Salah satu cara Im menguasai dunia One Piece adalah dengan mengetahui semua hal yang terjadi di dunia tersebut. Sosok Im sama merupakan pemimpin tertinggi dari World Government sekaligus juga penguasa dunia One Piece. Selama 800 tahun Im mampu mempertahankan kekuasaanya tersebut dan tidak ada satu pihak pun yang mampu menggoyang atau menggeser kekuasaan Im. Terdapat sebuah teori tentang bagaimana cara Im menguasai dunia One Piece.

3Imu dan Gorosei

Menurut teorinya, cara untuk Im menguasai dunia One Piece tidak lain adalah dengan mengetahui semua hal yang terjadi di dunia. Namun, bagaimana kemudian Im bisa mengetahui semua hal yang terjadi ketika dia hannya diam di istana Pangaea. Im mengetahui dan mengawasi semuanya. Menurut teori ini, Im bisa melihat apapun yang terjadi salah satunya adalah dengan melalui Gorosei.

Dalam arc pulau Egghead, semua Gorosei menganggap umat manusia tidak lebihnya seperti serangga. Hal ini pertama kali terungkap dalam percakapan Gorosei Saturn, di mana menurutnya manusia tidak lebih dari serangga kelas rendah yang bisa berkembang biak ketika tewas. Kemudian, Gorosei Marcus Mars juga menyebutkan hal yang sama di chapter 1111 kemarin ketika Rob Lucci memintanya untuk mengampuni Kaku yang terluka.

Kemudian, satu petunjuk lainnya adalah jika Geeks perhatikan para Gorosei memiliki penglihatan yang aneh. Tatapan dari para Gorosei tersebut nampak kosong dan cenderung mengerikan. Hal tersebut tentunya memunculkan pertanyaan besar. Mengapa kemudian para Gorosei menyebut manusia sebagai serangga? Dan mengapa kemudian para Gorosei memiliki pandangan aneh di mata mereka?

Berdasarkan teori ini, ada kemungkinan Oda Sensei terinspirasi dari salah satu novel karya George Orwell yaitu 1984. Menurut teorinya, ada beberapa elemen dalam buku novel tersebut yang dianggap mirip dengan apa yang terjadi di cerita One Piece. Novel 1984 sendiri menghadirkan cerita tentang sebuah dunia dystopia yang mana dunia tersebut dikuasai oleh rezim totaliter.

Pihak pemerintahnya diwakili oleh sebuah kelompok atau partai yang dipimpin oleh sosok Big Brother. Mereka mencoba untuk menguasai semua aspek yang ada di kehidupan manusia. Salah satu kata-kata yang menarik dari novel ini adalah “Big Brother is watching you.” Dalam konteks One Piece, “Imu is watching you.”

World Government Rezim Totaliter – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.