Sony Interactive Entertainment perkenalkan desain baru untuk konsol Next-Gen andalan mereka yaitu PlayStation 5 yang nampak lebih kecil dan ringan. Menyambut masa liburan yang akan segera tiba, pihak Sony kemudian meluncurkan model terbaru untuk konsol PlayStation 5. Kabar ini mereka bagikan di berbagai platform media sosial mulai dari Instagram, YouTube, dan juga PlayStation blog. Menurut PlayStation blog, perubahan desain baru dari PlayStation 5 ini sebagai wujud evolusi kebutuhan dari para pemain.

Dalam tulisannya, pihak Sony mengaku tidak ada yang berubah dari spesifikasi utama konsol PlayStation 5. Hanya saja, mereka hanya mengurangi volume atau beban dari konsol tersebut sebesar 30% dan beratnya sebesar 24%. Konsol ini juga dilengkapi dengan port yang bisa dipasangi HD Blue-ray Disc Drive (attachable Ultra HD Blu-ray Disc Drive) serta kapasitas penyimpanan internal yang mencapai 1TB SSD.

Tambahan port yang bisa dipasangi HD Blue-ray Disc Drive atau attachable Ultra HD Blu-ray Disc Drive akan dijual terpisah dan bisa dipasang untuk PlayStation 5 versi Digital Edition. Alatnya sendiri dijual terpisah dengan harga 79.99 Dollar Amerika atau sekitar 1.260.000 Rupiah. Berbeda dengan versi sebelumnya, PlayStation model baru ini memiliki empat panel penutup atau cover panel dengan bagian penutup atas yang terlihat glossy.

desain playstation 5 baru desain playstation 5 baru

PlayStation 5 model baru ini akan mulai tersedia pada November mendatang di Amerika. Sedangkan, untuk penjualan secara global sendiri baru akan dilakukan beberapa bulan setelahnya. Yang perlu menjadi catatan adalah pihak Sony menyebutkan jika selanjutnya mereka tidak akan lagi menghadirkan PlayStation 5 model lama melain model yang baru ini. “Setelah seluruh persediaan PlayStation 5 model sekarang sudah terjual habis, PlayStation 5 yang baru akan jadi satu-satunya model yang tersedia.

Harga dari PlayStation 5 model terbaru ini adalah 499.99 Dollar Amerika atau sekitar 7.865.000 juta Rupiah. Harga tersebut belum termasuk bea cukai serta harga penjualan lainnya. Dalam paket penjualannya, Sony akan memasukan horizontal stand. Sedangkan, untuk vertical stand yang cocok untuk model baru akan dijual terpisah dengan harga 29.99 Dollar Amerika atau sekitar 471.900 Rupiah. Sony pun menyediakan empat warna yang bisa Geeks beli secara terpisah pada 2024 untuk cover PlayStation 5 model baru ini yang terdiri dari all-mate Black, Volcanic Red, Cobalt Blue, dan Sterling Silver.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.