, Spike.

Exosuit Generasi Dua

Sebenarnya tidak ada nama resmi untuk exosuit selanjutnya ini. Yang pasti, ini merupakan exosuit hasil pengembangan dari model sebelumnya. Setelah cukup lama Daniel Witwicky menggunakan exosuit generasi pertama, dalam cerita Train Wars dia kemudian mendapatkan model atau generasi terbaru dari exosuit miliknya. Model terbaru ini jauh lebih canggih dan dahsyat.

Contohnya dalah exosuit ini bisa memberikan Daniel kesempatan untuk menyamar menjadi Transformers. Dia juga bisa aberubah menjadi sebuah panah elektrik atau pantograf saat membantu Transformers lainnya yang jadi rekannya dalam cerita Train Wars, yaitu Shouki. Dalam ceritanya, Daniel menyamar menjadi pilot dari Thunder Arrow, kemudian membantu Shouki dalam pertarungan melawan Kickback.

Exosuit Verity Carlo

Dalam alur cerita komik Last Stand of the Wreckers #1 terbitan IDW Publishing, para fans diperkenalkan dengan Exosuit lainnya. Kali ini, exosuit tersebut merupakan milik dari seorang karakter protagonis bertama Verity Carlo. Dia adalah salah satu anggota dari kelompok the Wreckers, kelompok yang berisi para Tranformers tangguh. Verity Carlo bergabung dan membantu para robot tersebut.

Diketahui, Verity memiliki sebuah exosuit yang unik yang membantunya menjalankan berbagai misi. Jika exosuit generasi pertama dan generasi kedua membuat penggunanya harus “menyatu” dengan teknologi tersebut, exosuit milik Varity Carlo berbeda. Dia bisa menggunakan salah satu bagian tubuhnya saja – seperti lengan atau kaki – tanpa perlu mengenakan seluruhnya. Bagian bawah kaki dari exosuit tersebut bisa berubah menjadi roda yang membuatnya bisa bergerak dengan leluasa.

Exosuit Kicker Jones

exosuit transformers

Selain di komik, Transformers juga melakukan transformasi mengenai exosuit yang dia gunakan dalam sebuah series anime berjudul Transformers: Energon. Kicker jones merupakan putra dari Dr. Jones seorang ilmuwan cerdas yang menjalin kerja sama dengan Optimus Prime dan Autobots untuk meneliti tentang Energon. Ayah dari Kicker membuatkan sebuah baju khusus bagi Kicker.

Sebenarnya, ini merupakan baju luar angkasa seperti halnya baju astronot yang memiliki fungsi utama untuk menjadi alat bantu pernafasan. Karena, mereka tinggal di planet Cybertron. Namun, Dr. Jones kemudian mengembangkan lagi baju khusus tersebut yang membuat Kicker Jones akhirnya bisa membantu Optimus Prime dan para robot lainnya. Baju khusus ini memiliki energi dari Energon yang sangat besar.

Exosuit Noah

exosuit transformers

Ini merupakan exosuit pertama yang muncul di franchise Transformers. Exosuit ini muncul dalam film Transformers: Rise of the Beasts kemarin. Noah sendiri pada awalnya merupakan sosok manusia biasa yang membantu para Autobots dan Maximals dalam menghadapi ancaman yang ada. Namun, di akhir filmnya, kita kemudian melihat Noah mendapatkan tambahan kekuatan dahsyat berupa exosuit.

Hal ini sebenarnya sudah diberikan petunjuk melalui berbagai materi promosi yang ada. Dan seperti halnya Spike dan Daniel Witwicky, exosuit tersebut pun menjadi cara Noah untuk kemudian membantu para Autobots dan Maximals. Kemungkinan besar exosuit Noah tersebut akan kembali digunakan dalam proyek film sekuel lainnya demi bisa membantu para rekan robotnya.

Penggunaan exosuit dalam franchise Transformers memang bisa dibilang sangat menarik. Karena, dengan bantuan teknologi itu para karakter manusia bisa ikut terlibat dalam berbagai peristiwa besar yang melibatkan para robot. Dan desain dari exosuit sendiri berkembang sejak awal kemunculannya hingga sekarang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.