Salah satu cara Im menguasai dunia One Piece adalah dengan mengetahui semua hal yang terjadi di dunia tersebut. Sosok Im sama merupakan pemimpin tertinggi dari World Government sekaligus juga penguasa dunia One Piece. Selama 800 tahun Im mampu mempertahankan kekuasaanya tersebut dan tidak ada satu pihak pun yang mampu menggoyang atau menggeser kekuasaan Im. Terdapat sebuah teori tentang bagaimana cara Im menguasai dunia One Piece.

2World Government Rezim Totaliter

Dalam cerita novel 1984, The Party bisa kita asumsikan sebagai Gorosei. Mereka dipimpin oleh sosok yang dikenal dengan nama Big Brother yang bisa diasumsikan sebagai Im. Big Brother sendiri sering digambarkan atau dideskripsikan sebagai sosok pemimpin yang mirip seperti dewa atau tuhan. The Party benar-benar berada dalam kendali penuh terkait dengan semua aspek kehidupan orang-orang.

Hal tersebut termasuk semua sektor seperti politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya. Yang menarik adalah para Gorosei juga memiliki bidangnya masing-masing seperti Gorosei Saturn yang bertanggung jawab dalam hal teknologi dan riset. Pemerintahan di novel 1984 juga digambarkan melalui pengawasan, propaganda, manipulasi fakta, dan pengekangan terhadap kebebasan berpikir dan berpendapat.

The Party sering menggunakan berbagai taktik, termasuk pengawasan langsung melalui layar besar dan melalui pikiran seseorang. Hal tersebut mereka lakukan untuk menjaga kekuasaan yang ada dan mengurangi berbagai hal yang memungkinkan mengancam kestabilan tersebut. Mereka selalu berusaha untuk mengendalikan parap enduduk dan menghilangkan rasa keinginan untuk bisa berpikir dan bertindak mandiri.

Mereka menghadirkan propaganda yang membuat orang-orang terus setia kepada Big Brother atau Im. Yang menarik juga adalah dalam novel 1984 tersebut umat manusia mendapatkan sebutan “serangga.” Hal tersebut menjadi gambaran dari pengurangan harga diri dan moral orang-orang (dehumanization) dan juga bagaimana the Party begitu berkuasa terhadap orang lain.

Pihak pemerintah hanya melihat individ sebagai sebuat alat untuk melayani dan mewujudkan mimpi mereka. Karena itulah, masing-masing individu, selain anggota the Party, tidak memiliki nilai atau kepentingan dalam hidup mereka. Sehingga, mereka menganggap manusia lainnya tidak lebih berharga dari sekedar serangga. Hal ini menunjukan bagaimana dominansi The Party terhadap orang-orang.

Imu Mengawasi Semua – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.