Salah satu karakter di cerita One Piece, Tony Tony Chopper, kemungkinan bukan sosok karakter biasa karena dia memiliki identitas rahasia. Chopper merupakan salah satu karakter underrated dalam alur cerita One Piece. Dia merupakan dokter kapal di kru Topi Jerami yang mana memiliki mimpi untuk menemukan obat untuk semua penyakit. Chopper jarang  terlibat dalam cerita, yang mana membuat dia jadi salah satu karakter underrated. Namun, terdapat teori menarik jika sebenarnya Chopper memiliki identitas rahasia di cerita One Piece ini.

3Kekuatan Buah Iblis Chopper

Salah satu hal menarik dan unik yang muncul dari karakter Chopper adalah bagaimana dia merupakan sosok hewan yang kemudian berubah jadi manusia. Seperti yang Geeks ketahui, Chopper mengonsumsi buah iblis Hito Hito no Mi. Buah iblis ini membuat Chopper berubah layaknya manusia. Misalnya, Chopper mampu berdiri dengan dua kaki dan berjalan layaknya manusia.

Chopper juga memiliki akal dan kecerdasan layaknya manusia biasa dan bahkan mampu untuk berbicara secara normal. Sebelum seperti sekarang, Chopper pada awalnya hanyalah seekor rusa biasa. Saat sedang mencari makan bersama kumpulannya, Chopper kemudian tidak sengaja memakan buah iblis Hito Hito no Mi. Buah iblis ini juga memberikan kekuatan dahsyat kepada Chopper.

Hal ini terbukti dengan adanya beberapa transformasi yang dihadirkan dalam ceritanya, yang mana masing-masing transformasi tersebut menghadirkan kekuatan yang berbeda. Sebenarnya, masih ada keraguan dan kebingungan dari buah iblis Hito Hito no Mi ini. Hito sendiri berarti orang atau manusia dalam bahasa Jepang. Hito Hito no Mi bisa diartikan Human Human Fruit.

Sebenarnya sempat ada pertanyaan mengenai hal ini di pojok tanya jawab SBS volume 20. Oda Sensei sendiri tidak memberikan jawaban yang gamblang mengenai pertanyaan dari fans tersebut. Sebagian orang banyak yang salah kaprah mengenai jawaban dari Oda yang berisi lelucon tersebut. Mereka beranggapan jika manusia yang memakan buah tersebut, mereka akan menjadi “manusia” atau menjadi sosok raksasa atau sejenisnya.

Namun, nyatanya adalah tidak seperti itu. Berdasarkan hasil translasi dari Viz Entertainment dan juga dari Wiki, sebenarnya ada sedikit perbedaan arti dari jawaban Oda Sensei mengenai masalah ini. Intinya adalah jika manusia memakan buah Hito Hito no Mi, maka dia akan berubah menjadi dewasa, menjadi lebih bijak, menjadi bagaimana manusia seharusnya.

Yang menarik kemudian adalah dalam konteks Tony Tony Chopper jika Geeks sadari dia dalah satu-satunya karakter pemakan buah iblis Hito Hito yang tidak memiliki model. Sejauh ini, ada empat buah iblis Hito Hito yang sudah Oda Sensei perkenalkan dalam ceritanya. Hito Hito no Mi, Model: Sun God Nika adalah yang dikonsumsi oleh Luffy. Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu adalah buah iblis yang dikonsumsi Sengoku.

Hito Hito no Mi, Model: Onyudo adalah buah iblis yang dikonsumi oleh rubah Onimaru dan Hito Hito no Mi biasa yang dikonsumsi oleh Chopper. Oda Sensei sebelumnya sengaja memberikan kejutan kepada para fans dengan menyembunyikan fakta sebenarnya dari buah iblis Luffy. Banyak fans yang kemudian memunculkan teori jika ada kemungkinan Oda Sensei juga melakukan hal yang sama dengan buah iblis Chopper.

Yang kemudian menarik juga adalah wujud atau desain karakter dari Chopper dianggap memiliki kemiripan dengan dewa hutan Cernunnos. Dia adalah sosok dewa hutan yang sering dikaitkan dengan alam, kesuburan, dan berbagai kondisi alam liar. Cernunnos sering digambarkan memiliki sepasang tanduk dan dianggap sebagai sosok pelindung hutan dan semua makhluk di dalamnya.

Berdasarkan hal tersebut muncul teori jika buah iblis Chopper kemungkinan aslinya adalah Hito Hito no Mi, Moder: Cernunnos atau Forest God. Salah satu transformasi dari buah iblis Chopper, Monster Point, dianggap memiliki kemiripan dengan makhluk mitologi lainnya yaitu Wendigo. Dalam mitologinya, Wendigo adalah sosok monster yang muncul di cuaca bersalju dan sering memakan persembahan yang diberikan.

Chopper berasal dari wilayah bersalju dan sempat juga dianggap sebagai monster salju saat berada di Kerajaan Sakura. Di sisi lain, ketika dia berada dalam form terkuatnya tersebut dia benar-benar berubah menjadi sosok yang mengerikan meskipun tidak bisa dikendalikan.

Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.