Tayang perdana pada tanggal 7 Juni kemarin, film Transformers: Rise of the Beasts telah memperkenalkan banyak sekali robot baru. Mulai dari Autobots Mirage, Maximals Optimus Primal, Terrorcons Scourge, sampai Dark God Unicron. Terlepas dari kisahnya yang memang berfokus pada konflik robot-robot tersebut, ternyata ada satu robot yang dihapus dari filmnya. Dia adalah Transit yang dapat berubah bentuk menjadi transportasi publik jenis bus. Siapa sebenarnya Transit dan apa yang membuatnya batal tampil di film Transformers: Rise of the Beasts? Mari langsung saja simak pembahasan di bawah ini!

Decepticons Terakhir di Bumi

Saat film Transformers: Rise of the Beasts masih dalam tahap produksi, Transit tadinya direncanakan untuk muncul pada awal film, sebelum Scourge dan para Terrorcons datang ke Bumi. Suara karakternya bahkan sudah diisi oleh aktor John DiMaggio yang di filmnya mengisi suara Autobots Stratosphere juga. Hal ini disampaikan langsung oleh sutradara Stephen Caple Jr tidak lama setelah filmnya rilis di bioskop. Menurutnya, alasan mengapa kemunculan Transit terpaksa dihapus dari versi final Rise of the Beasts, adalah karena hasil dari penayangan uji cobanya mengungkapkan bahwa adegan Transit terlalu kelam.

transit transformers rise beasts

Dilansir dari Collider, Transit tadinya akan dimunculkan sebagai bagian dari Decepticons. Tepatnya pada adegan awal Transformers: Rise of the Beasts ketika Optimus Prime berada di tempat parkir bus untuk memburunya. Transit yang awalnya bersembunyi di antara bus Kota New York langsung berubah ke bentuk robotnya dan mengatakan kepada Optimus “Cybertron telah menjadi milik kami dan tujuan kami di sini adalah membunuhmu.” Optimus yang marah langsung membunuh Transit dalam pertarungan epik, kemudian jasadnya dilemparkan ke Sungai Hudson seperti para Decepticons sebelumnya.

Alasan lainnya mengapa Transit tidak jadi dimunculkan di film Transformers: Rise of the Beasts, mungkin karena dia merupakan bagian dari Decepticons yang memang sengaja dikesampingkan dari filmnya. Gunanya agar penonton lebih fokus pada kelompok robot antagonis baru yaitu Terrorcons yang dipimpin oleh Scourge. Pada akhirnya walaupun karakternya diakui sebagai canon waralaba live action Transformers, tetapi tidak dengan kematiannya. Karena para penggemar tidak pernah melihat secara langsung bagaimana Transit mati begitu juga dengan sepak terjangnya sebagai bus Kota New York.

Transit di Mitologi Transformers

Meskipun batal tampil di film Transformers: Rise of the Beasts, Transit sebenarnya sudah pernah diceritakan juga di berbagai media Transformers lainnya. Misalnya di komik Transformers: Robot in Disguise (2015) sebagai salah satu Decepticons. Di mana dia muncul sebagai bus Kota New York dan sengaja mengangkut penumpang sebagai tawanan sebelum berubah ke bentuk robotnya. Setelah Autobots Strongarm diam-diam mengeluarkan penumpang, pada akhirnya Autobots yang lain berhasil meringkus Transit dan menempatkannya pada pod stasis agar tidak membuat onar lagi.

transit transformers rise beasts

Selain itu Transit juga pernah kembali di komik Transformers Generation 1 (2017) dari IDW Publishing sebagai Decepticons yang bisa berubah bentuk menjadi bus tingkat. Kali ini dia diceritakan punya hobi menyamar sekaligus mengangkut penumpang di Kota London. Perbuatannya ini lantas membuat penduduk London tidak berani lagi menaiki transportasi umum. Untungnya seperti biasa, para Autobots berhasil menemukan Transit dan meringkusnya. Persamaan dari semua inkarnasi Transit ini adalah mereka sama-sama punya bentuk alternatif bus yang dimanfaatkan untuk melakukan teror di kota besar.

Nasib Transit Pada Masa Mendatang

Dengan keunikan karakternya ini sebenarnya sebelum film Transformers: Rise of the Beasts tayang, sudah banyak penggemar yang ingin melihat aksi Transit. Semuanya bermula saat situs TakaraTomy merilis sejumlah gambar promosi yang salah satunya memperlihatkan bentuk robot Transit. Meskipun situsnya salah menyematkan lambang Terrorcons pada gambar Transit, mungkin karena sama-sama jahat, tetapi cukup jelas bahwa Transit adalah Decepticons. Hal tersebut terbukti dari bentuk robotnya yang sekilas mirip serangga, seperti kebanyakan Decepticons di film-film live action sebelumnya.

transit transformers rise beasts

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, karena kematian Transit di Transformers: Rise of the Beasts tidak canon, itu artinya dia bisa kembali lagi pada masa depan waralabanya. Untuk sementara ini sutradara Stephen Caple Jr dan Paramount Pictures mengaku sudah melakukan pembicaraan awal untuk sekuel Rise of the Beasts. Ketika nanti proyeknya mendapatkan lampu hijau, misalnya dengan Decepticons yang kembali menjadi ancaman utama, sepertinya akan sangat menarik jika Transit muncul sebagai salah satu anak buah andalan Megatron. Di mana dia punya hobi menebar teror sebagai bus di Kota New York.

Sekian pembahasan tentang Transit, Decepticons yang kemunculannya dihapus dari film Transformers: Rise of the Beasts. Terlepas dari teori sekuel Rise of the Beasts yang bisa kembali memunculkan karakternya, bukan tidak mungkin juga Paramount akan merilis adegan Transit yang dihapus saat filmnya rilis di saluran streaming. Kita lihat saja nanti seperti apa kebenarannya. Biasanya Paramount akan merilis filmnya setelah 45 hari penayangan perdananya di bioskop. Jadi kita bisa berharap film Transformers: Rise of the Beasts tayang di Paramount Plus sekitar akhir Agustus atau awal September 2023.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.