Untuk pertama kalinya pihak Microsoft umumkan bahwa mereka sudah mempersiapkan beberapa game eksklusif Xbox yang bisa dimainkan di PS5 dan Nintendo Switch. Sebuah laporan terbaru memberikan informasi menarik bahwa game eksklusif dari Xbox akan melakukan cross-platform dengan konsol lain, yaitu PlayStation 5 dan juga Nintendo Switch. Dalam satu bulan terakhir, muncul banyak sekali rumor yang berseliweran mengenai berbagai game yang akan jadi bagian dari proyek Xbox tersebut.

Beberapa nama game populer yang santer dirumorkan oleh para fans adalah Starfield, Indiana Jones and the Great Circle, dan masih banyak lainnya. Berbagai game lainnya juga dirumorkan akan menyusul untuk bisa dimainkan di konsol non-Xbox. Namun, pihak Xbox sendiri belum memberikan konfirmasi terkait hal tersebut. Meskipun begitu, Microsoft sendiri memberikan kabar terbaru mengenai hal tersebut pada pekan ini melalui sebuah siaran podcast.

Menurut laporan The Verge, dua game pertama dari Xbox yang diduga kuat akan bisa dimainkan di konsol PS5 dan Switch adalah Hi-Fi Rush dan Pentiment. Untuk Hi-Fi Rush sendiri sebenarnya bukan sebuah kejutan yang besar, mengingat sudah ada banyak bocoran yang memberikan petunjuk mengenai perilisan gamenya yang akan bisa dimainkan di konsol lain. Namun, hal ini berbeda untuk game Pentiment, yang baru diketahui jika gamenya jadi bagian dari proyek tersebut.

game xbox ps5 switch

Dikembangkan oleh studio game Obsidian Entertainment, Pentiment merupakan sebuah game eksklusif dari Xbox yang lebih kecil dari game lainnya. Karena itulah, rasanya memang masuk akal jika game ini dirilis di platform lainnya atau melakukan cross-platform. Selain dua game tersebut, laporannya juga menyebutkan jika game populer Sea of Thieves direncanakan akan bisa dimainkan di konsol non-Xbox di tahun 2024 ini.

Untuk game Xbox lainnya, laporan dari The Verge juga menyebutkan jika pihak Microsoft masih mempertimbangkan berbagai game lainnya yang akan bisa dimainkan di platform PlatStation 5 dan Switch. Seperti yang disebutkan di atas, Microsoft disebut-sebut hendak melakukan porting untuk game populer seperti Starfield ke PS 5, yang entah akan terjadi di tahun 2024 atau mungkin di tahun sebelumnya. Namun, rumor ini sendiri mendapatkan penolakan dari para fans yang mungkin akan merubah pikiran Microsoft.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.